Kamis, 24 Juli 2008

Tetangga oh tetangga

Yang namanya orang hidup, pasti banyak problematika, banyak pembelajaran yang makin membuat kita matang dalam melangkah.

Pagi tadi, si Nuri mbaknya Riffat laporan kalo dia habis ditegor tetangga komplek. Katanya si Bu A (tetangga ituh) dapat laporan kalau anaknya habis dipukul sama Nuri. Dan laporannya lagi, katanya si Nuri galak sama anak-anak yang main di deket-deket rumah. Terus terang, aku ngga terima. Aku tau kenapa Nuri berbuat 'galak' seperti itu. Dan aku percaya Nuri ngga akan mukul anak orang lain. Aku percaya sama dia karena anakku juga sayang sama mbaknya.

Jadi, Bu A ini punya 2 anak dan laki-laki semua. Anak pertama sudah kelas 5 SD dan anak kedua umur 4 tahun. Nah anak kedua ini, Abit namanya, super duper nuakal!! Nakalnya sudah luar biasa. Kata-kata kotor selalu keluar dari mulutnya. Entah gemes entah iseng, kalo ketemu RIffat, Abit ini selalu mukul RIffat hingga nangis. Jadilah si Riffat kalo udah melihat Abit, langsung terbirit-birit lari ketakutan mencari perlindungan si Nuri atau aku pas lagi menjaganya. Orang kalo melihat kelakuan si Abit ini pokoknya pengen mithess!!!

Back to this morning. Akhirnya aku telepon salah satu tetangga yang lumayan deket dengan Bu A untuk minta pendapat dan pertimbangan. Aku gak mau aja kesana trus mencak-mencak emosi tanpa mengetahui fact yang sebenarnya jika aku ngga ada di rumah. Tetangga ini, namanya Bu B memang FTM dan sikapnya menurutku bijaksana dan ngga memihak. Dan tak dinyana ternyata si Bu A ini sudah curhat juga ke Bu B. Dan Bu B pun saat itu menyarankan untuk menjauhkan Abit dari Nuri saja daripada kena 'galak'nya Nuri. Bu B juga sudah enek sama si Abit yang buandelnya minta ampun. Pernah satu saat si Abit udah bawa batu berniat mau mecahin jendela rumah Bu B, maka otomatis Bu B teriak "Abit keluar!!!!". Nahh thats the point. Jika si Nuri sudah melihat Abit mau berbuat yang membahayakan RIffat, dia bakal melakukan hal yang defensif kan?? Si Bu B mengiyakan. Dan lalu menyarankan aku untuk bicara saja dengan Bu A.

Akhirnya habis telepon Bu B, aku telepon Bu A. Sengaja aku telepon saja karena jika aku ketemu langsung pasti ngga bisa nahan emosi. Secara aku kalo jengkel memang meledak-ledak. Dan benar dugaanku, si Bu A ngga mau anaknya disalahin. Dia maunya semua orang bisa mengerti anaknya yang nakal. Dia bilang, Abit kalo dikasarin tambah kasar mba. Jadi bukannya Abit ngga bisa dikendalikan. Langsung saya samber.. Bu, mana tau saya cara ngendaliin Abit gimana emang Nuri atau saya yang momong Abit. Coba Ibu jadi saya punya anak kecil tau-tau ada anak orang lain langsung nabok dan nangis, Ibu emosi gak? Saya kira Nuri galak karena melindungi Riffat dari anak ibu. Ahh tapi tetep aja dia gak mau disalahin..

Ya sudah aku gak mau berdebat panjang dengan si tetangga itu karena percuma bicara panjang lebar. Sudah beda prinsip. Anak sudah nakal luar biasa begitu ngga pernah dimarahin even ngomong kata-kata kasar didepan Ibunya. Layak gak sih anak kecil umur 4tahun sudah ngomong "Mba Nuri gila, memek, bego". Dan waktu Ibunya aku laporin seperti itu dia cuma bilang "ya memang Abit kayak gitu susah dibilangin". Aku sampai nantang Bu A untuk lihat sendiri anaknya kalo pas main-main di lapangan biar Ibu tau yang sebenernya. Dan aku juga bilang, kalo ada apa-apa begini langsung aja bilang saya, jangan marahin Nuri. Pas aku telepon aja bilangnya cuma ngasitau Nuri tapi dari cerita Nuri si Bu A itu sangat-sangat memarahi dia sampai dia gemeter ngomong ke aku dan keliatan banget emosi. Ahh akhirnya aku sudahin teleponnya dengan hati yang masih jengkel banget.

Lalu aku telepon Bu B lagi. "Gimana mba, masih tetep ngeyel kan?" kata Bu B. " Hihihi iya Bu". Kata Bu B lagi " Ya udah mba kita aja yang ngalah. Mengalah untuk menang. Sudah banyak laporan Ibu-ibu yang diisengin Abit. Rata-rata ya berkomentar itu Bu A kok diem aja sih anaknya begitu kalo jadi anakku udah tak kampleng tu anak". Hhhhh.. Iya memang harus aku yang bersabar dan mengalah.

