Selasa, 15 Juli 2008

Pola hidup sehat itu penting

Gara-gara dapet anugerah tumor jinak yang udah bersemayam selama kurleb 10tahun ini (waks.. gile dah lama banget yak!! baru nyadar..), ada banyak hal yang bisa aku pelajari.

Tumor kok anugerah!!!

Iya!! aku anggap ini anugerah karena membuatku untuk selalu waspada dan berhati-hati milih-milih makanan. Jadi 'memaksa' ku untuk mulai nerapin pola hidup sehat. Makan banyak sayur buah dan olahraga!!! Bukankan semua peristiwa harus dilihat positifnya rite??

Bicara soal olahraga, dari dulu aku emang gak hobi olahraga. Dulu jaman masih sekolah en kuliah banyak waktu luang aja males olahraga apalagi sekarang!! 24jam bener-bener ngga berasa!!. Tapi sekarang aku usahain at least wiken selalu olahraga. Entah joging, badminton sama si papa atau sekedar main 'ayimamah' -- cari mamah sama thole.

Dari kontrol-kontrol ke dokter itulah.. baru bener-bener nyadar.. nyari dokter yang sreg itu mahal!!! Sekali ketemu dokter cewek yang okeh punya, eh prakteknya adohh tenan alias so faaarrr away.. Trus cari yang praktek wiken.. browsing-browsing eh ketemu dokter yang cuma meriksa sauncrit trus nyuruh USG dan mamografi. Waks.. yang boneng dok!! Gak salah satu aja tuh?? Saya kan lagi menyusui

Dan si dokter dengan mantapnya bilang iya!!! Tanya biayanya.. weleh.. lumayan menguras!! 650rebong saja!! Untung punya ide telpon ke dharmais.. Disini operator USGnya malah bilang.. justru kalo lagi menyusui itu gak boleh mamografi! Ih iiihh.. langsung ngacir aja deh dari RS di Rawamangun ini, dimana ada dokter yang terkenal itu untuk mengobati tumor payudara.  Akhirnya ambil paket deteksi dini kanker di RS Dharmais yang menurutku cukup memuaskan. Disini step awal isi kuesioner, trus diperiksa fisik, baru USG. Nah jika USG dirasa ngga cukup.. lanjutin mamo. Dan semua rangkaian ini harganya RP 250ribu. Ngga mahal kalo menurutku :)

Ahh akhirnya mantep di RS Dharmais saja. Walaupun harus sering ijin karena Dharmais murahnya kalo hari kerja. Kalo wiken mahaalll dan dokternya cuma 1 doang :p
Nah akhirnya setelah memantapkan hati jadilah aku operasi seperti yang aku pernah ceritain disini

Alhamdulillah hasil PA bagus, ngga ada keganasan. Namun ada kecenderungan si tumor muncul lagi. Jadiii 3-6bulan sekali harus kontrol. Sebulan sekali SADARI. Keknya ini standar deh.. Semua wanita kayaknya harus selalu SADARI terutama setelah mens berakhir.

Ahh lagi-lagi hal ini makin memacuku buat hidup sehat. Ingat ya semua!!

POLA HIDUP SEHAT
Makan sesuai piramida makanan
Bekerja semampunya -- ini ada hubungannya sama istirahat cukup
Dan yang ngga kalah penting OLAHRAGA

Ada yang mau nambahin??

Kabar gembiranya mulai Jumat ini AEROBIC mulai diadain lagi di kantor. Udah komit sama temen, kalo ngga berangkat harus bayar!! Hihihi... ini ngga lain biar kita semangat olahraga.. daripada mbayar ke orang yang udah punya duit hahaha..

Oh ya, kemarin habis njenguk temen kantor yang habis operasi angkat rahim. 2 tahun lalu blio operasi kanker payudara stadium 2b. Udah kemo 13kali. Dan dirunut-runut ternyata kankernya adalah karena hormon. Maka untuk mencegah kanker nyebar, dibunuhlah si produsen hormon itu yang tak lain tak bukan adalah si rahim. Blio cerita dengan semangat menggebu-gebu proses operasi kanker hingga proses kemo yang efeknya membuat si pembuluh darah mengecil hingga pada saat operasi kemarin susaahh banget nyari pembuluh darah buat pasang infus. Yang bikin aku takjub melihat semangat hidup dan semangat mau sembuhnya yang te o pe be ge te. Ngga ada satu kesedihan yang terpancar dari raut wajahnya. Yang sebenernya jauh di lubuk hatinya pasti sedih bangett.. Tapi semangatnya itu membuat kami malu!!! Kita yang sehat bugar ini kadang sering mengeluh jika keadaan ngga sesuai dengan yang diharapkan. Tapi sekaligus membuat kita belajar.. bahwa hidup sehat itu adalah yang pilihan yang terbaik. Dan bersyukur adalah terapi sehat lainnya. Karena dengan bersyukur, insya Allah terhindar dari yang namanya stress!! Ya gak sih..

