Rabu, 29 September 2010

Setahun sudah

Ngga terasa, udah setahun aja aku jadi Ibu yang full dirumah aja. Duuuuh pengeeeeeen banget cerita kejadian apa aja selama setahun ini, yang pasti emosi naik turun naik turun dan sekarang lumayan stabil soal ngadepi anak-anak, ngadepi kerjaan rumah tangga.. buanyak deeehh..

Pengen aku list satu-satu disini ahh biar nanti bisa ditulis satu-satu soal perkembangan selama setahun ini:

THE BOYS
*Riffat
Belakangan, aku kayak sudah menemukan hubungan yang paling istimewa buat sulungku ini. Selama setahun ini, buanyaaak yang harus aku recovery, banyak yang harus aku pelajari soal hubunganku sama Riffat. Dari marah, bentak, belai, pukul *hiks*, tapi di endingnya, bahagiaaaaa banget karna udah menemukan carai membuatnya kasmaran sama Mama. Sekarang mah tiap hari sayang-sayangan mulu sama dia, kami berdua saling menghargai satu sama lain. Oh indahnyaaaa... nanti aku ceritain di jurnal yang berbeda yah soal ini hehehe
*Riffan
Berhubung Riffan sejak bayi ditungguin aku, jadi bisa ditebak lah.. dia jarang banget mau sama orang asing, butuh waktu lama untuk beradaptasi. Tapi rasa puas di dada ini karena bener-bener full merawatnya, nyuapin, stimulasi bener-bener aku lakukan sendiri sama suami tentunya, dari dia belum bisa ngapa-ngapain sampe dia bisa jalan sekarang, dari deg-deg-an karna milestone dia bener-bener beda dari kakaknya, jadi berasaaaaa banget perkembangan dari hasil stimulasi sehari-hari. PUASnya ngga tergantikan sama duit berapapun!!


SUAMI
Alhamdulillah lagi, suamiku merasa lebih nyaman bekerja dengan keberadaanku dirumah bersama anak-anak. Anak-anak terjamin sehingga dia ngga kepikiran apa-apa lagi untuk ngantor. Yang pasti makin hari makin cintaaaaa sama istrinya. *wink2


BISNIS
Alhamdulillaaaah banget, bisnisku maju banget dibanding pada saat aku kerja. Tapi sayangnya yah memang karena aku lakukan sendirian, sangat bergantung banget sama asisten rumah tangga dirumah. Kalo ada asisten atau pembantu, bisa full handel karena gak mikir kerjaan rumah, dikerjakan saat Riffat sekolah dan saat Riffan bobo. Tapi ketika tidak ada asisten, yah dipegang semampunya ajah. Begitulah bisnis sampingan, kalau mau full diseriusin, kudu hire seorang admin, yang sampai sekarang aku masih belom berani memutuskan untuk menggaji orang, karena banyak alasan! hehehe. Tapi once more.. alhamdulillah aku masih bisa menghasilkan tanpa meninggalkan anak-anak.


PEMBANTU
Ngga dipungkiri pasti sama Ibu-ibu bekerja, masalah pembantu itu paling bikin puyeng! Pembantu pulang, atau bertingkah, pacaran, sakit, pulang gak balik lagi, hadeeeuuuuuhhhh!! Sumpah! puyeng benerrrr!!
Nah kalo dirumah, bener-bener ngga dipusingkan sama urusan pembantu. Pembantu pulang, ya sana pulang aja!, pembantu ngga balik, sonooooo balik ajah wkwkwk..
Total dalam setahun udah ganti pembantu 3kali. Ada 2 kali 2 bulan tanpa pembantu sama sekali. Terakhir sama si Bibi yang pulang pergi, and masih dipakai sebulan terakhir ini.


