Kamis, 11 November 2010

[Sekolah Riffat] Hari Bermain bersama Ayah


ini ayah2nya ikutan main.. hiks ga kliatan yah para ayah :(

Ini kegiatan di sekolah RIffat hari Senin 8 Nov 2010 yang lalu.
Di sekolah Riffat ada program "bermain bersama ayah", jadwalnya digilir, ngga bareng2 semua ayah datang dan main sama-sama. Selama 2 bulan ini digilir bergantian 3hari seminggu, per hari ada 1 ayah yang datang untuk kegiatan "bermain bersama ayah". Nah... si Papa dapet giliran hari Senin lalu :)

Awalnya si Papa ogah2an gak pede males datang, udah mikir aja, disana ngapain, cerita apa, dsb, tapi aku brusaha ngeyakinin bahwa bakal fun disana and pastinya Riffat seneng banget kalo Papa bisa datang ke skulnya :). Akhirnya semangat juga doi datang ke skul, dan aku ikut juga sekedar pengen dokumentasiin momen langka ini.

Nyampe skul ternyata ada 2 ayah yg ikut serta di kelas Riffat, dan benar aja.. They're having so much fun! Para ayah diajak ikut serta di kegiatan sekolah yang emang dikemas belajar sambil bermain. Awalnya baca doa2, hafalin asmaul husna (udah hafal 28 nama2 Allah :) subhanallah.. Target 99 nama afal semua. Lanjutin main-main, bernyanyi, main kucing dan tikus dll. Para ayah juga ditawarin apakah ada permainan yg ingin dimainkan bareng anak-anak? Tapi sayangnya ga ada yg punya ide hehehe jadi acara ngikut aja sama guru.

Selanjutnya anak2 belajar di sentra persiapan, nah disini secara bergilir para ayah diminta isi kegiatan di kelas tanpa guru. Ayah teman Riffat memilih bercerita / story telling dengan media buku, sedang Papa si R1 milih hafalin surat-surat quran yg pendek bersama hehehe. Sayangnya momen yg para ayah "ngangon" anak-anak di kelas gak terfoto, karena Ipan minta nenen!! hehehe..

Yang jelas banyak banget manfaat dari kegiatan ini. Ortu jadi tau gmn sih si guru ngajar anaknya, gmn cara mereka mendidik nilai-nilai ke anak-anak. Misal aja dalam kegiatan membuat lingkaran, semua anak bergandengan trus nyanyi bareng, ada anak yg malah jungkir balik di tengah2. Respon bu Guru mengingatkan sekali, ga digubris, trus bilang "yaudah biarin si A begitu yg lain ga usah liatin yaaa.. Nanti biar si A ikut kita sendiri dan jadi pandai". Dan si A pun akhirnya menurut dan ikut serta dalam permainan.

Acara makan juga berlangsung sangat tertib dan anak-anak terlihat sangat mandiri. Beda banget waktu di skul PGnya Riffat dulu.

Ada satu sesi juga anak-anak dibariskan di depan kamar mandi, baca doa mau ke kamar mandi, trus mempersilahkan anak-anak yg mau pipis bergantian. Dan takjub anak-anak bisa dgn rela antri, ada kadg2 anak yg ga mau baris atau mau duluan tp si Ibu guru dgn lembut bisa membuat tertib kembali :).

Yg jelas semua kegiatan dikemas dengan sangat fun! Pantesan aja Riffat ga pernah bosen walo sekolahnya lama dan tiap hari hehe.

Merasa beruntung kali ini ga salah milih sekolah buat Riffat, senang karna konsep2 pengajarannya sesuai sama yg kami harapkan. Dan si Papa pun puas.. Ga sia-sia ijin kantor setengah hari. Senengnyaaa..

Trakhir isi buku tamu dan isi kesan pesan, sempet baca kesan-kesan ayah2 yang lain.. komennya:
* mengajar itu ternyata susaaah ---> emang Pak, apalagi anak TK :p
* mengajar itu menyenangkan ---> susah tapi menyenangkan yaaa hehehe
* kegiatan dilakukan kontinyu karena sangat fun ----> setujuuuu
* belajar diawali dengan baca doa, hafalan surat pendek dan asmaul husna, bagus banget buat anak-anak, semoga diamalkan sampai besar ----> amiiiin

kurang lebih itu yang inget hehehe

Nih hasil jeprat jepret pakai kamera hp, gak maksimal banget motretnya karna sambil gendong dan ngangon Ipan *hayah alesan ajaaaa!!

cekdisout

10 komentar:

  1. ciieee ada yg sadar kameraaa hehehe

    BalasHapus
  2. kaos kaki merah kuning...
    iih riffat minta beliin ama mama warna ijo, biar meciiing doong :p

    BalasHapus
  3. @Rita, gak di ruko Ta itu skulnya emg 2lantai :)
    Tanteeee, kaos kaki Riffat buanyak mejikuhibiniu deh *lebay. Dia tuh dah ga mau dipilihin kaos kakinya maunya milih sendiri hari ini pakai warna apa wkwkwk

    BalasHapus
  4. sekoolaah nya baguss uy....toooppp;)

    BalasHapus
  5. kayane wis moco critane nangdi ya hihihi.
    Kok foto2ne sithik sih Da. Momen asyik gitu, sayang dilewatkan :D Berarti acara iki rutin tiap tahun ada ya?

    BalasHapus
  6. Bu Gurunya masih nemenin juga ya ?

    BalasHapus
  7. ini para Ayah yg nyontohin gerakannya ? hihi lucu

    BalasHapus