Rabu, 24 Oktober 2007

Cerita Lebaran (part 2) thole numbuh gigi kelima horeee..

Ini sambungan dari posting yang kemarin nih.. Bisa dibaca disini.

Jumat 12 Oktober 2007 (Day 1 @ Semarang)
Begitu nyampai Semarang jam 03.00 pagi.. eyangnya thole yang udah kangen berat sama thole ngga sabar pengen gendong thole yang lagi bobok. Ealah.. saking hebohnya nyium n gendong thole.. akhirnya thole bangun. Dan.. yup.. nangisss!!! Secara dia dah lama gak ketemu eyangnya jadi karna ga terbiasa ketemu pasti dia merasa asing.. so nangis n ga mau lepas dari aku. Karna terus rewel.. aku tawarin mandi.. mungkin dia kepanasan. Semarang emang lagi hot-hotnya.. jam 3 pagi pun kita berkeringat. Thole bilang 'he'eh' waktu aku tawarin mandi.. Jadi jam 05.00 pagi thole aku mandiin pakai air dingin hihihi.. Dianya sih seneng-seneng aja lah wong emang udah biasa pakai aer dingin plus dia hobi mainan aer. Mandi kelar.. dandan.. dah kelihatan seger. Trus aku nyiapin sereal buat sarapannya. Sesuap.. masih mau.. suap kedua.. dilepeh.. seterusnya dilepeh terus.. Ya udah lah pikirku di tempat baru pasti penyesuaian. Sepagian itu thole gak mau lepas dari aku or bapaknya.. Dikit-dikit nangis. Badan agak sumeng.. anget.. Ga bawa termometer lagi duh.. teledor nih emaknya. Seharian itu thole males banget maem. Siang dikasih oatmeal plus sayur bayem alhamdulillah habis. Nah.. beranjak sore nih mulai demam lagi.. Si Papa akhirnya beli termometer n paracetamol buat siap-siap. Malam.. tidurnya ga nyenyak.. Kadang tau-tau nangis kejer tapi mata masih merem. Suhu diukur sampai 39 der.. wah mulai was-was.. Hidung agak meler.. Aku masih berharap panasnya karna flu. Jam 20.00 bangun, nangis tapi ga ada yang tau.. semua orang rumah lagi nonton takbir keliling di depan rumah. Alhasil tangisan dia ngga ada yang denger lah wong kalah sama suara bedug hehe.. Untung Eyang Kungnya pas masuk rumah jadi segera digendong n diam. Thole nih emang aneh kalo sama Eyang kungnya nempel tapi kalo Utinya ngga sama sekali hehe.. Thole seneng banget diajak nonton takbir keliling.. Dia ikut joget-joget saat bedug dipukul.. Selesai takbir.. masuk lagi n minta bobo lagi..  Badan masih  demam.

Sabtu, 13 Oktober 2007
Paginya.. bangun jam 05.00 udah mendingan. Kami siap-siap mau Sholat Ied di lapangan. Thole pakai baju koko putih yang dibeliin budenya.. Sampai lapangan anteng.. Tapi begitu aku tinggal sholat.. dia nangis minta dibacain buku.. Nangis sambil ngasi bukunya ke aku padahal aku sholat. Duh ga tega akhirnya aku batalin sholatnya. Daripada dia nangis dan ganggu jamaah sholat lainnya.
Pulang sholat ied, ditawarin sarapan ga mau. Nenen masih mau dikit-dikit. Tapi sepagian itu dia banyak rewelnya. Trus iseng-iseng aku raba gusinya.. Eh.. kok ada yang keras disamping gigi bawah sebelah kirinya.. Aku make sure lagi.. Oalaaaahhh ternyata thole numbuh gigi!!!! Horeeee.... Aku langsung lega.. ternyata panasnya karna numbuh gigi.. Setelah sekian lama dinanti akhirnya numbuh juga gigi kelimanya.. Iyah!!! Gigi thole sekarang LIMAAAA..
Si papa ikutan seneng.. Aku minta Papa beliin es krim buat thole.. Papa beliin 2 cup. Aku coba kasih ke thole.. awalnya dilepeh.. trus sisa yang masih ada di mulut dikecap-kecap.. trus truss... minta lagi!!!! Lagi.. dan lagi!!! Horeeee... akhirnya setelah seharian ngga maem akhirnya ada juga yang masuk.. walo cuma es krim!!! Eyangti-nya geleng-geleng.. Kata beliau.."Riffat enak ya demam dikasih es krim" Aku cengar cengir aja. Sekarang sih Ibu lebih banyak nurut apa yang aku lakukan daripada bantah. Toh percuma karna selama ini aku ketat sama apa-apa soal anak dan ngeyel hehehe.. Dari semalam ibu udah nyuruh-nyuruh aku ke dokter. Waktu itu sempet berdebat dan aku ngeyel bilang ke Ibu kalo panasnya tuh lagi ngelawan virus. Ibu diem aja.