ME TIME?
Terkadang memang ada saat-saat dimana kangen banget sama kantor, pengen ketemu temen-temen, me time bareng jalan-jalan ke mal, makan siang bareng. Yah wajar yaa.. dirumah ngurus anak-anak itu hampir ngga ada waktu buat me time! Kalo ngga pinter-pinter bagi waktu, waduuuh bisa stress, padahal me time itu salah satu penyaluran emosi yang memang kudu dikeluarkan. Nah apa aja me time yang selama ini aku lakuin? baca buku, browsing atau blogwalking, ikut milis *yang untungnya ditunjang gadget yang aku miliki*, kadang ke salon saat wiken, kadang ke pasar belanja belanji juga aku jadiin me time, chatting sama temen senasib! Hahaha iyaaaa.. poin terakhir itu penting banget lho.. Kalo lagi bete, senewen liat tumpukan setrikaan, tinggal nowel temen senasib, just hahahihi menertawakan nasib kami yang sama-sama gak ada pembantu dan berbagai kerjaan rumah tangga yang numpuks! Itu salah satu pelepasan emosi juga loh. Thanks to internet judulnya, bisa mempertemukanku dengan teman-teman yang luaarrr biasa hehehe..


Jadi, mau DIRUMAH atau KERJA?
Jujur yaa, setelah merasakan keduanya, aku pengen KERJA, dengan kondisi:

* Ada daycare deket kantor yang oke, ngga pusing cari pengasuh hehe
* Jam kerja dari jam 9-15 aja
* Jarak kantor-rumah maksimal 15 menit saja
* Cuti tahunan 30hari
* Gaji gede

Dimana coba aku nemuin kantor yang begitu? wkwkwk..

Dasar sagitarius, dalam situasi gak enak pun bisa menciptakan suasana jadi enak. Jadi sekarang begini nih.. aku punya kerjaan yang begini:

* Cuti semaunya
* Jam kerja semaunya
* Jarak rumah-kantor 0 kilometer

tapiiiiii
* penghasilan juga semaunya

Tapi plusnya, yang udah aku jabarin diatas tuuuh!!


wkwkwkwk








26 komentar:

  1. waaaaaaa alhamdullilah bgt ya, Da...!

    terus piye? mau diperpanjang cutinya??

    BalasHapus
  2. waahhh...inspiring banget mbaa...aku lagi nimbang2 mo risain apa ngga nih:D

    BalasHapus
  3. hehehee, semua ada konsekensinya ya Mbak...that's life...apapun status kita, di rumah atau bekerja, kita tetap seorang ibu dan istri, jadi ya, yuk kita jalani semua dengan ceria....*padahal pas nulis ini, lg boseennn banget sm kerjaan, wkwkwkw, tp mayan neh ngempi bs ngurangin kebosanan....:)

    BalasHapus
  4. Berarti dah gak punya sumbatan di saluran emosi yo, Da wkwkwk
    Dagangan laku terus ki nang Riffat... opo kadang isih gratisan jg ;)
    PR ku kayane akeh ki, soale raporku kemungkinan abang kabeh hahaha

    BalasHapus
  5. FTM wannabe......
    tapi bener ya... pemikiran suamimu sama kaya suamiku mba, kalo istri di rumah (pas aku cuti misalny) katanya doi berasa lebih tenang kerjanya....

    BalasHapus
  6. kalau aku keenakan jadi ftm, udah cukup 10thn di keriuhan jkt, kalau skrg disuruh kerja lagi juga masih males ...huehehehe...
    masalah kebutuhan keluarga siy, selama bisa berhemat, aku pilih berhemat daripada nambah penghasilan.
    entah ya kalau anak2 udah besar, gak nyari2 emaknya, baru deh mikir lagi gimana caranya produktif lagi :)
    ealah malah beropini tentang diri sendiri, maap ya mb Ida

    BalasHapus
  7. @Mba Uci, lanjut dong mba, masih ada masa cuti setahun. Mungkin lanjut resign :D liat kondisi nanti
    @Winda, setuju Win, semua pilihan ada resiko yang harus siap ditanggung :)
    @Dyah, hahaha insya Allah engga Dy.. Ayem tentrem deh hehe... Dagang slalu berhasil jeh wkwkwk
    @Dizna, amiiin.. Iya Diz emang gitu biasanya para suami. Suamiku bilang kalo duit kurang aku yang cari hehehe alhamdulillah engga kurang, bisa aja hidup dari gaji suami aja :)

