Senin, 22 Oktober 2007

Cerita Lebaran (part 1)

Haloo halooo.. Sebelumnya kami sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1428 H. Mohon maaf lahir batin jika ada kesalahan baik disengaja atau tidak disengaja.

Seperti tahun-tahun sebelumnya lebaran tahun ini kami selalu mudik ke Semarang dan Klaten. Mudik udah direncanakan hari Kamis jam 09.00. Aku udah ngambil cuti mulai hari Kamis itu. Rabu malam pakdenya thole ngabari kalo pesawatnya dari Bengkulu delay.. jadi kemungkinan pesawat connecting dari Jakarta ke Jogja bakal delay juga. Ternyata benar.. pesawat connectingnya delay sampai besoknya. Ya sud akhirnya kita ajak bareng aja dari Jakarta. Malah nanti Papanya ada yang gantiin nyetir.

Kamis, 11 Oktober 09.00
Kami udah siap semua. Barang udah masuk semua di bagasi. Makanan thole juga udah siap. Aku nyiapin kentang kukus, brokoli kukus dan oatmeal serta keju dan juga jeruk kesukaan thole. Jam 09.00 teng kita mulai berangkat. Masuk tol dalam kota, jalanan masih lancar.. Sampai masuk Tambun udah padat tapi lumayan lancar... Sampai Cikarang.. wah mulai deg-degan.. mulai padat merayap. Papa nyetel radio.. ternyata semalam macet parah di tol cikampek. Mungkin ini sisa-sisa semalam dan tambahan yang berangkat pagi seperti kami. Sesuai saran Listi yang rekomen lewat Sadang (jalur tengah) yang katanya lebih lancar dan lebih adem.. akhirnya kami bertekad (hihi.. kayak mau apa aja) mau nyoba lewat Sadang. Eeeehh lah kok begitu masuk gerbang tol Sadang, udah kelihatan di depan mata kita barisan mobil berderet ngantri dan parahnya mobil-mobil itu berenti grek ngga jalan. Ya udah setelah tanya-tanya pengemudi yang berlawanan arah katanya macetnya sampai 5 km. Wah parah juga.. akhirnya tanya lagi ke sopir bis yang berenti. DIsarankan sama si Bapak sopir itu untuk lewat Cileunyi. Ya sud akhirnya kita puter balik trus lewat Cileunyi yang ternyata boooww.. jauuuuhhhhhhh banget.. Akhirnya jam 13.00 kami berhenti di Rest Area di sekitar Bandung. Wahh udah 4 jam jalan tapi kok rasanya belum beranjak juga.. Kebayang seharusnya kalo normal 4 jam udah hampir sampai CIrebon.. fuuhhh.. Di rest area si Papa sempat tergoda untuk batalin puasa lihat stand kopi n indomie hihihi.. Akhirnya karna imannya masih kuat n aku kompor-komporin akhirnya ngga jadi batalin puasa hehehe...

Perjalanan berlanjut.. nyampe jatinangor... lewat STPDN (sekarang IPDN).. macet booww.. mana jalannya kecil lagi.. yah paling engga kalo ga ada kejadian gini ga ada cerita piknik ke jatinangor (menghiburr!!!).. Trus berlanjut ke Sumedang. Ternyata Sumedang itu luas ya bowww. Bisa 3jam berkelok-kelok dan berbukit-bukit di tanah Sumedang. Kanan kiri jalan semuanya penjual tahu.. sampe-sampe semuanya jadi terlihat kayak tahu.. Si Papa ga mau berhenti cuma buat beli tahu padahal aku udah nyindir-nyindir.. "Pa enak tuh tahu sumedang" sampe berapa kali kaga ada tanda-tanda berhenti walo nglewatin ratusan penjual tahu. Akhirnya ngeluarin jurus sakti "Paa.. thole kan suka tahu".. Ciittttt.... eh bener mobil akhirnya berhenti di depan tukang tahu. Horeee... akhirnya beli sekeranjang 10.000 rupiah saja.

Setelah lama berkelok-kelok di jalanan Sumedang.. sampailah kami di Majalengka. Si Papa inget ada teman Pakde yang namanya Kang Asep yang asalnya Majalengka. Si Pakde langsung telpon Kang Asep trus kang Asep kasih ancer-ancer jalan alternatif yang ngga macet. Udah menjelang maghrib waktu itu. Akhirnya Kang Asep malah nawarin mampir ke rumah orang tuanya. Berhubung mau buka puasa ya udah kita terima tawaran Kan Asep sekalian istirahat dan mandiin thole biar seger.
Sampe rumah ortunya Kang Asep gak lama adzan maghrib. Ortu Kang Asep baik banget menjamu kami dengan kolak dan makan tentunya.. Alhmdulillah.
Setelah sholat maghrib, mandiin thole plus ngobrol-ngobrol kami pamitan nerusin perjalanan sekitar jam 19.00. Kata Kang Asep dengan rute yang dikasih dia insya Allah sampai Cirebon paling lama 1,5 jam. Ya sud akhirnya kita melanjutkan perjalanan dengan rute yang diberikan Kang Asep. Eh bener.. nyampe Kanci ngga sampe 1,5 jam. Di Kanci mobil udah merambat. Tol Kanci pertemuan antarajalur utara dan jalur tengah.. otomatis mobil padat banget dapat tumpahan dari kedua jalur. Sempet tanya-tanya sesama mudiker yang jalan pelan2 di tol kanci. Tanyanya standar lah.. elwat mana, macet engga.. yah pengen mastiin aja kalo jalur yang kami ambil sudah benar. Dan ternyata benar.. Ada yang berangkat dari Jkt jam 06.00 pagi. Nyampe Kanci sama dengan kita yang berangkat jam 09.00 pagi. Yah kita makin ngga nyesel ngambil jalur mutar..

