Minggu, 17 Oktober 2010

Merenung kembali

Minggu ini ada hal yang kembali mengingatkanku pada tujuanku gak kerja, dirumah aja demi anak-anak. Ngga dipungkiri kok, keputusanku ngga kerja *walo status masih cuti* alasannya hanya demi anak-anak, amanah yang diberikan Tuhan yang harus kujaga dengan baik.

Ketika gaji, jabatan, bonus dan fasilitas lain yang diberikan oleh kantor sudah tidak menjadi daya tarik bagiku demi ketenanganku dan suami melihat anak-anak diasuh oleh tangan yang benar dan aman, yaitu Ibunya.

Apalah arti uang, status, jabatan (yaa, kerja juga amanah kan?) dibanding amanah anak? Uang, status, jabatan hilang bisa dicari lagi *dan sangatlah urusan duniawi*, tapi anak?? Jawab sendiri dehh.

Ketika aku dalam keragu-raguan cuti engga, keluar engga *ngga dapet gaji loh ya*, yang bikin mantep ya cuma satu, anak-anakku harus SAVE, rejeki, sudah ada yang atur, ngga akan tertukar! Yakin dehhh.. Gak masalah kan kalo harus menurunkan standar kemampuan beli ini itu. Satu lagi, rejeki gak melulu harus materi kan?


Jabatan? Ngga akan ditanya sama Tuhan jabatan terakhir lu apa! Hehehe..


Maaf kalo ada yang ga berkenan buat yang baca yah. Sekedar mengeluarkan apa yang ada di kepala.



Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

37 komentar:

  1. Mauuuuuuuuuuuuu...akupun mau Da, tapi aku belum mampu..
    Yaah...someday mungkin aku bisa menyusulmu Da.
    Sekarang ya jalanin yg ada aja lah dulu, rejeki memang sdh ada yg atur...

    BalasHapus
  2. trs jadi resign mba?/ sm dgn mba Vie, mau tp blm mampu...huhuuhuhuuh

    BalasHapus
  3. eh ternyata jabatan jadi pelayan toko ol shop malah menghasilkan omzet milyaran ya da ;)

    BalasHapus
  4. pesanku cuma satu mba buat SAHM. kelola tantrum sendiri dan bener2 jd manusia dewasa dan kembalikan ke niat awal,kalo niat awalnya demi anak nantinya bener2 sediakan waktu banyak2 untuk anak nemani main dan bikin PR. dulu mama saya dirumah ga ada asisten. terperangkap rutinitas nyuci,nyetrika,masak,bersihin rumah jd lupa main ama aku. siang kecapekan tidur siang. pulang sekola aku tetep main sendiri. bantu bikin PR jg udah marah2 krn kecapekan jg mungkin. jd tetep aku ngefans ama papaku yg kerja dr pagi ampe sore. tp malam udah siap standby main dan belajar,bikin PR bersamaku tanpa marah2... dan ibu saya yg membuat saya belajar ttg semua itu.. dulu malah dlm hati aku sering bilang mamaku ga kerja aja sih biar ga pusing denger omelannya dirumah.. kalo mama kerja kan aku bisa beli mainan,barbie yg aku pengen,jalan2 ke tempat wisata..

    BalasHapus
  5. @Vivie, nanti juga ada waktunya Viee.. Gw jg udah baca jurnal lu yg curhat tuuuh hehehe
    @Dina, gooo and reach it honey :p
    @Dincul, wahahha becul beculll
    @Lulu, kan kita dah sama2 belajar sama Pak Ge Lu, jd saluran emosi dah aman terkendaliiii hehehe

    BalasHapus
  6. @Lulu, mau sahm atau kerja sama aja kok. Tetep butuh saluran emosi. Kerjaan kantor stressing juga kan? Jadi memang tergantung individu :)

    BalasHapus
  7. sip deh kalo gitu segera laksanakan... dan report2 pengalamannya ya.. kalo masalah rejeki. ikuti teori of maslow aja. kalo kebutuhan dasar terpenuhi sadang pangan papan bisa naik ke tahap selanjutnya. jd kalo suami aja kerja sandang pangan papan tercukupi mba bisa ngambil langkah lbh jauh kayak resign. pikirkan jg kalo terjadi apa2 dgn suami walaupun amit2 jabang bayi. siapkan strategi2nya kayak asuransi jiwa krn jd hanya suami penopang keuangan keluarga. rejeki emang diatur sama Tuhan. tp kita diberi banyak pilihan dan konsekuensi sama Tuhan.

