Selasa, 11 November 2008

Sharing aja soal susah makan

Suka  bertanya-tanya apa yang salah pada Ibu-Ibu di Indonesia, yang suka menyerahkan masalah anak balitanya yang susah makan pada dokter.. Mungkin kalo aku ngga ketemu komunitas yang 'benar' juga akan begini jadinya hehehe.

----------------------------------------------

Kasus 1
Anak tetangga sebelah umur 1tahun.
Udah seminggu susah makan, ngga masuk makanan sama sekali. Maunya cuma susu, susu dan susu. Jadilah susu sekotak 400gr habis dalam sehari. Sekotaknya harga RP 80.000. Aku langsung itung-itungan dunk seminggu 7 hari brati habis RP 560.000. Kali 4 aja deh buat sebulannya. Pemborosan bangett kaaann.. hiks hikss..
Jadi riwayatnya. Si anak ini dari lahir sampe 3 bulan sih dapet ASI full. Saat-saat Ibunya mau kerja lagi udah mulai dicampur formula. Tapi aselliiiii sebenernya Ibunya produksi ASInya melimpahhh.. Tapi lebih percaya sama suforr. Jadilah sekitar umur 6 bulan udah ngga ngASI samsek. Pengen ngasitau siyyy cumaaaa ngga enak secara dia udah punya 2 anak takut dibilang iiihh lo tau apa anak baru 1 iniii.
Pernah negor waktu anaknya dikasih dot Ibunya langsung deh pasang muka ngga enak gitu. Sejak saat itulah aku cuek aja sama apa yang dilakuin ke anaknya. Toh bukan anak gue ini hahahaha..
Mulai MPASI yah masih pakai cara jadul dan praktis tapi ngga sehat, MPASI instant!!. Dan umur 8bulan mulai bubur tim tapi ya gitu deehh masih pakai cara lama nasi sayur, telur, ayam dicampur diublek ublek jadi satu. Cara penyajian itu berlangsung sampai sekarang. Dan bisa ditebak hasilnyaa.. Si anak bosen sama makan dan bener-bener GTM. Berulang kali aku kasih saran ke si mbak asisten yang suka nyuap mulai dipisah2 sayurnya sampe dikasih kuah maemnya ngga mempan. Alesannya takut dimarahi Ibunya. Iya sih...
Akhirnya somday pas lagi ngobrol-ngobrol sama ibunya, ibunya cerita soal susah makan si anak. Dan berniat akan ke dokter. Aku cuma senyum-senyum ajah.. Paling cerita aja kalo pas Thole susah makan makanan aku campur makanan kesukaannya. Mau nasi campur buah cuek ajah..
Nah masalahnya si anak juga ngga suka buah!! Wadudududuuuhhh..

Kasus 2
Lagi cerita-cerita sama temen soal dsa. Dan dia crita sebel banget sama dr. E seorang dsa. Katanya ni dsa sok keminter banget jadi pas konsul berasa dia ibu yang paling bego. Nah aku tanya dong, "emang tanya apaan?". Katanya saat itu dia konsul karena anaknya yang susah makan. Nah pada saat konsul si anak sambil megang biskuit. Maka terjadilah percakapan berikut

dsa   : ada keluhan apa bu?
temen: ini dok anak saya ngga mau makan
dsa   : (sambil melotot ke arah biskuit yang dipegang anaknya) lha itu mau makan!
temen: iya tapi dikit dok.. ngga mau makan nasi
dsa   : emang makan harus nasi?? di luar negeri sana ngga makan nasi juga ngga papa. Makan roti, jagung dsb. Susunya sehari berapa botol?
temen: Wah banyak dok.. berapa botol yah.. banyak deh
dsa   : Nah itu orang tua yang salah.. harusnya dibatasi susunya. Sehari 2 botol aja cukup. Pagi sama malam sebelum tidur
temen: Nah tapi anaknya ngga mau dibatasi dok.. ngamuk kalo ngga dituruti.

Sang dsa masih menyalah-nyalahkan si temen.. yang bikin si temen ilfill abess sama si dsa.


