Senin, 27 September 2010

Lagi-lagi ...

Tadinya ngga mau crita di MP tapi barusan habis baca di kaskus soal Telk*m juga akhirnya pengen cerita juga disini hehehe...

Ini lanjutannya cerita disini, jadi prosedur tutup telepon tetap itu sangatlah ribet sodara-sodara. Pelanggan diwajibkan meninggalkan sejumlah deposit sebesar Rp 99rb, besarannya tergantung pemakaian rata-rata yah, sebagai jaminan untuk pembayaran telpon bulan berjalan dan bisa diambil jika tagihan gak sampai segitu. Waktu itu cabut telepon sekitar tanggal 8 Juni 2010 *kalo gak salah (berarti ada tanggal 1-8Jun pemakaian) dan pihak provider telepon tetap tidak bisa menghitung biaya pemakaian berjalan saat itu. Ini beda banget waktu aku nutup account matrix ke Indosat yang prosesnya cuma makan waktu sejam udah kelar.. lar!! tagihan berjalan bisa diitung saat itu juga. Sedangkan, sejak jam kita cabut telpon itu, telpon rumah langsyung dicabut alias sudah gak bisa dipakai.

Bulan berikutnya, si Papa iseng ngecek ke atm dan ada tagihan telepon sebesar 18rb untuk bulan Juli, karna kecil, dibayarlan tagihan tersebut. Berarti, deposit kami sebesar 99rb itu masih utuh dong ya. SIngkat cerita, di bulan Agustus kami ke Graha Telk*m lagi untuk mengambil deposit. Kebetulan si papa yang ngurus sendiri kesana, dia bawa berkas pencabutan telepon dan bukti lunas deposit. Sampai sana dilayani seorang CS dan yaaa si Papa nunggu hampir sejam disana sementara si CS masuk ke dalam, entah apa yang dilakukannya dan kemudian keluar dengan membawa kuitansi pasar (kuitansi yang bisa dibeli di warung itu loooh) dengan tulisan tangan, ngga print-print-an, besaran jaminan yang dikembalikan adalah sejumlah 18ribu sekian ajah! Jelas si Papa kaget dong, lalu menjelaskan bla-bla-bla dan dilogika, seharusnya deposit masih utuh tapi di berkas ada tagihan sejumlah 80ribu sekian tapi sang CS tidak bisa menjelaskan, dia cuma bilang yaa tagihan masih segini Pak, tanpa bisa menjelaskan tagihan apa itu walaupun si Papa bolak balik ngejelasin kalo dia udah bayar tagihan berjalan.

Si Papa akhirnya balik ke mobil dengan muka merah nahan emosi (aku di mobil nungguin Ipan yang bobo). Di mobil, karna si Papa gak puas dengan jawaban si CS dan ketika aku tanya "kenapa Pa?", si Papa cuma jawab "telk*m setan!!", aku dah yakin pasti gak beres lagi nih sistemnya. Akhirnya Papa telpon 147 dan menanyakan tagihan berapa dan apakah sudah dibayar. CS 147 bilang tagihan 18rb dan sudah dibayar lunas. Si Papa lari lagi ke dalam gedung dan masih berbicara sama si 147, hp dia kasih ke CS gedung dan membiarkan dia rechek dengan si 147 untuk tagihan sebenernya berapa sih?? Dan tapi yaaaa .... bisa ditebak.. si 147 akhirnya ikut-ikutan tagihan masih ada 80rb dan yaaaa.. dia gak bisa jelasin tagihan apa itu.

Singkat cerita, si Papa banting berkas pencabutan dan bilang ke mbak CS "kalian itu memang brengsek ya!! Ngapain saya ambil duit 18rb jauh-jauh kesini, kayak orang miskin aja!!"

Dan akhirnya balik ke mobil, tarik nafas dan lanjutin perjalanan mau berenang sama anak-anak hehehe. Tadinya mikir, wah mayan nih ambil 99rb bisa buat makan siang.. ehhhh taunyaaa malah emosi doang yang didapat.

Masih gak puas, Papa telp 147 lagi dan 147 lagi-lagi gak bisa menjelaskan itu 80rb tagihan dari mana. Dan disitu Papa puaaaasss banget komplen habis-habisan ke provider itu, mengapa sistem kalian yang tidak sinkron, tapi kosumen yang dirugikan??

Untungnyaaa sekarang banyak provider telepon yang bagus dan iklim persaingan memberi efek positif untuk konsumen. Ngga kayak listrik, mati lampu, udah deeeh pasrah :D.

Habis itu curhat sama si Dyah, dia bilang "kudunya elu minta ketemu managernya Da, CSnya kan outsource!" walaaaahhh.. ngga kepikiran sama sekali Dy, mending habis ini engga pakai dia lagi dehhh :D




34 komentar:

  1. emang da...gw uda bete bener ama telkom. dulu gw mutusin tlp ga pk gw tlp n dtg ke ktr nya karn uda males, jd gw diemin aja tuh abonemen berbulan2 ga gw byr lha wong emang ga bisa dipake kluar masuk gara2 salurannya kresek2 uda lama komplen ga diberesin. uda masuk blacklist kali alamat gw, bodo deh

    BalasHapus
  2. Makanya pake cara agung mbot.... Didiemin aja tuh telpon, ga dipake ga dibayar, mati sendiri

    BalasHapus
  3. *ngumpet nang mburi lawang wkwkwk*

    BalasHapus
  4. wahaha iya tau gitu diemin aja ga usah dibayar ya Bern :D

    BalasHapus
  5. hiyaaa Iraaa.. gw tu suka parno-an, ntar malah numpuk tagihan gimana?? padahal mah ni telp juga bukan atas nama gw.. dudulnya dirikuuuh :(

    BalasHapus
  6. Buanyak bener ya perusahaan model begini di Indonesia, kikikik. Sistem mereka ngga sinkron, lah konsumen yang dirugiin.