    BalasHapus
  8. salah satu pertimbangan aku untuk resign itu juga.. takut malah gak betah dirumah yang ada tambah marah2... aduh pusiiing

    semangat ya mbak...:)

    BalasHapus
  9. siippp Lu :)
    Bukan soal duit aja sih, karena tidak ada org yang bisa dipercaya untuk jaga anak-anak juga sih :)

    BalasHapus
  10. Iya ada yg kerja kantor tp stress. kalo saya kerja yg saya sukai,semakin bikin stress semakin tertantang. stressnya kalo udah ngubek2 mba google ga ada contekan. alias program pake teknologi jadul. dan kerja ini me time terlama buatku yg kupunya dan me time yg dibayar bukan hrs bayar.. tp kalo dirumah ya itu pusing uangnya ga cukup ga bisa ngikuti inflasi... jd masih berkutat ama teori dasar maslow sandang pangan papan

    BalasHapus
  11. Menurutku sih, selama segala keputusan sudah benar2 direnungkan, insya allah kita sbg org dewasa (insya allah), pasti tau konsekuensinya. Dan yg terpenting: jangan pernah merasa terpaksa. Jangan pernah 'nyalahin' keadaan. Kalo memilih bekerja jgn seolah2 kita 'terpaksa' bekerja, krn kalo gitu tetep aja secara emosi ya ngga bagus.

    Kalo memilih dirumah ya jangan juga merasa 'terpaksa' harus dirumah krn ngga ada pembantu, ngga ada BS, ortu jauh ngga ada yg bisa dititipin, dsb. Sama aja kalo gini mah ya ngga sehat juga.

    BalasHapus
  12. setuju Wi..

    dan alasan yg trakhir lu sebut itu adalah salah satu alasan terbesar gw juga :)
    gak mungkin kan gw ngebiarin anak-anak gak SAVE.

    BalasHapus
  13. again, yg aku tulis just my opinion. Tidak ada yang salah dengan ibu dirumah atau bekerja, asaaaaalll ... nah banyak di belakangnya

    BalasHapus
  14. sy sudah beberapa kali dihadapkan pada piliha untuk berhenti atau tetap bekerja, apalagi klo bukan masalah SAVE nya anak-anak itu. tp kemudian sy jg mengukur diri sy sendiri apakah dg tidak bekerja sy bs menjadi ibu yg lebih baik...wah...sy gak yakin karna sy ini orgnya gak sabaran mb ida takutnya nanti sy hanya marah2 aja sm anak2 karna bosen dan capek. beda klo sy resign trus kerjaan RT dah ada yg handle dan sy bs konsen 100% ke anak2 saja.mungkin karna secara finansial mm kami merasa belum siap dg sy berhenti kerja..kembali lg smua itu adalah pilihan masing2 orang, gak ada yg lebih baik atau lebih benar...semuanya baik dan benar bagi individu yg menjalaninya kok

    BalasHapus
  15. beeeuuuhh...ngambek gue da....
    :)
    apapun itu, kalau bisa tidak bekerja, go for it
    kalau ternyata memang mau tidak mau harus tetap bekerja, go for it too
    berhubung gue ga (belum) sanggup menjadi salah satu dari kedua pilihan itu, gue pilih freelance ajah :)

    BalasHapus
  16. Haduh, susah deh komen pake hape, mana lemot banget :((

    Topik begini pasti seru dan rame Da, walaupun ujung2nya sih sama: Jalani pilihan masing2 karena hidup itu pilihan *seperti kata Iwan Fals, kikikik*.

