Rabu, 17 Desember 2008

Tantrum menjelang 3 tahun

Akhir-akhir ini, si Riffat sering tantrum. Biasanya kalo keinginannya ngga dituruti, entah mau main 'mainan' yang dilarang, misalnya gunting, pisau, atau karena keterbatasan RIffat menjelaskan apa yang dimauin, jadinya kitanya ngga nangkep-nangkep maksudnya, marahlah dia. Nah jeleknya Riffat, kalo tantrum selalu lari ke Nuri, yang malah bikin emaknya panasss dibakar cemburu -- gimana nggak, kalo anak lebih milih mbaknya dibanding ibunya.

Tapi bisa jadi juga hasil ketidak konsistenan kami, ibu dan bapaknya dalam hal ngajari Riffat. Dan bisa jadi juga, antara kami ortunya dan si mbak beda. Sama mamah ngga boleh sama mbak boleh. Nah hal ini juga kudu diinvestigasi lebih lanjut. Intinya sih harus satu suara. Tapi siapa yang bisa menjamin kalo si mbak nurutin apa mau kita selama ditinggal kerja. *sighhh dilema ibu bekerja lageee..

Hari ini aku brosing soal gimana sih mengatasi tantrum?? So far, tiap kali RIffat tantrum dialihkan ngga bisa. Diiming-imingi apapun ngga mempa. Dinasehatin mental. Sampe aku pura-pura nangis sedih, malah tambah kenceng nangisnya. Tapi pernah juga karena aku emosi aku nangis beneran.. Bener-bener sedih banget Riffat lebih milih mbaknya daripada Ibunya. Reaksinya waktu itu begitu liat maknya nangis juga, si Riffat langsung lari meluk aku dan mengelap air mataku.. huhuuuu.. adegan yang mengharukan bangeet.

Dari hasil brosing ternyata cara aku menenangkan tantrumnya salah. Tantrum ngga bisa diatasi dengan dialihkan, apalagi dinasehati. Hal-hal itu justru malah akan menambah parah tantrumnya. Justru, pelukan penuh cinta yang akan menenangkan tantrum. *Gimana mo meluk lah wong anaknya lagi marah ama kita* Nah kalo begini, diamkan saja dia menangis tapi jangan tinggalkan dia sendiri. Tetap perhatikan anak dan kalo perlu ngomong "Mama sayang kamu dan mama ada disini sampai nangisnya selesai"

