Senin, 27 September 2010

Umbul Cokro Klaten

Umbul, in bahasa Jawa, artinya 'Mata Air'. Dan yaaa, libur lebaran yang 2minggu full kemarin untungnyaaaa masih sempat diisi dengan jalan-jalan. Daerah asal suami, di Polanharjo Kab Klaten, dekat dengan mata air (yang kini banyak berkurang sumur-sumur penduduk karena disedot sama pabrik raksasa minuman bermineral AQ*A). Ada 9 umbul di sekitar wilayah daerah suami. Sialnya, kenapa baru sekarang yaaaah aku berinisiatip minta suami muter2in ke umbul-umbul yang tersebar di seputaran kec Tulung, kec. Ponggok dsk yang jaraknya gak sampe 3km deh kayaknya, wong dekeet banget, padahal baguuuuuss dan lumayan, wisata nyegerin mata bermotor ria di tengah2 desa atau di tengah2 sawah yang lebih mirip lapangan rumput :(.

Waktu aku tanya suami kenapa gak pernah ngajak sih? Jawab suami, nah kamu sendiri gak pernah ngajak. Yeeee si Papa, mana eke tau kalo disini banyak objek wisata. Dan ternyata pemerintah daerah sudah mempercantik kawasan Ponggok menjadi kawasan wisata bahari. Selain Umbul Ponggok, kolam mata air yang tampilannya juga udah dipercantik, ada waterboom kecil-kecilan yang dilengkapi dengan saung-saung apung diatas kolam ikan yang bisa dinikmati sambil makan ikan bakar, sambil nungguin anak-anak berenang. Nama tempatnya Banyu Mili. Harga dan tiket masuk? Cencu saja muraaaaah buanggeeettt dibandingin di Jakarta hehehe.. Kesini bawa kluarga besar (eyang, pakde bude, om tante, keponakan) paling apes cuma habis 200rb ajah. Sayangnya tahun ini kami ngga kesana karna kalo lebaran gini puenuuuhh banget.

Wisata lain yang ditawarkan ada kolam budidaya udang, ikan nila, dan ikan-ikan lainnya yang terletak di tengah-tengah desa. Jadi untuk mencapai lokasinya pun sangatlah menyenangkan karna mata dibuai pemandangan hijaunya tanaman dan ada background dua gunung buesaaar, merbabu dan merapi. Ooh indahnyaaa :). Berkah banget deh punya suami orang desa hehehe.

Kemarin aku baru sempat kunjungi 2 umbul atau mata air. Selain Umbul Ponggok, mengunjungi juga Umbul Cokro yang dijadikan 'padusan' atau pemandian. Masih inget banget duluuuu waktu kecil pernah diajak kesini dan berenang di sungai berdasar batu-batu kerikil kali yang airnya superrrr jernih dan superrrr duingiiinn kayak air lelehan es batu! Dan ketika kemarin kesana, sungai masih ada dan air masih bening dan dinginnya pun masih menusuk tulang, bedanya, padusan itu udah digarap apik, lebih bagus. Sekarang ada tambahan kolam buatan yg dilengkapi seluncuran ala waterboom, lumayan 'mewah' untuk waterboom yan terletak di desa, apalagi tiket masuknya cuma 5rb ajah, mewah banget kaan? Hehehe..


Ahh jadi gak sabar pengen mudik lagi and nuntasin cari 7 umbul lainnya. Kapan yaaa??



Ket gambar:
Paling atas: jalan-jalan di tengah desa
Nomer 2: Riffat berenang di kolam Umbul Cokro yang super dupeerrr duingiiiinnn
Nomer 3: Sungai Umbul yang super beniiiinnggg dan superrr duingiiinnn, sungai ini nyambung sama kolam gambar nomer 2, gambar nomer 3 ini diambil dari sini, gak moto sendiri karna sibuk sama krucils hehehe
Nomer 4 atau paling bawah: tambahan kolam yang jadi mengubah nama umbul cokro jadi waterboom, nyomot juga dari sini


6 komentar:

  1. sing Banyu Mili iku kok koyok wis pernah krungu ya...opo pernah mlebu TV? Asyik yo, Da...walo fasilitas tidak selengkap waterboom d jakarta tapi tentu saja menang airnya yg alami. Murah meriah pula.

    BalasHapus
  2. mugnkin Dy, atau engga disono aja yang bernama Banyu Mili hehehe..
    mayan banget lah fasilitas. Dah mirip-mirip waterboom yang ada sungai buatan, nah ini sungai beneran hehehe

    BalasHapus
  3. superman nya lagi asyik berenang...hehe...airnya bening banget

    BalasHapus
  4. melu da...nak mudik nang klaten...mudik kemarin gagal sampai jogya dan sekitarnya...hhwuaaa

    BalasHapus
  5. Yuuuk Rin! Kapan? Aku ae gak sabar Rin, soale akehh ternyata pdhl deket buanget dari mertua hehe

    BalasHapus
  6. wiiih.... fasilitas ngota dengan kesegaran dan harga ndeso.... kata orang padang mah perfecto! tamboh duo! *biasa nambah di resto padang*

    BalasHapus