Selasa, 01 Januari 2008

December 2007

December 2007..

Bulan Desember yang baru saja berlalu setidaknya meninggalkan memori dan pengalaman hidup yang berharga. Di bulan Desember umurku udah 27tahun. Ngga terasa.. umur bertambah usia berkurang. Harus mikirin lagi aku mau apa ke depannya. Setelah berkeluarga, apalagi sudah punya anak, hidup jadi ada tujuan. Dan udah ngga bisa santai-santai lagi seperti jaman sebelum nikah. Sekarang, mau baca novel terbaru aja udah ngga sempet sama sekali. Mendingan waktunya buat tidur karena seharian udah capek sama urusan rumah, suami dan anak, plus kantor tentunya. Yah.. aku harus introspeksi diri dan mulai menentukan target-target yang harus aku capai di tahun yang baru ini..

Thole bulan Desember ini masuk usia 19bulan. Buanyaaak banget perkembangan dia di bulan ini. Kosakatanya sudah banyak sekali bertambah. Perkembangan emosinya pun makin meningkat. Dia sudah tau kalo emaknya marah, akan merengek-rengek, kadang malah bertambah brutal. Dari gulung-gulung di lantai sampai ngobrak-abrik apa yang ada di depannya. Kalo udah begitu, aku segera minta maaf. "Maafin mama ya sayang.. mama sayang thole kok.. mama marah karena bla.. bla.. bla.. ". Setelah itu aku peluk dia dan cium dia. Biasanya kalo sudah begitu dia melunak. Satu pelajaran berharga bagiku. Anak kalo udah ngga nurut, dan kalo dibilang baik-baik ngga bisa, perlu dikeras juga tapi setelah itu kemukakan kenapa kita keras. Kenapa dia ngga boleh ini ngga boleh itu. Dia akan mengerti. Ya, anak kita bisa kok diajak komunikasi sekecil apapun umurnya.

Sekarang thole menyandang gelas 'Jagoan Nenen' dan 'Plagiator'. Hobi nenennya makin menjadi-jadi. Kadang nenennya cuma buat mainan dia. Ditahan-tahan juga percuma lah wong thole udah bisa buka nenennya sendiri. Akhirnya aku cari siasat, kalo terlihat dia mau nenen tapi cuma buat iseng, aku bilang nenennya habis!!! Kalo emang lagi iseng, dia akan mengalihkan perhatian ke mainannya. Tapi kalo bener-bener pengen nenen, entah lapar atau haus.. baru dia ngotot.

Thole plagiator?? Yup!! Seusia Thole emang lagi seneng-senengnya meniru. Dari batuk, bersin sampe celetukan apapun yang keluar dari mulut emak bapaknya semua ditiru. Kemarin pas dia nenen, aku sambil cerita ke bapaknya thole "Pas dulu meres tuh bisa srott..srottt (sambil tanganku memeragakan cara meres ASI)" kataku ke Bapak thole. Eh tau-tau si thole nglepas nenennya trus bilang "cooott.. cootttt.." sambil jari-jarinya juga membuka tutup gaya meres sambil ketawa-ketawa. Aku sama bapak thole ngakak habis.Thole.. thole..
Celetukan kami pun ngga luput dari dia. Seperti "Sik.. sik.. sik.." (Bahasa = ntar.. ntar..). Bahasanya thole jadi "Cik..cik.. cik.. ". Makanya kami sekarang lebih hati-hati jangan sampai yang keluar dari mulut ini berupa umpatan yang ngga jelas.

Cerita thole cukup segitu dulu..

Di bulan Desember, banyak musibah menimpa saudara-saudara kita khususnya di Pulau Jawa. Dari Kab. Karanganyar yang ditimpa longsor (34 meninggal) sampai meluapnya Sungai Bengawan Solo yang menenggelamkan kota Solo, Bojonegoro, Ngawi, Blora. Hhhh... ini semua bisa jadi juga karena tangan manusia yang bertindak melawan alam. Alam marah.. Allah pun marah. Semoga dengan peristiwa ini manusia menjadi semakin sadar dan lebih peduli kepada alam.

Hari ini, 2 Januari 2008. Tak terasa kalender sudah harus diganti dengan yang baru. PE ER nya masih banyak. Masih banyak yang harus dilakukan. Semangattttt!!!!

W E L C O M E    2 0 0 8....
Semoga aku jadi orang yang lebih baik di tahun ini.

7 komentar:

  1. Met tahun baru da... Damai jg neneholic tuh
    apalagi abis sama2 aku terus selama hampir 2 minggu

    BalasHapus
  2. Hai Sil, udah balik ya?? Mana oleh-olehnya?? :D
    Seneng ya bisa 2 minggu liburan..

    BalasHapus
  3. met menjalani hari baru di th 2008....

    tosss ama Sisil.... jd korban nenenholic gara2 liburan....

    sukses ya DA!

    BalasHapus
  4. Pertama Happy B'day ya buat mamanya Thole.., lebih baik telat daripada engga ngucapin sama sekali ya.. ;)

    Thole.., udah tambah pinter kamu ya de..

    Btw, happy new year ya buat Thole & keluarga.. :)

    BalasHapus
  5. Hidup nenen!!! hehe..
    Matur tengkyu ya mba uci.. sori pas mudik idul adha kemarin ga sempet hubungi mba uci... jadi ketunda lagi deh.. :(

    BalasHapus
  6. hehe.. makasih ya kaka celyn..
    Selamat tahun baru juga..

    BalasHapus
  7. hahaha tholeeee .. tholeee .. pinternya. ketemuan yuk sama fadlan, fadlan juga lagi demen ngikutn gaya ketawa orang dewasa, dia bialng 'hak hak hak", sok tua

    BalasHapus