Sorenya siap-siap sekeluarga berangkat ke Klaten. Kebetulan simbahku asalnya dari Klaten juga jadi selain silaturahmi sama keluarga besarku juga silaturahmi ke keluarga suami. Selama perjalanan, thole maunya bobo.. Nenen ngga mau. Setelah habis es krim secup siang tadi thole ga mau maem n nenen sama sekali.. Aku sampe stres.. PD udah penuh.. tapi thole ga mau nenen juga. Akhirnya pas magrib kami sholat trus sekalian makan. Si Papa juga udah mulai khawatir.. Trus aku inisiatif ASInya diperah aja.. Mungkin gusinya lagi senut-senut jadi males ngenyot.. Kalo air mineral diminum pakai sedotan dia masih mau. Akhirnya PD aku peres.. Dapat sekitar 120ml.. taro di gelas moncongnya thole. Papa udah ngebujuk supaya minum sambil ngajal jalan-jalan.. Ngeliyat usaha Papa yang pengen thole minum sempet bikin aku nangis.. Antara sedih dan terharu.. Dalam kondisi begini dia tahu aku lagi stres banget.. Makanya thole selalu dihandle dia selama istirahat perjalanan.

Akhirnya nyampe Klaten jam 20.00. Kami langsung ke rumah mertua sedang Ibu dan kakak-kakak langsung ke rumah simbah. Nyampe rumah mertua thole masih bobo dan langsung aku bobo-kan di kasur yang udah disiapkan. Dalam keadaan tidur aku coba tawarin nenen.. Hap!!! Dia mau!!! Alhamdulillah.. Malam itu Thole boboknya pules dan ngga bangun-bangun lagi. Suhu badannya mulai turun.

Minggu, 14 Oktober 2007
Thole bangun jam 04.30. Udah pukul-pukul badan aku n manggil 'Ma.. maa.." Aku bangun.. Dia nyengir.. "Ehhh anakku udah banguunnn" Dia ketawa.. Aku raba kepalanya udah dingin.. Alhamdulillah... Thole udah back to normal...
Setelah sholat subuh.. kami jalan pagi menyusuri sawah yang hijauuuu.. dan menikmati udara pagi yang segerr... Waahhhhh beruntungnya kami punya desa seindah ini.. Setelah sekian lama cuma menikmati pemandangan padat dan macetnya Jakarta. Bener-bener deh cuci mata dan cuci pikiran!!!
Pulang jalan-jalan thole aku bikinin oatmeal plus sayur bayem (again!!!).. Wuih... habis ngga bersisa!!! Horeeeee....
Siangnya kami ada acara pertemuan keluarga besar dari Ibu.. Ibu surprise lihat cucunya udah sehat.. "Kamu kasih apa Da riffat kok udah sembuh?" tanya beliau.. "Ngga dikasih apa-apa.. emang udah waktunya turun kok panasnya" kataku. Kata Ibu lagi "Oh ya emang bener ya katamu.. Panas tuh bukan penyakit". Wah mak clesss rasanya Ibu bilang begitu.. Akhirnya ibu ngerti juga...

Hari-hari berikutnya thole udah seperti biasanya.. Ceria dan bikin kita semua tertawa.. Legaaaa banget.. Liburan lebaran terasa menyenangkan!!!

4 komentar:

  1. lega ya da, satu langkah lagi bikin ibu seide sama kita udah berhasil...

    BalasHapus
  2. Enaknya Riffat biar panas tapi engga ada riwayat kejang demam, jadi nunggu ampe panasnya turun sendiripun engga apa2...
    Kalo aku mulai panas, papa mamaku udah waspada aja.., siaga penuh jaga2 jangan ampe terulang lagi kejang demamnya.., amit2 dehhh..! :)
    Btw, liburannya asiik juga ya de..

    BalasHapus
  3. Iya Sil, pertama ASI, kedua UHT, ketiga soal common problems.. Masih banyak nih PRnya.. sodara-sodara dan temen-temen masih banyak yang ngga tau..

    BalasHapus