Minggu, 24 Oktober 2010

[Riffat] Overprotective=ngga pede

Yah jujur ku akui, dampak ke over protectivenya diriku masih berdampak sampai sekarang.. tapi sudah jauuuuhh berkurang..

Dulu, aku masih membatasi jajanan apa aja yang boleh dimakan Riffat. Tapiiiii rule aku kan gak mungkin sama doooong sama rule tetangga, rule teman sekolah, termasuk rule eyang pun!!

Riffat big no no buat makan: permen, minuman manis kemasan, ciki2an berMSG. Tapi, seiring makin gedenya dia, gak mungkin juga ngelarang, yang ada malah dia nyolong-nyolong. Dan dampak buruknya lagi, si teman sering mancing-mancing dia, pamerin apa yang dimakannya ke Riffat. Biasanya begini "Riffat aku punya ini lhooo kamu mau nggaaaa??", Riffat jawab "mau dooonnngg". Dan si teman ngibrit lari ke aku "mama Riffat, masak Riffat mau minta permen, kan gak boleh. Ya kan?". Dan sebelum aku jawab, si teman sudah lari ke Riffat dan bilang "tuh kan gak boleh mamamu" dan biasanya berakhir dengan tangisan Riffat :(. Beberapa kali begituuuuuu terus, pernah aku saking jengkelnya ke si bocah, aku bilang "jadi kamu mau kasih atau engga? kalo ngga niat kasih, ya ga usah nawarin, seneng ya bikin Riffat nangis?". Itu bener-bener dalam situasi "hiiiiiiiihhhh pengen nampooool tu bocah" hihihi..

Karena situasi ngga memungkinkan lagi, aku mulai ubah rule, dan memberi pengertian ke Riffat. Oke, Riffat boleh makan permen, minuman kemasan, tapiiiii.. ngga sering, karena itu bukan makanan sehat, mengandung bla bla bla.. Dan kalau mau minta, bilang ke Mama minta uangnya buat beli, dan ngga bohong Riffat bilang beli aqua eh sampe sana beli frutang, Mama ngga akan marah, Riffat boleh kok makan itu, asal Riffat gak bohong. Oke, deal, ngga ada cerita ngumpet-ngumpet dan tangisan Riffat karna digodain temennya. Toh akhirnya, karena kebiasaan dia makan yang plain, ngga tahan juga sama makanan-makanan manis. Bisa diitung dengan jari dia makan permen atau minum kemasan dalam sebulan.

Trus overprotective soal main yang tadinya aku kira bullying. Akibatnya, temen-temennya dikit-dikit ngadu ke aku kalo Riffat lagi 'menurut temannya bertingkah', misalnya: "Mama Riffat, tu Riffat pukul si A tuuuhh". Dulu, biasanya aku tanya kenapa Riffat pukul, dia gak akan memulai kalo gak dimulai dulu, atau seseorang itu membuatnya gak nyaman. Nah biasanya aku juga interogasi temennya kenapa begini kenapa begitu. Dan itu malah membuat aku makin stress kalo Riffat main sama teman-teman dirumah, yang mana rata-rata lebih besar. Akhirnya aku rubah pola, main silakan main, ada masalah ga usah ngadu, selesaikan sendiri masalah kalian. Hehe.. Aku pun harus nyadar dong kalo anakku sudah besar apalagi mainnya dengan anak yang lebih besar, jadi sudah mempunya kapasitas untuk berpikir menyelesaikan masalah.

Nah, sejak aku rubah itu, keadaan makin kondusif, masih ada aduan-aduan tapi sudah jauh berkurang. Dan Riffat pun jadi lebih pede dengan pergaulan teman-temannya. Karena dengan merespon aduannya itu, sama aja aku menjatuhkan martabat anakku sendiri di mata teman-temannya *sigh!! telat nyadarinnya


38 komentar:

  1. kalo aku bikin rule makan msg,mie instant dll yg aneh2 itu hari minggu. kadang inget kadang kelewat. kadang aku ajak makan yg lain dan lupa. trs sambil kasih tau akibatnya. akhirnya dia sendiri yg ga mau ususnya bolong krn makan msg aku kasih liat waktu itu di nova ada anaknya usunya busuk krn makan mie instant tiap hari,diperutnya ada bekas jahitan panjang bgt. jd sejak itu dimakannya dikit doang or dikeroyok rame2 biar cepet abis. krn takut malah taunya dr luar jg mba jd mending aku bikin rule gitu. sekarang udah ga napsu2 amat ama msg.

