Selasa, 09 Maret 2010

Papa bebas rokok

Terharuuuuuuu!!! Seneeeeeeeeeeennnnngggg bangeeett!!

Akhirnya saat ini tiba juga!

Udah 5 hari ini Papa bebas rokok!!! Kalo wiken dirumah emang udah sejak menikah ngga ngrokok. Tapi kalo ke kantor masih tetep ngrokok!

Nah hari Minggu malam, aku sentil lagi soal rokok, "Pa besok ngga ngrokok ya?" Papa jawab "ya" *lempengggg. Setengah gak percaya "serius lu Pa?", Papa jawab "iyaaaa" *tetep lempeng.. "Oke, Papa janji yaaa!!"... "iyaaaa" jawab si Papa dengan muka lempeng juga no expression hehe.

Seninnya, eh benerr ngga ngrokok! Sebagai istrinya, udah apal si Papa ngrokok banyak atau engga di kantor. Kalo ngrokok, kliatan bibirnya menghitam. Kalo rokoknya banyak, tambah menghitam lagi. Jelek bangets deh!!

Selasa, ditanya lagi masih free rokok! Sepertinya si Papa serius nih mau berhenti rokok setelah tiap hari Mama ngomel-ngomel minta berhenti ngrokok *ngga tiap hari deng! Si Papa ini orangnya paling ngga mau didorong-dorong, dipaksa paksa, musti pelan pelaan ngebujukin. Permintaan untuk berhenti merokok udah dari sejak menikah. Dulu jaman pacaran bisa dengan santainya si Papa ngebul di depanku, tapi pelan-pelan aku kasitau kalo hidungku alergi bau rokok! Langsung sesak kalo bau asap rokok, ngga bisa nafas. Yah waktu itu solusinya cuma dia gak bakal merokok di depan aku. Trus waktu menikah, janjinya akan ngurangi aja. Okee pelan-pelan Pa, walaupun aku tahu kalau mau berhenti rokok ya komit harus berhenti saat itu juga tanpa dikurangi tanpa toleransi apapun, menurut tips dari mantan smokers. Mandeg ya mandeg! Beneran sih rokoknya berkurang. Duluuu jaman sekolah katanya sempat 2 bungkus sehari. Sejak menikah paling banyak 6 sehari. Udah punya anak jadi maksimal 4 sehari itupun di kantor, dirumah NOWAY! Aku ngga mau anakku melihat tabiat buruk Bapaknya yang merokok. Jadi kalo Riffat ditanya Papa merokok engga? Jawabnya pasti engga! Hehehe...

Trus trus... janjinya lagi, kalo anak kedua lahir harus STOP rokok. Nyatanyaaa... susah ya booo secara sudah addict. Diantara waktu-waktu tersebut, aku seriiiinnng banget kirimin email, forward in email dari milis soal pengalaman-pengalaman keluarga member milis yang sakit jantung lah, paru-paru lah, karena ROKOK. Belakangan aku makin gencar support Papa untuk berhenti. "Pa, Mama minta Papa berhenti tu bukan buat keluarga aja, tapi buat Papa juga.. demi melihat Papa sehat, demi biar Papa bisa lebih lama bersama-sama kami, aku ngga mau lihat Papa nanti tua sakit-sakitan, siapa juga yang ngurus? Aku kan? Ih males banget ngurusin orang sakit karena bandel!" Hehehe...
Si Papa cuma dieeeem aja kalo diajak ngomong soal rokok. Pasti matanya merem cuma jawab "he'eh" dan "i'll try". Hmmmm..
Tapi memang ya untuk mensupport si Papa yang tipenya gak mau disuruh-suruh, didorong-dorong, akunya musti super sabar, bahasa komunikasi harus diatur *halah! Pokoknya dibuat seolah-olah aku bukan istri yang bawel ngga ngertiin orang yang udah addicted dengan rokok, padahal mah dalam ati juga pengeeen teriak PA, NGGA ADA GUNANYA ROKOK ITU! BIKIN SENGSARA DOANG!!!.

Kok ya, momennya pas banget si Papa berhenti ngrokok. Sehari setelah dia memutuskan berhenti, ada fatwa MUHAMMADIYAH kalo rokok haram! Jadi, pas kan! Walaupun masih pro kontra, tapi secara pribadi aku setuju rokok haram. Karena memang ngga ada keuntungan yang didapat dari ROKOK, racun aja yang didapat, cuma MUI ngga bisa memutuskan, memfatwakan, mungkin karena banyak pabrik rokok dimana banyak orang yang menggantungkan hidup dari sana ya. Ah entahlah..

Yang pasti, aku bangga karena keinginan berhenti merokok benar-benar timbul dari kesadaran suamiku. Benar-benar dari dirinya sendiri! Im so proud of you Pa!!

Mama, Riffat, Ipan love u full!!

Mmmmuuuaaaahhh Papa!!!


*foto: Papa with duo tholes yang mau dimandiin Papa hehehe... oooppps ada yang disensor yaaa :D







35 komentar:

  1. selamat ya... paru-paru anak2 jadi sehat dan selamat.