Jalan masih merayap sampai Brebes. Trus sampe Tegal udah lancar.. carr.. sampe Semarang. Akhirnya kami nyampai Semarang jam 03.00 pagi. Alhasil Jakarta Semarang kami tempuh dengan waktu 18jam!!! Biasanya kalo normal cuma 10jam..

Oh ya.. selama perjalanan thole muntah 3 kali. Alhamdulillah dia ngga rewel.. mungkin badannya emang ngga enak. Tiap kali disuapin makan.. ngga lama keluar lagi.. Alhasil selama perjalanan thole banyak nenen aja... dan tidur..
Si Nuri mbak yang momong thole juga teler berat.. Ada kali 6 kali dia muntah.. Dia paling ngga tahan kalo perjalanan jauh naik mobil yang pakai AC. Kalo pun naik bis dia prefer bis ekonomi aja biar ngga muntah.. Jadi yang niatnya ngajak bareng dia mudik biar bisa bantu kita.. eehh.. malah...

Fiuuuhhh.. yang penting nyampai Semarang dengan selamat.. alhamdulillah.. Emang mudik itu banyak cerita.. Kalo ngga macet-macet gini malah ngga ada cerita hehehe...

Sms-an sama Listi kalo jalur yang direkomennya ternyata very-very not recommended!! Si Listi ngakak.. Begitu tau aku lewat Bandung dia tambah ngakak.. Kenapa ngga lewat Surabaya aja sekalian?? Gitu katanya... Lisssss... awas lo yaaaa..

Bersambung...

1. hahahaha....
    temenku berangkat kemis sore jam 5, sampe jogja jumat jam 5 sore juga
    24 jam bowwwww
    mana bawa anak umur setahun, tapi tetepppppp gak kapok
    eh nanti desember mudik bareng yuk
    ke klaten hihihihi

2. bole-bole... ayuks.. aku yo binun desember mau kemana.. Btw, deket Polan ada pemancingan plus kolam renang uapik lhooo.. murah lagi.. hehe

3. Thole ikut mudik juga ya ternyata. Wah perjalanannya lama banget, 18 jam boo.., kalo aku mungkin udah ngamuk2 tuh de karena ngga nyampe2.. :)
    Btw, jalan2nya enak ngga di semarang & klaten ?

4. wuih..kalo bukan gara2 mo lebaran..
    belum tentu tuh dibela2in muter2
    pake lewat bandung segala...hihihi
    tp happy lebaran kan?

5. Taqabballahu minna wa minkum..
    Mudik membawa cerita ya mba.... Gpp lah jarang2 ini.. :))

6. iyah emang lama banget. Untung lagi puasa.. jadi keselnya bisa diredam hehehe.. dan untung juga thole gak rewel.. Jalan-jalannya asik dong.. nanti ya ceritanya..

7. iyah mba may.. ga bakalan tuh tau jalan2 sumedang n liyat kampus IPDN hehe

8. Wah, bener tuh... nenen aja terus, paling enak, hehehe...

9. Thole pinter, biar nga stress mendingan enen aja yah hihihi

10. emang bener kalo mau dapet sesuatu yang kita mau pake alasan anak kita juga mau pasti cepet dapet dehhh hihihi

11. Gw pnah ditawarin nyokap mudik ke padang naik bis, gue bilang"duhhh gak deh ma, tar pantat aku teposss". Gue bisa tahan sama macet dan panas tp gak tahan kalo duduk lama2 tar bgitu nyampe pantat gue rata hihihih

12. hihi.. iya bener.. dan parahnya yang ngabisin tahunya akhirnya si papa juga wakkakaka

13. cerita mudik...kapan ya bisa punya cerita mudik bareng suami. blom pernah hehe..dulu mudik pas msh kuliah aja. naik kapal laut ke makassar karna harga tiket jaman dulu masih jutaan gitu. 2 hari, 2 malem di kapal tidur di emperan kapal karna gak dpt t4 tidur hehehe..jadi tau nih tips nya mudik bawa anak..yg penting nenen jalan terus ya biar ga rewel mba..

14. yupp bener.. teposs pozzz hahaha

15. iya.. itulah salah satu keuntungan menyusui.. Wah mba diah udah deket ya lairannya.. persiapkan tuk asi eksklusif yah mba..