Ini aku kutip aja deh dari sini cara menenangkan tantrum

Jika Tantrum tidak bisa dicegah dan tetap terjadi, maka beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua adalah:
  •  Memastikan segalanya aman. Jika Tantrum terjadi di muka umum, pindahkan anak ke tempat yang aman untuknya melampiaskan emosi. Selama Tantrum (di rumah maupun di luar rumah), jauhkan anak dari benda-benda, baik benda-benda yang membahayakan dirinya atau justru jika ia yang membahayakan keberadaan benda-benda tersebut. Atau jika selama Tantrum anak jadi menyakiti teman maupun orangtuanya sendiri, jauhkan anak dari temannya tersebut dan jauhkan diri Anda dari si anak.
  • Orangtua harus tetap tenang, berusaha menjaga emosinya sendiri agar tetap tenang. Jaga emosi jangan sampai memukul dan berteriak-teriak marah pada anak.
  • Tidak mengacuhkan Tantrum anak (ignore). Selama Tantrum berlangsung, sebaiknya tidak membujuk-bujuk, tidak berargumen, tidak memberikan nasihat-nasihat moral agar anak menghentikan Tantrumnya, karena anak toh tidak akan menanggapi/mendengarkan. Usaha menghentikan Tantrum seperti itu malah biasanya seperti menyiram bensin dalam api, anak akan semakin lama Tantrumnya dan meningkat intensitasnya. Yang terbaik adalah membiarkannya. Tantrum justru lebih cepat berakhir jika orangtua tidak berusaha menghentikannnya dengan bujuk rayu atau paksaan.
  • Jika perilaku Tantrum dari menit ke menit malahan bertambahburuk dan tidak selesai-selesai, selama anak tidak memukul-mukul Anda, peluk anak dengan rasa cinta. Tapi jika rasanya tidak bisa memeluk anak dengan cinta (karena Anda sendiri rasanya malu dan jengkel dengan kelakuan anak), minimal Anda duduk atau berdiri berada dekat dengannya. Selama melakukan hal inipun tidak perlu sambil menasihati atau complaint (dengan berkata: "kamu kok begitu sih nak, bikin mama-papa sedih"; "kamu kan sudah besar, jangan seperti anak kecil lagi dong"), kalau ingin mengatakan sesuatu, cukup misalnya dengan mengatakan "mama/papa sayang kamu", "mama ada di sini sampai kamu selesai".  Yang penting di sini adalah memastikan bahwa anak merasa aman dan tahu bahwa orangtuanya ada dan tidak menolak (abandon) dia
Tapi sebenernya yang terpenting sih.. MENCEGAH tantrum dengan cara (menurut pengalamanku aja nih yaa..)
  • Pastikan anak ngga kurang perhatian. Tapi bukan berarti semua keinginannya dipenuhi ya.. Ini berkaitan sama poin selanjutnya
  • Konsisten. Hari ini bilang engga, jangan sampai besok bilang iya. Kalo kita konsisten, anak lebih mudah dikendalikan.
  • Berlakukan aturan-aturan yang juga harus dipatuhi orang seisi rumah. Ajak ngomong pengasuhnya kenapa harus ada aturan-aturan tersebut
  • Ciptakan suasana yang nyaman, tenang dan suasana saling menyayangi di dalam rumah
Apa lagi hayoo ada yang bisa menambahkan??



*Belajar tuh ngga berhenti sampai di bangku sekolah. Menjadi orang tua dan punya anak adalah pembelajaran yang sangat berharga karena apapun yang kita lakukan berimbas pada anak khususnya.

32 komentar:

  1. mesti kompak ama seisi rumah kalo anak lagi tantrum, soale itu yang susah,,,apalagi kalo masih nebeng yang isi rumahnya banyak jadilah izan nga dapet di ortunya lari ke neneknya, atau omnya bahkan omnya aja ada 3 pilihan hehehe...

    BalasHapus
  2. najwa neeeeeeeeeehhh doooh emak bapaknya kagak koperatip siiih ama gueeeeee tantrumnya suka gak pada tempatnyaa

    BalasHapus
  3. hmmm...intinya sabar ya selama menghadapi anak yg sedang tantrum, dan hiksss...ini yg plg susah, emosi dan kesabaran diuji bangettttt...TFS ya Mbak, hrs lbh banyak belajar lg neh...

    BalasHapus
  4. iya.. betul semua... kalo aku ditambah lagi kalo dirumah sebanyak2nya main ama anak, bukan menuruti semua kemauannya. tapi bersama anak dan bermain bersama. cari permainan2 seru. sehingga semua itu tertanam dalam ingatan anak. wahh mami/mamaku ini seru banget ya enak diajak main dan selalu nemu permainan baru. nahh.. jd saat anak tantrum, kita marah dikit aja, cemberut aja. dia udah sedih dan ga lanjut tantrumnya. karena dia tau kalo dia berbuat yang ga disukai mamanya. mamanya ga akan mau main lg ma dia. jadilah dia anak yang manis dan nurut. dan hasilnya dia bisa main sama mamanya. bermain apa aja yang seru... dan menyenangkan... kitanya yang harus creative cari permaianan apa lagi ya...

