Jumat, 22 Januari 2010

Riffat dan Sikat Gigi

Sejak Riffat punya gigi yang numbuh sejak umur 11bulan, hehe lama yaa, gue emang membiasakan dia sikat gigi terutama sebelum tidur. Jaman awal-awal mah ngga nolak, belum bisa nolak hehe.. Lama-lama seiring dengan perkembangan emosinya dia mulai males sikat gigi. Cuma, gue ngga mau 'kalah' sama dia, sikat gigi is a must! Dengan cara apapun, walopun kalo udah gak sabar ya dipaksa :( daripada keterusan nurutin kemauannya, trus nangisnya pas gigi udah bolong, malah lebih ribet kan?
Ini trik-trik ngajak dia sikat gigi yang tentunya tanpa paksaan :).. Kali aja bisa diterapin sama yang lain, tetep yaa disesuaikan dengan kondisi si anak dan kebiasaan yang berlaku di keluarga hehehe..
1. Ganti sikat gigi pakai sikat gigi lucu
2. Bawa si Riffat milih sikat dan odol sendiri ke SPM, odol dipakai kalau udah bisa kumur yah, sekitar umur 2tahunan udah bisa kumur.
3. Nyediain di kamar mandi atau wastafel bermacam-macam odol dan sikat gigi, biarin dia milih sendiri
4. Ajak sikat gigi bareng-bareng, terkadang gue nyikatin Riffat en bareng-bareng dia sikatin emaknya.. Ini so fun!banget!!
5. Ini trik yang lumayan bisa bertahan lama dipakai sampai basi! Gak mempan lagi sekarang.. Hehe. Pura-puranya si Papa atau Mama mau habisin odolnya. Jadi kalimatnya gini nih Mama bilang ke Papa pas Riffat ga mau sikat gigi, "yaudah Pa Riffat gak mau sikat gigi odol stroberinya dihabisin Papa aja deh", nah Papanya dengan muka riang gembira lari ke kamar mandi sambil bilang "asiiiikkk odol stroberinya dihabisin aaaaaaahhhh". Nah biasanya dia ikutan ngibrit ke KM takut odolnya dihabisin hehe. Trik ini bisa dimodifikasi, terkadang gantian si Papa yang ngomporin mama buat habisin.
6. Brubung trik nomer 1 s/d 5 udah gak mempan, gue puter otak lagi trik apa yang bisa dipakai. Karena si Riffat itu anak kritis dan gue juga gak mau pakai trik "nakut2in dan gak logis", misal "nanti dimarahi Pak Polisi lhooo kalau gak sikat gigi" hehe apa hubungannya coba?? Jadi mendingan dikasih tau faktanya aja. Gue suruh Riffat buka mulut, trus bilang "tuh liat di giginya udah ada kuman bawa cangkul mau bolongin gigi Riffat".. Dia pun kaget dan mauuu sukarela sikat gigi. Nah.. Cangkul udah gak mempan, cangkulnya diganti traktor, "tuh liat si kuman udah gak bawa cangkul lagi tapi bawa traktor" hahaha. Traktor gak mempan ganti pisau, obeng de el el! Hehe. Belakangan kalau dia udah sikat gigi tapi maknya belum, dia yang ingetin gue "mama coba buka mulut, tuh..tuh liat kuman udah bawa traktor hiiiyyyyyy" sambil pasang muka jijik. Hehehe..
7. Kalo udah hopeleeeessss banget trik apapun gak mempan, pake ngancem "yaudah kalo Riffat mau giginya bolong dan sakit kayak Mbak Nuri *sori Nur* gak usah sikat gigi aja", sambil ambilin baju tidur dan sok cuek. Biasanya akhirnya luluh juga..