    BalasHapus
  2. aku sih udah cuek banget , kalo main terserah, ga usah ngadu, harus udah tau resikonya... tp kadang bikin ulah ya tetep aja .. maklum 3 cowok .. hiks..

    BalasHapus
  3. emang ternyata cara itu yg paling amouh yah. Gak dilarang tapi dikasih tau akibatnya. Isya jg sama tuh da, biar demen coklat, kl mkn softcake oreo suka blenger, pas g cobain.... pantesin maniiiiiisy

    BalasHapus
  4. soal jajanan jg aku protect.permen,chiki2an,jus2 kemasan gk pernah aku kenalin.tp skg pas udah skolah,kl dpt gudibeg ultah isinya pasti ada itu.aku gk langsung larang,dikenalin dikit sambil bilang mknan2 itu gk bagus,nanti ususnya / gi2nya sakit kl kbykn.tp emang dasarnya gk pnh mkn pmen,sekalinya dikasi prmen cuma dijilat 2x doang,trus dibuang.ktnya bosen,gk abis2..haha.jus2 kemasan jg gt.gk tll suka krn jarang aku beliin.aan lbh suka diajak ikut peres2 jeruk sambil brantakin dapur..hiks!

    BalasHapus
  5. Siip.. makin gede aturan beda yg penting tetep jelas rulenya ya Da..

    BalasHapus
  6. Bibi, rifat boleh makan bakso pake saos ngejreng nggak ? kikikikikik

    BalasHapus
  7. sesekali yg bermsg gpp mba hehehhehe....
    yg penting kita kasih pengertian ma anak2...sukses yo mba

    BalasHapus
  8. belum telat banget dong... kan Riffat masih 4th, masih ada 9th lagi :)

    BalasHapus
  9. kalo soal manis-manis darrell juga ga terlalu demen kek ager2 gitu dah pasti cuma secuil doang udah gitu kasih ke gw, atw es-es gitu pernah karena sodara2nya pada makan trus dia batuk gw kasih tau karena es2nya lom tentu sehat jadi ga pernah minta lagi.

    BalasHapus
  10. Untungnya anak2 kita pny standar rasa yg lbh sehat ya da. Gw ke naura udh ga terlalu saklek lg soal makanan. Naura suka manis dan gurih, tp kalo kemanisan dia jg ga suka. Kayak gw suka bikin kukis hias yang atasnya gula, gulanya dia singkirin. Amaan :p cuma dia hobi bgt minum nu green tea, wakakakakakakk..

    BalasHapus
  11. ve jg gitu, jajan coklat2 macam choki2, beng2 doyan dia.tp klo minuman kayak frutang dan soda2 dia ngga mau.cm tetep,klo n u green tea ma teh kotak,secara minuman emaknya.hahahaha

    BalasHapus
  12. iya da si iya jg gt, td nya g larang bgt mkn permen.. akhir nya kesini2 g kasih pas wiken lama2 bosen sendiri die..:)) emng ga biasa mkn yg manis2 gt kali ya.. oh jd gt ya da, baiklah akan saya ingat2 klo ada yg ngaduin iya..hihihi

    BalasHapus
  13. horeee...Riffat makin pede dan blend sama temen2nya ya mb Ida
    sebenernya overprotective masalah makanan masih wajar menurutku, karena makanan jaman skrg emang ampun2an dah komposisinya
    tapi setuju sama mb Ida, sekali2 bolehlah, anak kita kan gak bisa steril seterusnya, bagus kenal bbrp makanan gak sehat asal cuma nyoba2 aja gak jadi cemilan tiap hari :)