    BalasHapus
  2. tepok-tepok tangaaannn........

    ndisik aku kasih ultimatum da....
    nek jek ngrokok aku ga gelem meteng
    wkwkkwkkw

    BalasHapus
  3. ALhamdulillah.. wah papanya kudu dapat reward nih .
    Bener da, utk merubah kebiasaan jgn pake teknik paksa, tp pelan2 aja... mudah2an papa nya anak2 komit yaa... makin sehat jiwa raga.. beneran deh

    BalasHapus
  4. Hore hore... jikrak jikrak...
    Alhamdulillah.. akhirnya papa bisa bebas rokok...

    BalasHapus
  5. tengkyu Lu..
    yang jelas paru-paru Papanya Lu :-)

    BalasHapus
  6. horeeee, hehehe, selamat ya papa Riffat n Ipan.
    Kalo aku sejak mau target menikah sama siapa dan kapan, cari calon suaminya yang memang tidak merokok, hahahaa

    BalasHapus
  7. pernah berpikir begitu Ka cuma aku wedi deke mutung. Dia paling gak bisa dipaksa Ka :-)

    BalasHapus
  8. heeh mba..
    emang sih nafsu makan jadi tambah besar cuma gapapalah penyesuaian dulu habis tu harus rajin olahraga en menu sehat :-)

    BalasHapus
  9. alhamdulillah Ekaaa :-)
    jingkrak jingkrak juga gue :p

    BalasHapus
  10. Enak WIn bisa memilih..
    cuma si Papa memang dipilihkan Allah buat gue hehehe
    yaa terima segala resikonya deh :D

    BalasHapus
  11. Duluuuu, pengen banget punya suami yg gak ngerokok. Eh, ternyata dapatnya yg ngerokok. Masih jadi PR gw nih...padahal dari dulu udah rajin kirim2 artikel ttg bahaya perokok pasif. Huhuhu...suami gw jg bukan tipe yg seneng dipaksa. Ntar malah ngambek.

    BalasHapus
  12. syukurlah da... demi kesehatan bersama
    salut sabar bener ngehadapinnya, kl gue ga sabar kali
    *makanya salah satu syarat jd suami itu ga ngerokok he3..

    BalasHapus
  13. babe gw niiihhh.... kesel gue...

    BalasHapus
  14. ikut seneng tante...
    ayahna izan kapaaan yaaa?

    BalasHapus
  15. Dyah, keep support Ayah yaa.. Lama2 batu yang ditetesi air pun bakal bolong kok hehe :-)
    Nia
    Dia orang paling sabar ngadepin gue yang gampang putus asa Ni, masak gue gak sabar sama dia.. Yang penting bukan masalah yang prinsip.
    Ian
    Babenya si Papa juga udah brenti gara2 sakit. Alhamdulillah deh
    Izan
    Ayo Izan semangatin ayah buat berhenti yaaa
    :-)

    BalasHapus
  16. Selamat ya Buat Papa 2 R , smoga Bapa & Ibu seno juga segera menyusul hehehe

    BalasHapus
  17. ini bukan gara2 Muhammadiyah mengumumkan fatwa haram untuk kegiatan merokok kan mbak ? hebatttt....*tepok tangan*

    BalasHapus
  18. Yang pasti, aku bangga karena keinginan berhenti merokok benar-benar timbul dari kesadaran suamiku. Benar-benar dari dirinya sendiri! I'm so proud of you Pa!!
    =================================================

    sepakat mbak Ida, motivasi dari dalam emang yg paling manjur. lha buktinya pas puasa bisa kan tuh gak ngerokok ya. atau pas tugas ke luar negeri bbrp minggu yg rokok mahal, jg bisa stop rokok.

    BalasHapus
  19. Idaa.. g kapaann?:(( si ayah mah tipe keras gt, biar g ngomong pelan2 jg kadang die cemberut! hiks..

    BalasHapus
  20. aaaaah si papah jagoaaaaan. Si kribo mah nih di rumah doang kuatnya, bgitu nemu lawan, temen nongkrong, udah dah, kesyeeeeel

    BalasHapus
  21. hwuaa....gue belum berhasil juga da...klo depan ak ma ve dah jarang banget....tapi klo dah ngerjain kerjaan...kudu sambilannya rokok...padahal di keluarga dia or di keluargaku ngga ada yang ngerokok...selamet yo da...

    BalasHapus
  22. HEBATTT deh mamanya !!!
    salutt untuk papanya si thole!!!

    BalasHapus
  23. insya Allah engga mba Shant, kan diatas gue bilang kalo dia berhendti sehari sebelum ada pengumuman dari Muhammadiyah hehehe

    BalasHapus
  24. nah betul mba.. berkali-kali gue juga bilang gitu ke suami. dirumah bisa free kenapa di kantor engga. Ternyata emang godaannya lebih besar di kantor karna banyak temannya yang ngrokok

    BalasHapus
  25. Thi, gue sempet kepikiran tuh mau bawa si Papa ke dokter jantung di RS Jantung HK. Biar dapet ceramah langsung dari yang ahli gituh hehe..

    BalasHapus
  26. Diiinn emaang Din godaan terbesar yang ituuu.. kalo dirumah kan ada polisinya.. kalo diluar? hihihi

    BalasHapus
  27. baru bacaaaaaaaa... salute buat papa..
    thole junior lucuu euy pke di sensor sgala =))

    BalasHapus
  28. mekokok....menyebabkan kehamilan.....hueeeeeee....

    BalasHapus
  29. iyaaaa hihihi bisa kena pornoaksi kalo gak disensor :D

    BalasHapus