    Ngerti banget kok Da, dan setuju banget kalo anak2 harus save. Itu juga kok alasan gue ngga kerja lagi. Tapi setelah merenung banyak *halah* akhirnya gue sih sampai pada kesimpulan: Emang gue yang NGGA BUTUH kerja lagi. *maaf ya pake caps lock, maksutnya sih pengen pake bold cuma ngga tau caranya, kikikik*

    Ngga butuh kerja kantoran bukan berarti ngga butuh gajinya ya, kikikik. Duit mah teteeeup maunya banyak. Tapi gue udah ngga menikmati lagi rutinitas itu. Gue ngga sanggup jauh2an sama anak. Gue terlalu sering kangen sama dia. Jadi, gue ngga kerja karena gue butuh selalu sama2 anak gue, sebagai ibu. Sebener2nya ibu, yang selalu ngomel, tapi selalu menyesal (dan minta maaf) sesudahnya. Yang terkadang 'mengeluh' cape dan merasa ngga punya me-time, tapi tetep kalo anak sakit ya rela2 aja begadang jagain anak. Yang tetep rela jadi orang pertama yg bangun pagi dan jadi orang terakhir yang tidur malem. Tapi biar cape, biar rusuh, biarpun kadang ngomel, gue (dan pasti elu juga), tetep aja hepi.

    Jadi kalo gue ditanya kenapa ngga kerja lagi, ya bukan hanya buat anak, tapi sebenernya lebih buat diri gue sendiri. Dan kalo itu alasan banyak temen2 lain juga untuk tetep bekerja, ya ngga salah juga. Itu tadi, pilihan mana yang lebih menyehatkan jiwa, ya itu aja yg dijalani.

    *maap kepanjangan, dan maap kalo ada yang ngga berkenan :D*

    BalasHapus
  17. masih cuti nih brarti mba?salut ma pilihannya ...

    BalasHapus
  18. nah jawaban ini nih yg pas bgt menurutku. kita yg butuh anak dan kepengen ga kerja, kerjaan dikantor yg udah bener2 ga bisa kita nikmati. dan ga bisa berjauhan dgn anak. kalo demi anak, trs nanti anaknya jd kayak aku yg lbh senang ibunya bekerja drpd dirumah, apa ga jabrik2 dan ga terima di-perlakukan sperti itu ama anak, udah dibela2in ga kerja eehh.. malah disuruh kerja.. yg penting pilihan kita dan tanggung konsekuensi-nya

    BalasHapus
  19. ikutan yak...
    ya idealnya siy bekerja dirumah sambil bs ngawasi anak2 dirumah. kapan aku bisa. terkadang karena tuntutan juga si ibu harus bekerja * cerita diri sendiri ni. yah, nikmati aja episode hidup ini...

    BalasHapus
  20. kan saiki omset sudah besar Da... materi dapet, anak2 bisa kepegang ;)
    Yuk ah semangat...

    BalasHapus
  21. duuuh soal ini lagi..sori da, dari lebaran kemaren ada yg yang nyenggol2 gw soal ini, ga dari orang rumah atw sodara bahkan tetangga (baru tadi pagi nyenggol soal beginian..bikin esmosi..

    buat gw..setiap orang punya pilihan masing-masing en pastinya dah sadar konsekuensinya, mbok ya tulung dihargai...bukan semata-mata soal ilm yang ga dipake. Lah...ilmu mah bisa dipake dimana aja kan ga selalu dalam bekerja "kantoran". Untuk kendala emosi dsb pasti ada, tinggal gimana ngatasinnya biar ga jadi mimpi buruk buat anak-anak.

    *jadi nyampah nih da, pas timingnya hehehehe*

    BalasHapus
  22. all tengkyuuuu responnya yaaa.. again, gw tidak akan memperdebatkan soal alasan kalian masing-masing.
    Ada hal yg mentrigger gw untuk nulis hal ini. Gw yakiiiin banget pertimbangan teman-teman pasti matang untuk membuat suatu keputusan. Kebetulan aja nih gw ketemu org yg gak dewasa yg gw tau banget lah kondisinya gmn dan membuat repot semua orang *termasuk gw* karna pilihannya itu hiks hiks..

    thanks semuanya yaaah

    BalasHapus
  23. :) permisi ikut comment ya ?
    Tak temeni, saya baru2 ini ga kerja atas kesadaran diri juga suami yg maunya saya @  saja, jaga anak ;)
    Baru 2 minggu @home, masih betah, alhamdulillaah :)


    BalasHapus
  24. hai mba Dinar..
    insya Allah betah mbaa.. kalo udah mulai uring2an luangkan me time mba hehehe