    BalasHapus
  14. hahaha sama Luuu... kalo yg dikeroyok biar cepet habis. tapi aturan tiap wiken susah Luu secara tetangga makan begituan gak cuma hari minggu eheheh

    BalasHapus
  15. iyah mba.. sekarang gw biarin juga. Seumur Riffat juga udah bisa mikir :_

    BalasHapus
  16. iyaaah.. untung kita udah bener ngebentuk pola makan dari bayi, jadi pas gedenya lebih gampang ngaturnya

    BalasHapus
  17. gpp Nis.. mending gitu diajak terlibat sekalian

    BalasHapus
  18. yoi Teh.. rule boleh berubah disesuaikan kondisi hehehe

    BalasHapus
  19. makan baso boleh tapi ga boleh pakai saos jorok hehehehe

    BalasHapus
  20. kalo itu emg gpp karna mak babenya juga suka jajan diluar hehehe.. yang penting makanan utama rumah ngga berMSG..
    sukses juga Mba Es salam buat NaGa :)

    BalasHapus
  21. iyaa tinggal mengembalikan martabatnya yang hampir jatuh Dy wahaha

    BalasHapus
  22. lucky us yaaa pola makan anak-anak udah dibentuk dari bayi Mu, kalo ager2 Riffat suka bangeett :D

    BalasHapus
  23. ini kerna mboknya demen juga kan? wahahaha

    BalasHapus
  24. anak-anak tu emang akan mencontoh yang selalu dilihatnya. Nah siapa yg dilihat? baba dan emaaaak wkwkwk.. sekarang Riffat juga udah kenal taro, chitato, Ipan pun wahahaha

    BalasHapus
  25. wkwkwk.. Calon cabes.. iya gitu Bu Thia *sama calon cabes kudu sopan*, biarkan si anak menyelesaikan masalahnya. Kita cuma bantu ngawasin dan jadi wasit, bukan jadi hakim hehehe

    BalasHapus
  26. nah iya mba, gimanapun gak bisa steril 100% karena pengaruh lingkungan dan pergaulan. Masih mending di komplek gw jarang ada penjual makanan gak jelas lewat hehee

    BalasHapus
  27. glek..........
    makasih Da share nya
    aku kudu memulai tahap ini

    BalasHapus
  28. podo2 Ka, hehe
    si Kakak adek masih dibatesin makan ya Ka?

    BalasHapus
  29. @Ika, ayo ojo overprotektif meneh. Mosok meh njajan nang warung wae kudu diterke bunda ne wkwkwk

    BalasHapus
  30. xixixi, menyesuaikan diri ya da, ga bisa kita kaku 100%
    anak2 tuh kan pinter, justru mereka perlu belajar menyelesaikan problemnya sendiri, ga mungkin selamanya kita ikut campur, kalo ga, ga mandiri, giliran punya masalah bingung memecahkannya

    BalasHapus
  31. @Mba May, bener mbaa. Dulu mikirinya dgn protect ke R itu biar dia gak takut diapa2in temennya karna ada beking Mama hehehe.. Tapi ternyata yah makin membuat dia gak pede. Stlh aku rubah itu, dia kliatan seneng dikasih kepercayaan dan lebih percaya diri!

    BalasHapus
  32. idih idaaaa.... kalo gue sih gitu tu anak meleng sambit... dia nengok blaga bego (mr. bean mode) wakaka... nyebelin banget sih tu anak. umur brp sih da? biasanya yg iseng gt anak sd yah.... jd anak tk kena bully d....

    o ya, kalo gue dari dulu emang biasain justin kalo ada mslh selesaiin sendiri. kita awasin aja. kalo sampe butuh kita turun tangan baru deh bantuin. namanya anak2... masalahnya mah kagak berat2 juga kan. sesuai umurnya. Tp kalo ud sampe dibully mesti ati2 juga... krn anak kecil kalo nge-bully kadang bisa nyeremin....

    BalasHapus
  33. huhuhuhu pr gue banyak euy..ya anak ya babenya..jadi gue punya 3i *tepok jidat*

    BalasHapus