Asal tau saja ya Bu A, dengan tindakanmu yang demikian ngga akan membuatku memarahi Nuri. Karena Nuri kerja sama aku dan aku lihat kerjanya memang bagus. Aku anggap dia adalah asetku. Aku cuma ngasih tau Nuri kalo ada Abit mendingan stay dirumah aja. Lebih baik menghindari keributan. Kalau ngga inget kita tinggal di komplek yang sama, aku pasti udah lebih meledak-ledak lagi.

Kejadian pagi tadi sampai membuatku telat masuk kantor. Karena aku mau masalah ini selesai dulu daripada terbawa sampai kantor. Sampai siang pun ternyata masih keingetan. Kok rasanya ngga relaaaa gitu dan ngga terima Nuri dimarah-marahin sama Bu A.
Pas sholat dhuhur aku minta pada Allah. Ya Allah, lapangkanlah dadaku, jauhkanlah kebencian di dalam hatiku, berilah aku hati yang ikhlas ya Allah.

Dan benar, setelah berdoa itu hatiku bener-bener lapang, sampai aku bisa nulis ini. Ya Allah mudah-mudahan si Abit sembuh dari nakalnya dan Bu A nyadar kesalahannya dalam mendidik anak. Amien..

Ternyata walaupun anak ditunggui Ibunya dirumah dengan 2 pembantu pun ngga menjamin anak terurus dengan baik. Tergantung pola didik orang tua. Kalau orang tua lembek dan bisa disetir anaknya, ya alamat anak makin ngga terkontrol. Urrhhh jadi nyadar harus belajar dan belajar lagi jadi orang tua yang baik.

Ahh ini aku anggap sebuah pelajaran yang berharga. Mengalah ngga harus berarti kalah kok. Thanks ya Bu B karena sudah meredamkan emosiku.



26 komentar:

  1. Aduh Mba, ikutan gemes deh bacanya. Emang suka ada aja sih tetangga model begitu. Aku pikir cara Mba Ida udah oke banget. Hindari aja sebisa mungkin deh drpd memancing keributan yang ga perlu. Sing waras ngalah ae...

    Kasian banget sih thole ganteng2 begitu dipukul. Ih pengen mites tu anak badung deh *kompor mledug dot com*

    BalasHapus
  2. Banyak2 berdoa minta pada Allah agar diberi kesabaran ya mbak..
    Smoga masalahnya cepat berlalu..

    BalasHapus
  3. Tidak ada yg bisa menjamin ibu FTM anak pasti terjamin kelakuannya..
    memang tergantung sekali sama pola asuh ortu...
    sayangnya ibu itu memilih sikap permisif...jd anak tdk diberitahu mana yg baik dan buruk...
    aku punya sodara yg begitu...gemes banget liat emak bapaknya yg mendiamkan saja "kenakalan" anaknya di depan matanya..
    sampe2 sodara2 alergi mo dateng ke rumahnya...
    pdhal ibunya juga FTM...sekali lagi memang tergantung pola asuh ortu

    BalasHapus
  4. iyo jeung.. sing waras ngalah

    BalasHapus
  5. Iya bener.. sering-sering istighfar kalo kadang ngga sadar kita khilaf

    BalasHapus
  6. Iya Mba May.. memang tergantung sama pola pikir orang tua. karena dari pola pikir itulah terbentuk pola asuh dan pola-pola lainnya

    BalasHapus
  7. TFS ya da... yang sabar.... mending dihindari aja deh ya... drpd cari masalah...yg waras ngalah... :)

    BalasHapus
  8. waduuuh daaaa....ikutan erosih sayah
    tapi ya bener emang yah, ibu yg dirumah bersama anak seharian atau ibu yg bekerja, sama2 mesti belajar terus untuk mencari pola asuh terbaik buat anaknya....
    sini ole, main sama isya ajah...

    BalasHapus
  9. hmm aku apda posisi yang sama ama mba ida pastina jengkel .. untung Nurinya ga pgn resign yah..

    lebih baik dihindarin aja deh riffat ketemu ama abit itu.. palagi ibuya"rese"

    salam buat thole sama simbak nurinya juga

    BalasHapus
  10. ayo sya.. main mobil-mobilan ato main panjat-panjat?? :p

    BalasHapus
  11. gak lah.. Nuri kan kerja sama aku mba gak sama Bu A, justru itu aku berusaha membela Nuri karna aku tau kenapa dia begitu. Dan aku gak akan mengorbankan si mbak yang udah kerja sama aku 2 tahun hanya gara-gara keegoisan orang lain. Makanya aku anggep si Nuri ini aset. Seperti halnya di perusahaan SDM adalah aset hehehe

    BalasHapus
  12. Gemes bgt ama si A itu. Disini juga ada anak yg gitu, cewek, sukanya gigitin fadlan, kmrn si fadlan digigit lagi, berhubung udah yg ke 3 kalinya terpaksa sambil becanda aku bilang ke ibunya si kayla "Ndah, mbok ya si Kayla dikasih gigit2an apa kek gitu drpd gigitin si fadlan sampe merah kek gitu", untungnya si emaknya kayla ini ngerti maksudku dan akhirnya dia minta maaf. Trus aku bilang deh skalian ama si kayla "kayla, besok2 kalo laper minta permen ama mama yah, janga gigit adan lagi ya"