    BalasHapus
  7. Emang gitu sistem perusahaan2 dibawah naungan pemerintah. BBrp bln lalu aku ada komplen sama org PLN mengenai tagihan kntorku yg melonjak tinggi, trs minta mrk dtg utk cek ke lokasi. Berkas pelaporan dah masuk tuh, sehari 2 hari ga dtg, aku telp trs...ampe batas maksimal 2 minggu jg...alasannya ktnya org lapangan kita trbatas. Gw blg "brp jauhnya sih Gunung Sahari ma Mangga dua, tinggal merem aja sampe, masa org situ ga ada yg bs dikirim ksini???" ampe mangkeeeelll bgt deh tiap mo komplen kesitu. Giliran listrik baru telat sehari ga bayar aja maen langsung segel, gmn ga kesel tuh!!

    BalasHapus
  8. iya bener Mbak, mestinya minta ketemu sm Spv or Duty Mgr nya tuh, tapi emang deh kalo urusan dengan lembaga pemerintahan, apalagi yang gak punya saingan, bikin sakit kepalaaaa...:p

    BalasHapus
  9. spidi gw tutup salah satunya krn gini nih... ribet suribet... tlp rmh jg renc mo ditutup, tp msh perlu .. kalopun tutup jg paling pake cara cuekin ajah

    BalasHapus
  10. brati duitku wingi dinggo tuku lapisan anti pluru Dy? kejamnya dirimuuuuu :'(

    BalasHapus
  11. gak kepikiran sama sekali Win. sekarang mending milih gak berurusan sama mereka deh kalo gak terpaksa

    BalasHapus
  12. gw udah tinggalin itu telkom bego sejak lama Da...
    biar aja bangkrut.. CS2nya gak pd bisa kerja !

    BalasHapus
  13. permisi nyimak ya mba ida... secara ga punya pengalaman sama telkom...

    BalasHapus
  14. Ooo .. ikutan ngos ngosan juga ngebacanya :) ..

    BalasHapus
  15. tulis di surat pembaca mb Ida...beneran deh, kalau gak gitu gak bakalan di follow up
    kebanyakan orang indonesia suka gitu, karena besarnya kerugian dianggap "tidak seberapa", males meminta haknya. kalaupun emang udah mengikhlaskan, ini bisa jadi informasi berharga buat pelanggan lain dan koreksi buat Telkom (eh, ini ngomongin telkom kan?)
    *ikutan gemesss*

    BalasHapus
  16. Makanya pake esia aja. *lempeng* *kabur mindik2*

    BalasHapus
  17. andai gw punya ide kek gitu mbaa :(
    gak kepikiran blas :D

    BalasHapus
  18. da...suer..untuk kasus2 seperti ini, lebih baik lgsg bikin surat cinta, ke koran lebih baik
    karena pegawai2 gitu, kl ada yg komplen suka ga diteruskan

    makanya gue kl mo komplen, pasti bilang gini
    'oke, beri saya no telpon pimpinan anda atau email atau alamat. saya tidak mau berbicara dengan anda. saya mau berbicara langsung dengan pimpinan anda untuk memastikan komplen saya sampai dan ditindaklanjuti'
    *sangar mode on wkwkwk..

    BalasHapus
  19. hooh Teh.. biarin deh bangkrut, tapi kasian Dyah Teh wkwkwk

    BalasHapus
  20. nah tu dia, nilainya gak seberapa tapi kalo 100 orang bernasib sama kek gw berarti 10juta kan :(
    gw nulis disini aja deh mba hehehe

    BalasHapus
  21. iya yah Ni bener juga.. sumpe gak kepikiran blas minta ketemu manager .. tapi laki gw sempet ngancem masukin surat pembaca. tapi egein.. para CS itu mlempem doang.. diem...

    BalasHapus
  22. ya makanya, kl garda depan itu cuma hooh hooh, yg penting customer mingkem, tp soal ditindaklanjuti atau engga dia mah ga ngurusin

    kl usul gue, bikin aja surat keluhan, singkat padat dan telak wkwkwk..

    BalasHapus
  23. iki nang omahku, wes pengen tak tutup karo si papa nggak boleh. giliran kmrn, kudu di telp 4 kali sehari , setelah prosedur 4 minggu ngga ada harapan hanya untuk pindah dari tagihan tetap kembali ke tagihan biasa....*melu misuh-misuh*

    BalasHapus
  24. Rin, wis nengno ae rasah dibayar sampe mati dewe ae hehehe.. Ga usah nang graha telkom marai misuh! Hahaha

    BalasHapus
  25. Bener bangets kudu ketemu DM nya tapi apa bener outsource CS nggak ngerti apa apa emang ?
    Salam buat babe :))

    BalasHapus
  26. Yah kenyataannya begitu Paman. Kok ya gak kepikiran ketemu managernya. Dah ah amal 99rb sama Telkom. Bis tu dadahbabay hehehe

    BalasHapus
  27. Wah, sayang sebenarnya, padahal bisa ancam bawak pengacara kesitu.hi..hi.hi...

    BalasHapus