    BalasHapus
  5. krn mau punya dedek juga kali yahh, caper...bian jg sejak gw hamil suka aneh

    BalasHapus
  6. ngikutin emaknye kali

    kakakakakak

    piss bi iraaaa

    BalasHapus
  7. yang jelas emang seisi rumah harus 1 suara, kalo beda beda alamat dehh

    BalasHapus
  8. benul kata rita..............susah kalo masih numpang
    mestinya secepatnya pindah rumah dulu, soale kadang nerangin ke orang rumah lebih syuseeeeeee............

    BalasHapus
  9. iya bener bener.. mama harus lebih seru daripada si mbak...

    BalasHapus
  10. Tul banget bu..
    Bnyak PR boo jg orang tua..

    BalasHapus
  11. bawaan mo punya adek baru kaliiiiiiiiiii...hihihihi

    BalasHapus
  12. gue ama laki gue kompak nyuekin .. eh si wawo yang gak tegaan .. susah deh yeee kalau gak kompak :-D

    BalasHapus
  13. emang itu deh kyknya tantangan terberat: kudu kompak!

    BalasHapus
  14. tfs ilmunya...malya sampe hari ni blum tantrum sih tapi nih saya catet plus koment2 nya

    hehehehe

    BalasHapus
  15. emaknya mah ga caper dan ga anehh, cantikk malahh

    BalasHapus
  16. huuuuuuu...

    *lempar sendal jepitnya kuncen

    BalasHapus
  17. Rifat..Rifaat...
    Ko Larinya ke Mbak Nuri Tho??
    Ke Tante Nella aja sini..kikiki...=p

    BalasHapus
  18. Eh Nel, jadi inget.. Si Ole kemarin bilang gini..
    "mah temen mama namanya tante Lella ya??"
    "Tante Nella"
    "tante Nella?? ooohhh.."
    hihih

    BalasHapus
  19. Harusnya sih kalo penanganannya tepat, tantrum akan berkurang dengan sendirinya. Gue juga ga tau deh, udah tepat apa belon nanganin tantrumnya entong, tapi mayan deh, sekarang udah mulai lebih pendek jarak tantrumnya.

    Maksutnya, dulu mah tantrumnya bisa 1 jam, sekarang cukup 15 menit saja, hehehe. Kalo sering mah, masih sering bangeeets.

    BalasHapus
  20. TFS mbak, byk ngasih ìnput ke aku nih bahasannya. Tenkyuuu...

    BalasHapus
  21. waduh kalo gw rada susah nich id,....masalahnya ada gw gak boleh, ech ama eyang ma mbahnya boleh....kacau beliau dech....

    BalasHapus
  22. Tuh, si nuri dikasih tahu k'lo di pas ditinggal kerja musti tetep mematuhi aturan yg berlaku. Biar Ole gak merasa k'lo si mbak lebih baek 'n gak pernah marah ma dia :)
    Atau, k'lo Ole lg tantrum, nuri jangan di deketnya, suruh masuk kamar dulu.

    BalasHapus
  23. gw dah siaga nih mba coz nawra dah masuk dunia toddler..TFS ya

    BalasHapus
  24. tantrum ada di semua umur deh
    lah gw aja suka tantrum kekeke
    yang penting mah sabarrrr

    BalasHapus
  25. yak bener Wi..
    justru itu, gue mereview penanganan gue yang ternyata salah!
    Sekarang mendingan cegah tantrum dehh

    BalasHapus
  26. nahh tu dia Jeng..
    selama masih ada perbedaan diantara keluarga emang susahh..
    Dalam hal ini gue bersyukur jauh dari ortu hehehe

    BalasHapus
  27. lah ini mah tantrum kaseb namanya wahahahaha

    BalasHapus
  28. Da..
    Waktu awal2 keira tantrum gw sempet senewen juga gmana cara ngadepinnya..tapi sekarang Alhamdulillah udah redaan..
    Ya intinya musti sabar, konsisten, kompak seisi rumah..

    BalasHapus
  29. ngomong emang gampangggg... prakteknya susah.. beberapa waktu lalu aku juga abis post hal senada.. ih.. sabarr :-D

    BalasHapus