Rabu, 02 Januari 2008

Ilmu Ikhlas??

Aku ingin belajar ilmu ikhlas. Ada yang tau dimana aku bisa belajar ilmu itu?? Atau ada yang tau gimana cara ngedapetin hati yang ikhlas?? Jadi inget sinetron Kiamat Sudah Dekat. Satu hal yang disyaratkan Pak Haji agar Fandy bisa mempersunting putrinya Sarah adalah dia harus belajar ilmu ikhlas. Duh, kok jadi lupa yah apakah si Fandy sudah menemukan ilmu ikhlasnya?? Kalo gak salah, pelajaran yang bisa diambil Fandy adalah.. bahwa dia melakukan sholat, ngaji bukan karena dia memenuhi syarat sebagai calon suami Sarah. Tapi dia melakukan itu karena ikhlas. Ya, karena kesadarannya sendiri, bukan karena apapun, tapi karena Allah.

Ya Allah... iya!!! itulah jawabannya!!!!! Eureka!!!! Tok.. tok..tok!!! Aku baru saja menemukan kata kuncinya. Ya, lakukan semuanya karena Allah. Ya Tuhan.. selama ini aku sudah khilaf. Aku hanya memikirkan urusan dunia. Ya Allah.. ampuni aku ya Rab...

Selama ini aku hanya mengeluh dan mengeluh. Menyalahkan keadaan karena ketidakpuasanku pada satu hal. Selalu mengeluh dan menyalahkan orang lain jika ada masalah.

Iya, sekarang aku yakin. Ilmu ini yang tidak ada padaku. AKU HARUS IKHLAS. Mindsetku harus diubah. Aku harus berusaha.

Ya Allah.. terima kasih.. Aku sudah menemukan jawabannya.

Sekarang, aku harus menyelesaikan PRku satu-satu dengan IKHLAS. Tidak ada keluhan!!!


10 komentar:

  1. Betul.. cara berpikir kita yang harus dirubah supaya kita bisa punya hati yang ikhlas..
    Dan juga "berserah total kepada Tuhan", itu juga kunci supaya kita bisa mengikhlas segala sesuatu.. :)

    BalasHapus
  2. sama.. sedang belajar ikelas.. ya ampuuun sssussaaah benerrrrr

    BalasHapus
  3. alhamdulillah... kelar juga pe er nyaaa...

    BalasHapus
  4. hmm katanya kita bisa dikatakan ihlas kalau kita ketika melakukan sesuatu berasa seperti "buang air besar" . ya, ibarat buang air besar, kita takkan pernah mengharapkan apa yg kita keluarkan itu kembali. nah klo udah bisa bgitu, namnya ihlas beneran hehe

    BalasHapus
  5. Baca buku Quantum Ikhlas deh da karangan Erbe Sentanu....

    BalasHapus
  6. yoi.. kemarin browsing2 eh nemu buku quantum ikhlas. Musti beli nih..
    Thanks infonya

    BalasHapus