Moga-moga sharingku berguna yah
Next time diterusin lagi sharing soal ini

25 komentar:

  1. semangat ya mba ida.........semangat buat hidup sehat....
    ini buat aku juga sih....
    kadang kalo lom sakit kita emang suka lalai, cuek, sok kepedean sama pola makan en pola hidup juga.....
    TFS ya mba........

    BalasHapus
  2. mmmm... hidup sehat versi gw.. istirahat cukup, olahraga teratur, dan makan sehat...
    nah, makan sehatnya itu yang suuusaaaahhh.. hiks hiks hiks..

    BalasHapus
  3. Siiip, thanks ya udah ngingetin Da....

    BalasHapus
  4. iya, sekarang mau makan enak aja mikir.. soalna biangnya penyakit justru yang enak-enak hihihi

    BalasHapus
  5. emberr!! musti bener-bener komit mit mit!!

    BalasHapus
  6. hehe sama-sama sil.. elo sumber inspirasiku juga buat hidup sehat hehehe..

    BalasHapus
  7. berguna daaaa bergunaaaaa.....tx ya sharingnya.....

    BalasHapus
  8. Bener mom.., hidup sehat itu penting.., tx for sharingnya ya..

    BalasHapus
  9. Hidup sehat dan hindari stress dech kayaknya soale mamaku bulan maret kemarin habis operasi pengangkatan tumor ganas payudara juga, dari dulu mamaku pola makannya sehat (sering "nyabu") tapi karena stress terus dari tumor jinak bisa beralih ke tumor ganas.

    BalasHapus
  10. yook mari hidup sehat..!
    duuh harus mulai suka sayur nih :D

    BalasHapus
  11. TFS mba...jadi inget kalo aku juga punya tumor jinak.. kmrn2 aku pura2 lupa.. takut di tagih janji operasi ama ayahnya kaL. aku masih ga rela nyapih kaLya mba.....tapi udah 2 hari ini kok kayak ada benjolan baru (tapi kecil) dan sakit kalo di pencet.... kalo benjolan yang dulu seh udah mengecil.... gemana donk mba?

    BalasHapus
  12. TFS Jeng Ida...
    ayo hidup sehat..
    deteksi dini penting juga buat wanita

    BalasHapus
  13. bisa juga sih.. tapi memang tumor jinak yang dibiarkan bisa berpotensi jadi ganas. Karna kita gak pernah tau itu ganas ato jinak sebelum dibiopsi atau diambil sampel tumornya

    BalasHapus
  14. say coba aja deteksi dini ke Dharmais.. biar ketahuan itu apa dulu. Nah kalo gak bahaya.. bisa ditunda kok sampai proses menyusui selesai.
    Jangan takut untuk periksa ya

    BalasHapus
  15. iya mba icho.. setahun sekali lah minimal

    BalasHapus
  16. benar-benar agar kita selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yg selalu dilimpahkan -NYA kepada kita..
    alhamdulillah..

    BalasHapus
  17. mba ida 2 tahun yg lalu saya juga pernah di operasi angkat benjolan di PD (PA tumor jinak alhamdulillah) since that sy perhatikan pola hidup sehat juga, makan bekel dari rumah gak beli lg klopun pengen jajan yg ga sehat ga bakal sesering dulu lg, OR dulu waktu blm punya anak rajin seminggu skali tp skrg dah jarang euiyyy..setahun skali jg sy USG PD tp karna skrg sedang menyusui dokter gak rekomen katany tunggu selese nyusui ajah..

    BalasHapus
  18. tfs mbak...

    Heran deh...koq tuh dokter bs2nya nyuruh mammografi pdhal msh ngasih ASI! Apa gara si 650 rebu itu?!!**binundeh**

    BalasHapus
  19. ga tau deh mba.. dokter-dokter emang sekarang sering ngawur!!

    BalasHapus