Senin, 01 Maret 2010

[Survey] TK ABA Tomang

Setelah sebelumnya udah survey TK Bintang Bangsaku, gue mulai hunting lagi TK deket rumah yang kira-kira programnya mirip-mirip ma Bintang Bangsaku. Menurut gue TK BB sudah cukup ideal kalau dilihat dari program dan kegiatan sekolah, tapi, ngga ideal di lokasi dan bangunan sekolah. Biayanya, reasonable dan termasuk murah untuk TK dengan Program yang bagus. Oh ya salah satu yang gue lihat pas hunting sekolah, selain program, kurikulum, bangunan dan lokasi sekolah, gue lihat juga guru-gurunya, apakah masih muda, bagaimana cara dia berkomunikasi dsb. Kalo gurunya tua kan ya kayak nenek ngasuh cucunya hehehe.. Udah males belajar, males update ilmu. Ini menurut gue loh yaaa.. Ngga bisa digeneralisir begitu semua.

Setelah cari info sana sini, dikasi tau sama Mamanya Rafi temen Riffat skul, secara kita berdua sering nungguin skul bareng en ngrumpi bareng, yang ternyata dia juga kecewa sama PG yang sekarang, ada 2 TK yang cukup recommended, TK Adzkia dan TK ABA Tomang. TK pertama yang dikunjungi adalah TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA).
Ini reviewnya yaa...

Gedung
TK ABA punya gedung sekolah yang bentuknya benar-benar "sekolah". Jadi bukan rumah yang difungsikan sebagai sekolah. Halaman cukup luas, mainannya terbuat dari plastik, bukan besi yang dipakai kebanyakan TK. Menurut gw lebih safety si plastik. Kalo anak-anak kejedot kan gak keras banget gitu loh. Ruang kelas luas, lantai keramik berkarpet dan meja kursi kecil, ada berbagai macam alat peraga di dalamnya. Keliatan nyaman banget deh! Habis tu nyisir ke belakang, ada playgroud untuk PG, trus eh eh.. Ternyata ada kolam renang! Walopun mini, sekitar 2x6 meter, tapi cukup lah bikin anak-anak seneng main air. Kalo kata Kepseknya berenangnya gantian cewe cowo. Saat ini gedung lagi ditambahin bangunan baru di lantai 2, untuk aula, pembangunan baru 50%. Kemungkinan bulan Juli rampung.
Cucok deh kalo sama bangunannya.

Program
TK ABA menggunakan konsep sentra. Ada sentra alam, sentra kesenian, sentra agama, dan sentra lainnya hehe gak apal. Setiap sentra ada gurunya masing-masing. Tiap kelas ada 1 orang wali kelas. Jadi bisa disimpulkan setiap masuk ke sentra ada 2 guru. Ruangan sentra nya pun berbeda-beda. Jadi si anak ngga tiap hari belajar di ruangan yang sama yang tujuannya biar si anak gak bosen. Pelajaran calistung sih tetep ada. Pengenalan angka, huruf, 2huruf terbuka, tapi tetep dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain. Outbond cuma sekali setahun, atau 2kali ya.. Lupa :p! 1 kelas ada 15orang anak dengan 1 wali kelas. Tahun ini menerima 2 kelas TK A. Guru-gurunya rata-rata masih muda. Kepsek juga masih muda dan kelihatan mengerti konsep-konsep pendidikan anak TK. Yang bikin gue seneng juga nih, ngga ada PR at all!! Menurut Kepsek, anak TK ngga boleh dibebani PR sama sekali! Wasteful! Saringan masuk kesini sih patokan awal umur aja, dan dilihat anaknya apakah normal (dalam arti tidak ada kelainan apa-apa) atau tidak. Basically TK ini TK Islam, jadi sehari-hari pasti diajarkan doa-doa, surat-surat pendek.
Hmmmm kayaknya kesini aja dehh!