Terkadang setelah sikat gigi, Riffat minta mam lagi, perjanjiannya, boleh asal habis makan sikat gigi lagi. Biasanya mempan kalo engga keburu ngantuk. Terkadang gue ama bapaknya males ngulang sikat gigi lagi buat kedua. Ketiga dst.. Yup.. Kadang udah sikat gigi lagi dia buka kulkas makan another cemilan lain.. Nah sesi pengulangan ini kadang dia sendiri yang ingetin.. Ma aku udah sikat gigi belum? Mau sambil ngantuk2 yang dijabanin :D.
Nah tonight si Riffat ogah sikat gigi sebelum tidur, kayaknya dia udah ngantuk berat dan dari sore rewel habis pukul2an rebutan mainan sama Satria anak tetangga *dasar anak laki-laki*, yasudah buat malam ini gue kasih ijin gak sikat gigi daripada heboh nangis sementara ada mertua lagi dirumah.

Nah.. Yuk share juga dong, trik2 sikat gigi ala Emak-emak or Bapak-bapak, Paman-paman dan Bibi-bibi yang udah baca ini?

Ditunggu yah.. Udah kehabisan ide niiihhh..

9 komentar:

  1. KUMAN jd senjata andalanku.. dan biasanya aya jiper tu krn langsung dihubungin cerita ke gigi sepupu2nya yg pada gripis.. Hiyyyy..

    BalasHapus
  2. hihihi anak2 msh angot2an sikaty giginya.. susyehh ... tp kalo awal nya ngajarin sih, ngajarin nyembur dulu, pake air matang, trus stlh lancar pake sikat gigi tanpa odol, ajarin cara nyengir sambil gigi diapit .. sambil gosok gigi, aku nyanyi atau cerita , jd mereka seneng

    BalasHapus
  3. Gw apa ya? Untungnya aji masi nurut2 aja disuruh sikat gigi ga pake dikomporin kecuali ngantuk berat *maap ga bantu*

    BalasHapus
  4. hampir semua gue kerjain da, tp emang dasar bakat gigi anak2 gue gampang keropos x ya :(

    BalasHapus
  5. fayyaz punya buku cerita ttg anak kuda nil yang malas sikat gigi n akhirnya giginya bolong. Diceritakan kesakitan karna giginya bolong. Nah itu yg jadi andalan biar fayyaz rajin gosok gigi.Ya walo kadang suka gak mempan juga sih :-D

    BalasHapus
  6. kalo aku seringnya bilang ayo de sikat gigi, peraturan.. dia tau peraturan adalah suatu hal yg dia harus turuti. kadang dia bikin peraturan. ayo mami ga bole tidur ini peraturan.. kalo liat aku mapan sebentar.. atau ada iklan yg anak sikat gigi ama ayahnya keluar monster hula2. lumayan mempan lah sebentar.. tp dia binun kenapa tuh anak ga takut ama monsternya malah tetap sikat gigi. ya aku bilang ya emang gapapa ada monster ga usah takut tetap aja sikat gigi spy ga bolong giginya.. tp emang kata peraturan itu kalo aku udah menunjukkan wajah tak ada kompromi lg. jd akhirnya nurut. krn kalo ga nurut ya aku tinggal tidur dan lsg nurut baru aku jelasin kenapa mesti sikat gigi spy giginya ga bolong dan ga sakit gigi, sakit gigi rasa sakitnya kayak dede waktu kejepit pintu jd dia kebayang rasa sakit yg aakn dialami. krn deven ngefans berat ama aku ya "your wish is my command" deh kalo aku udah ngomong.. jd ujung2nya nurut.. gitu mba kalo aku.

    BalasHapus
  7. sampe sekarang andelan gw kalo ga sikat gigi atw cuci tangan ya cacing atw cici caca versi tipi hihihihi....

    BalasHapus
  8. All thanks masukannya smua yaa.. Maminya Deven, idenya boljug tuh nerapin mana peraturan mana yang bukan. Thanks yaaa

    BalasHapus
  9. izan sejak iva mulai makan 6m dan gue sikatin gigi iva baru dia mau sikat gigi tapiiiiiii bukan pake sikat gigi da, dia maunya pake kain kasa alasannya kaya iva juga duh...tapi masih mending lah secara selama 6bulan gue gagal sikat gigi dia itu karies depan mulai muncul euy...
    jadi sekarang gue lagi berpikir bagaimana caranya izan mau sikat gigi pake sikat gigi bukan kain kasa...

    BalasHapus