    BalasHapus
  8. Eh lupa @Dhe, iyaa dilist aja plus minusnyaa baru deh ambil keputusan :)

    BalasHapus
  9. mba Shant, kantor gw deket rumah mba jadi tidak merasakan kemacetan JKT dan punya boss yang enak pulaaa.. yah kadang memag terbersit pengen kerja kalo kondisi dirumah lagi bete, bosen sama kerjaan rumah.. wajar kan? hehehe. Makanya kalo disuruh milih sekarang aku udah nemuin pilihan yang tepat banget. kerja dari rumah suka-suka tapi konsekuensinya ya penghasilan suka-suka hahaha.
    bebas mba beropini disini hehehe

    BalasHapus
  10. jadinya diperpanjang cutinya ya...
    udah enak di rumah tuh da...
    kaya gue, dah keenakan kerja freelance ogaaah banget kerja kantoran lagi walaupun duitnya juga semaunya wkwkwk...
    aku jg pengen kerja lagi dengan catatan sama seperti dirimu :))

    BalasHapus
  11. Mau sih Da koyo dirimuuuu...tapi gw liat kondisi gw blm settle. Hmmm....I really wanna be FTM someday....
    Semoga deh bisa kaya dirimu...
    Enak yo pnya wktu sangat2 fleksibellll...

    BalasHapus
  12. me time n bisnis masih PR g tuh. Mungkin berhub erat sama urusan pembokat. Semoga pas setaun g jadi emak2 rumahan bisa kelar tuh PR.
    Gimana kalau, dalam rangka merayakan setahun jadi emak2 rumahan, lu bikin tato: emak2 rumahan forever!

    BalasHapus
  13. engga diperpanjang Nia emang gw ambilnya 2tahun :)
    ah elu mah freeance aja gajinya gede semaunya wahaha

    BalasHapus
  14. amiiin Vieee.. Enak ga enak Vie.. kerja menghasilkan duit sih fleksibel tapi kerja rumahan plus momong bocah itu yg gak fleksibel hahaha

    BalasHapus
  15. sama aja Teh.. kerja juga enak kok :)

    BalasHapus
  16. me time itu kudu lu cari Din. Biar emosinya gak tersumbat hehehe..
    Tato Din? yah gak kliatan kaleee.. mau tato dimana coba? jidat? wkwkwk

    BalasHapus
  17. hihi..iya, apalagi kalau sesuai sama list yg mb Ida bikin tuh
    plus anak2 udah pada sekolah yg pulangnya juga jam 3 sore
    emaknya bisa ngantor bareng anak sekolah, menghasilkan duit pula ya :)

    BalasHapus
  18. maksud gue duitnya semaunya, kl pas ada job ya duitnya ada, kl ga ada job ya garing :))
    tapi walopun duit semaunya adanya, gue lebih prefer begini
    ada sih niat kerja kantoran, tapi setiap pas timbang2 ulang, sisi mellow yellow gue selalu menang euy wakakak...jadi tetep milih freelance aje :)

    BalasHapus
  19. manggut manggut
    acung jempol wae kanggo awakmu Da..
    ehh oot,awakmu kancane arina?

    BalasHapus
  20. duh..kepingin juga kayak mba Ida..FTM masih dambaan nih mba

    BalasHapus
  21. Oh, gampang, cari kerjaan di kantor kelurahan aja...he.he.he.

    BalasHapus
  22. @Nia, yah gpp Ni ada ples minesnya pan.. Mana freelance kan gede juga wkwkwk

    @Ika, jempol opo Ka? Jempolmu ra lecet goro2 sepatu kan? Wahahaha

    @Mba Fitri, hyuuk mbaa direncanakan hehehe

    BalasHapus
  23. da, pengn tau cerita s thole riffan deh, anak gw yg kecil beda bgt sama bian..

    BalasHapus
  24. Iraaaa... isi rumah loe lagi dooong, kangen bener ma crita Bian ma adeknya :)
    Sama Ra, Ipan juga beda kok ma kakaknya heheh

    BalasHapus