    Aduh, pusing deh kalo ternyata temennya si adan kayak abit, kali kudu bapaknya adan yg turun tangan tuh

    BalasHapus
  13. emang ada orang yang pengen anaknya dimaklumi karena nakal tapi gak mau memaklumi hak anak lain yang perlu hidup tanpa gangguan anaknya...
    egois bukan main emang ortu yang kayak gitu juga dia tuh ngerusak anaknya sendiri dengan gak kasih ajaran ama anaknya dengan baik dan benar...
    anak itu bak kertas putih jelek baiknya adalah ortunya yang menuliskan....
    kalau dia bilang anaknya gak bisa dikasih tau berarti dia gak bisa jadi ortu karena gak bisa memberika pendidikan yang baik untuk anaknya...

    BalasHapus
  14. hikks.....hampir sama dengan kejadian di sekolahnya Dika....
    Ada dimpku.....anak 3,5 tahun dah bisa bilang elo goblog, elo setan...syeet dah......yang nyebelin mbak'e cuma ketawa kalo anak asuhnya ngebikin anak orang nangis,.....

    BalasHapus
  15. mmmm kalo aku urusan keik gini gak terlalu aku pikirin.... hehehehehehe....

    BalasHapus
  16. Di komplek ibuku juga ada anak yg mirip tingkahnya si Abit. Anak ini ego-nya besar dan bossy. Dan suka ngejailin anak2 yg lebih kecil. Keponakanku pernah ditonjok matanya, sampe biru dan pendarahan dalam. Padahal keponakanku ini cewek dan jauh lebih kecil dari dia. Ada juga anak kecil lain yg didorong ke selokan. Kelakuannya bener2 membahayakan jiwa deh.

    Untungnya orangtua si anak ngerti kondisi anaknya. Dan selain minta maaf, si anak ini dpt ganjaran juga. Beberapa waktu ga boleh keluar rumah. Skrg anaknya udah lumayan bisa dikendalikan. Bisa dibilang ga senakal dulu lagi. Tapi tetep sih byk orangtua yg langsung bawa anaknya masuk rumah kalau si anak ini keluar. Mungkin udah trauma, ya anaknya..ya orangtuanya...

    BalasHapus
  17. betul da .. tetangga gue gitu tuh .. duh sorry to say yach .. anaknya dekil super dekil banget .. udah gitu galaknya minta ampun ... dikit" ketemu anak kecil langsung digebuk atau ambil batu .. gile deh otaknya kaya otak provokator demo hhihihihihi makanya di rumah sekarang gue pakein fiber di pagar gue biar dia gak ngeloyor masuk rumah and mukulin anak gue.yang susahnya lagi kalau ortunya gak nyadar kalau anaknya bandel .. trus ditegur eh ortunya yang marah ... capeeeee deh ... yah itulah dukanya bertetangga :-D

    BalasHapus
  18. That's it Mba Esther. Kita gak mungkin kan bilang "hei anak lo tuh dididik yang bener" karena kita masih menjaga perasaan dan karena bertetangga kan.
    Suamiku malah lebih meledak-ledak lagi hihi sampe ngancem kalo si riffat sampe nangis lagi gara-gara dia mau taksamperin tuh bapaknya "Bapak bisa didik anak bapak gak?" hihihi.. yah tugas istri lah yang meredam. Kita gak bisa sekeras itu sama orang lain.

    BalasHapus
  19. kalo yang ini mbaknya sampe keluar karena gak betah dipukuli si abit terus

    BalasHapus
  20. yen aku ora iso jeung.. pasti kepikiran!

    BalasHapus
  21. wah lebih ngeri dong ya..
    takutnya memang kalo kenakalan anaknya dibiarkan saja malah makin menjadi-jadi. Ya gak sih..

    BalasHapus
  22. mbak ida masih mending ngadepin anak2 yg keterlaluan, lah aku di kantor malah ngadepin bapak2 yg keterlaluan (High Temperament, kasar, ngeluarin kata2 kotor). Klo kenakalan anak2 masih bisa kita maklumi, seiring wktu dia akan tumbuh besar, kelakuan juga bisa berubah (ke arah lebih baik). Lah klo orang tua yg begitu??? nunggu dia sadar aja kale....

    BalasHapus
  23. Mungkin karna pembantunya 2 itu kali ya, makanya si ibu malah lepas tangan soal anak. Tapi emang paling gemes k'lo si ibu gak mo minta maaf ke para tetangga k'lo anaknya tuh yg suka bikin onar. Duh, k'lo aq di posisi Mbak Ida lom tentu deh berani ngomong langsung ke ibunya :-) Alhasil jd gondok sendiri deh :-(

    BalasHapus
  24. Kenapa gak berani mbak. Kan bukan kita yang salah. Tuh kan malah jadi gondok sendiri.. bikin penyakit malahan hehehe

    BalasHapus