    BalasHapus
  25. hai mba Dinar..
    insya Allah betah mbaa.. kalo udah mulai uring2an luangkan me time mba hehehe

    BalasHapus
  26. kikikiiii..gw br ngerasain dipandang stlh mata ma tetangga gw krn gw lbh utk resign n ngasuh anak..kl kt pak raden *tul ga yah pak raden yg ngmng?* overdomaah..hahahaa..gw bahagia dgn pilihan ggwww

    BalasHapus
  27. Kerja atau di rumah, adalah pilihan, yg penting semua dijalani dengan enjoy dan tak ada paksaan, insyaAllah berkah dan semua senang :)

    BalasHapus
  28. Baru mikir, Jaman dulu, ibu dirumah tingkat stressnya jelas lebih tinggi drpd ibu bekerja. Dulu kalo udah dirumah ya dirumah aja, dalam arti harfiah. Ngga ketemu temen, ngga ketemu orang, ngga bisa ngobrol atau curcol soal sehari2 sama temen. Paling banter sama tetangga, itu juga ngga bisa tiap saat karena tetangga juga mungkin udah sibuk sendiri.

    Tapi ibu dirumah jaman sekarang mah, saluran emosinya udah banyak. Fesbuk, Multiply, Twitter udah gampang dan murah diakses, bahkan dari depan kompor atau mesin cuci. Kalo kesel sama anak, capek sama kerjaan rumah, bisa 'lari' sebentar, cerita di MP kek, atau nulis status ngga penting di FB kek. Ngga penting dikomentarin, kadang nulis kekeselan sendiri aja udah bisa jadi release dan pelampiasan emosi. Jadi kalo kesel, ngga melulu anak yang dijadiin sasaran.

    Gue liat sih sekarang ibu2 dirumah cukup 'bersaing' kok. Ngga kalah pinter, ngga kalah informasi, ngga kalah gaul. Kalo soal ngomel sama anak, gue mah yakin dimana2 yang namanya ibu pasti pernah ngomel, mau dia kerja atau dirumah aja. Gue juga sering ngomel, kikikik. Tapi ya itu tadi, releasenya banyak. SMS temen, keluar sebentar cari jajanan, buka2 FB atau MP, brosing2 apaan kek, atau nonton DVD juga udah bisa jadi pelampiasan emosi. Kerjaan rumah ya nurutin kemampuan aja, ngga usah semua dikerjain, ngga perlu jadi perfeksionis banget.

    Jadi walau bagaimanapun, beda jaman emang beda juga 'kualitas' generasinya. Nyokap gue juga semenjak pensiun jadi sering uring2an, padahal dulu easy going banget. Gue sih liatnya dia rada 'stres' cuma dirumah aja setelah biasanya dia kerja dan bisa ngobrol sama temen2nya. Walaupun hidup di jaman sekarang, biar gimana nyokap produk jadul juga, jadi mana lah dia ngerti fesbuk atau MP atau internet. Ngajarin SMS-an aja, susaaaaahnya bukan main, hihihi.

    *sori Da, malem2 reply, lagi mikir gara2 kebangun karena begah dan gerah, padahal dikamar AC udah dingin bener*

    BalasHapus
  29. iya terima kasih ya ?

    rasa2nya me time akeh je, masih bisa santai2, kalau anak bobo ya ikut bobo, anak main ya ikut main, sambil disambi2 kerjaan rumtang, mau masak ya anak wedok mesti ngikut.

    oia, membaca masukan barusan tentang waom (working at office mom) dan wahm (working at home mom) yup yup yup setuju, jaman sekarang udah banyak saluran emosi by net :D + saluran hobi nulis2.

    Ah jadi ingat komentar teman di kantor,"Ga sangka Din, elo berakhir menjadi ibu rumah tangga".

    Tak jawab, "Bukan berakhir, melainkan, berlanjut" ;)

    BalasHapus
  30. @Uwi, nah iyaaa Wi emang kuncinya tuh konsekuen dan siap mengambil resiko apapun terhadap keputusannya. nanti lah gw kapan2 ceritain privately knp gw sampe nulis emosi gw disini hehehe

    BalasHapus