LOKASI
Tepatnya ada di Jalan Gelong Baru Tomang.. Kalo dari rumah memang ada acara nyebrang jalan besar. Bisa ditempuh sekitar 10-15menit dari rumah. Misal pakai ojek pun ngga terlalu riskan lalu lintasnya, bisa lewat jalan kampung.
Terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk, jalan depannya ngga rame! Sekitarnya juga ada sekolah Muhammadiyah dari SD mpe SMP.
Jadi secara lokasi menang ABA daripada BB.

Biaya
Ibu Kepsek belum bisa kasih biaya untuk tahun ini berapa. Cuma sebagai gambaran aja tahun lalu biaya masuk 4.5juta, SPP 350rb. Yah siap-siap aja tahun ini 5juta, SPP paling gak jauh dari itu. Moga-moga tetep. Hehehe..

Oh ya, si TK ABA ini untuk PAUDnya dijadikan percontohan PAUD se Jakarta Barat. Satu poin plus lagi kan, setidaknya kalo PAUDnya aja dilihat, PG, TK nya pun pasti diprogram dengan baik, lebih keren lagi kan kalo ntar TKnya pun jadi percontohan? Hehehe..

Untuk sementara, pilihan gue untuk skul Riffat TK nanti disini, TK ABA.

Moga bisa dijadiin referensi buat yang lagi nyari skul yaa. Trutama yang di daerah Slipi-Tomang dsk.

28 komentar:

  1. ASiiikk bentar lagi Riffat sekolah ya..

    BalasHapus
  2. Keren banget TK ABA nya. Kan ABA di mana2 ada ya. Tapi biasanya ya bangunannya gitu2 aja. Kek di Plamongan jg ada, Da. Jadi bangunannya yo make bangunan rumah gitu.
    Klo baca2 reviewmu, aku jg lebih prefer ke ABA ini deh daripada BB. Mana lebih deket pula.

    BalasHapus
  3. Teh Icho
    Riffat udah sekolah Teh.. Di Kelompok Bermain. Nah tahun ini masuk TK

    Dyah
    Nang Njangli deket rumah nyokap bagus juga Dy, ada mesjidnya

    BalasHapus
  4. oke tuh Bibi nampaknya, coba siapkan sehari datang pas jam pelajaran sedang diadakan :))

    BalasHapus
  5. Kliatannya cucok ya Da. Semoga Riffat seneng juga sekolah disini. Oke Oleeee, ayoooo sekolah!

    BalasHapus
  6. Hmhh.. Oke nih buat pengalaman besok2. Ttg bergbagai faktor pertimbangan buat skul. Thanks mba Da..

    BalasHapus
  7. untuk daerah jkt, uang masuk dan sppnya masih masuk akal ya :)

    BalasHapus
  8. Vivie,
    Gak bawa kamera hehehe
    Paman Eddy,
    Kemarin pas survey juga pas jam pelajaran. Gak sampe nyimak gmn gurunya ngajar sih. Cuma melihat anak2 disana belajar cukup tenang :)
    Uwie,
    Iya gue prefer ini Wi daripada 
    Julia
    Bookmark ya Jul! Hihihihi
    Mba Shanty
    Hooh. Masuk akal banget mba :-) Semarang aja juga udah mahal. Jogja gimana mba?

    BalasHapus
  9. Kemarin azwa juga udah survey" and ternyata ribet juga yee cari TK yang bermutu.Barengan dong riffat masuknya bareng azwa tahun ini ;)

    BalasHapus
  10. untuk TK Islam yg gak full day (7:30-10:00), tahun ini rata-rata biaya masuknya 2.5-3jt, SPPnya 225rb-300rb mbak
    Bram baru tahun depan kok masuk TK-nya, ya paling gak jauh2 bedanya

    BalasHapus
  11. Mba Shanty,
    Hmmm gak beda jauh yaa ma Jkt
    Mia
    Emberr Mi :p musti jelii. Iya bareng yaa ma Azwa.

    BalasHapus
  12. overall review sepertinya asik neh Mbak, dari mulai program, metode pengajaran, lokasi, biaya, gedung sekolah (sayangnya yang ini gak kefoto ya), hehehe....sip deh semoga lancar persiapan Riffat masuk TK yaa..

    BalasHapus
  13. di deket rumah jg ada TK ABA IV...ex TK gw...tp gedung sama fasilitas nya ga sebagus TK ABA Tomang deh kuk nya....

    BalasHapus
  14. gue jg baru bayar utk faqih.. tapi ngikut skul tk kakaknya dulu di tkit permata bunda.. masuk 4.760 perbulan 320.000 (termasuk pomg) beti lah ya da.. smuga anaknya cucoook

    BalasHapus
  15. dah mulai tk aja nih Riffat
    semoga menikmati hari2 sekolahnya ya:)

    BalasHapus
  16. Winda,
    Hehehe gue gak kepikiran bawa kamera Win :-)
    Anna,
    Hooh deket tempat nyokap di smg juga ada bagus juga bangunan baru ada mesjidnya :-)
    Irma,
    Beti ya Ir.. Emang rata2 segitu, yg mahalan juga banyak deng! Hehehe
    Fe,
    Hooh gak berasa yaa.. Prasaan baru kemaren crita2 dia bisa ngomong, eh sekarang udah sekolah ajaa hehehe

    BalasHapus
  17. rumah gw posisinya di muara karang, jauh nggak yaa...ke tk aba, rencana gw mau pindahin sekolah jagoan gw.

    BalasHapus
  18. waaah jaung dong mbaa.. Bangeeet :D

    BalasHapus
  19. mbak, bole tny ga? rada2 baru niy di jakbar.. rmhku di tj duren.. lg nyari tk jg.. tk aba ini tepatnya dmn yag? kl bintang bangsaku?... tks yag

    BalasHapus
  20. Halo mba salam kenal, aku bundanya maila anakku baru 2 tahun, kebetulan lagi search digoogle tentang kolam renang anak eh ketemu lamannya mba, pas bgt aku lagi survey2 paud, tk untuk anakku rumah ku dikota bambu...begitu dapet info dari mba aku langsung kesana loh agak nyasar2 dikit akhirnya bisa nyape juga ke tk ABA ini bagus tempatnya representatif bgt tapi sayang pas kesana kebetulan hari minggu jadi nga bisa masuk. Thanks bgt ya mba for infonya, ngomon2 anaknya jadi masuk tahun ini ketknya yach?

    BalasHapus
  21. Hai Bunda Maila, waaah tetanggaan dong kita :). Iyah jadi mba Riffat sekolah disitu dan so far dia seneng banget. ABA hari Sabtu buka kok mba coba aja kesana and survey :)

    BalasHapus
  22. Mba Ida, salam kenal. Thank you sharingnya. Wah saya tertarik banget apalagi lokasi ga gitu jauh dari rumah. Terimaksih banyak sharingnya, Mba Ida:)

    BalasHapus
  23. Mba Ida, salam kenal. Mba, kalau TK ADZKIA lokasinya di jalan apa, Mba? Terimakasih sebelumnya. Sharing yg bermanfaat karena saya lagi hunting playgroup buat anak.

    BalasHapus
  24. Halo mba Yudith, TK ADZKIA di komplek rumah dinas Bank Mandiri Jl S Parman mba. Mba Yudith tinggal dimana?
    So far sih puas sama TK ABA hehehe

    BalasHapus
  25. di daerah Cideng Timur, Mba Ida. Kalau TK ABA du Gelong, saya pikir cukup aman untuk ngojek lewat jalan kampong. Sore ini mau meluncur survey lokasi dan Sabtu,mau survey beneran ke ABA. Terimakasih banyak atas infonya Mba Ida:)

    BalasHapus
  26. Oiya lewat kolong tomang tuh. Sabtu aku ke skolah terima raport. Ketemuan yuks :)
    Sms aku ajah ya PM no hp yah.

    BalasHapus
  27. Nice posting Bu, sangat informatif dan memberi pencerahan secara detail, kebetulan saya baru pindah kerja di jakarta dan sedang cari sekolah TK yang berbau~bau aliran biru :-) (Muhammadiyah), btw saringan masuk untuk masuk di TK ini min umur berapa ya, ibu ada ada no tlp TK tersebut?
    terima kasih

    BalasHapus