Aku cuma bisa bilang [dengan berusaha hati-hati biar si temen gak tersinggung] bahwa sebenernya apa yang diomongkan dokternya bener.. Harusnya emang susunya bisa dibatasi. Tapi si temen masih berkelit.. Iya saya tau saya juga banyak baca di ayahbunda, di nakita, bisa dialihkan dsb.. tapi prakteknya kan susahh.. Itu kan teori tuh.. Kenapa ngga kasih solusinya apa bukannya kasih teori macem-macem. [hmm yang gini nih yang bikin dokter jadi gak rasional.. karena si pasien juga mintanya yang instan. Dalam ati juga, trus solusi apa yang kamu harapkan dari seorang dokter dalam mengatasi anaknya yang susah makan?? Maunya si anak dikasih obat dan jrengg sim salabim anak jadi lahap makan??]

Duh bingung juga sih gimana kasih penjelasannya lagi ke temen. Akhirnya ya balik lagi kasih tips pas Ole susah makan.. kalo ngemil mau.. ya bikin aja cemilan-cemilan high callorie.
Si temen udah ngerti juga soal ini.. tapi bagi dia.. anak belum makan nasi mah ngga afdhol!!

----------------------------

Fiuhh.. ikut prihatin juga dengan hal-hal kayak gini. Si thole dari bayi susaaaahhh banget makan. Sampe stress banget deh dulu. Tapi ngga sampai jadi ngga rasional yang sampai beli makanan instan ato vitamin-vitamin penambah nafsu makan, walo suami berkali-kali tergoda untuk beli. GTM Thole ngga parah-parah banget. Ngga sampai berhari-hari deh. Walopun masuknya juga dikit-dikit. Tapi terhitung sejak umur 19bulan, bisa dibilang thole udah say goodbye sama yang namanya susah makan. Sekarang si thole gampang banget makannya. Apaaaaa ajaaaa masuk. Mau dimasakin apa aja adalah menu spesial buat dia. Kadang geli juga kalok pulang kantor lihat perutnya yang guedee banget kek mau meletus. Pas dibilang "wihh perutnya gede bangeeetttt!!, isinya apa tuh??" Si ole bakal jawab sesuai menunya hari itu.. "isinya nasi, sama ikan, sama terong" hahahaha..

Bagi tips aja nih.. bukan berarti aku paling bener sendiri yah.. I know that every child is unique. Tapi at least tips berdasarkan teori ini ini berhasil aku praktekkan pada anakku sendiri.

1. Makan dipisah-pisah, jadi makan pakai piring yang bersekat-sekat, pisahkan nasi, sayur dan lauknya di masing masing sekat. Tujuannya biar si anak mengenal rasa.
2. No salt en sugar. Ini juga udah pada tau kenapa.. Yang jelas penggunaan garam akan memperberat kerja ginjal, gula memperbesar resiko diabetes. Selain itu dengan rasa tawar akan lebih mengenalkan berbagai macam rasa asli dari makanan
3. Sebisa mungkin kenalkan semua jenis sayur, buah, dan sumber makanan sehat lainnya sebelum 1tahun. Soalnya pengalaman.. umur 1 tahun tuh anak udah bisa menunjukkan emosinya soal suka dan ngga sukanya dia akan suatu hal. Dulu sebelum thole 1 tahun belum musim mangga, begitu udah diatas 1 tahun baru musim mangga dan pas dikenalin, menolak dengan sukses. Walaupun akhirnya sekarang dia doyan mangga juga, tapi tetep aja, mendingan mengenalkan sedini mungkin supaya asupan vitaminnya lebih lengkap!! hehehe.
4. Konsisten. Jangan tergoda sama makanan instant. Jangan tergoda dengan gula dan garam. Karena percayalah.. lidah bayi itu polos kalo ngga dikenalin sama gula dan garam juga ngga bakal kenal dia hehe.. Jadi jangan mengkambing hitamkan gula dan garam sebagai alasan anak ngga mau makan makanan home made.

Keknya itu aja dari emaknya thole hehe.. kali pemirsa semua bisa menambahkan hehehe..

Nah.. nih ada primbon soal cara-cara MPASI yang highly recommended deh untuk dipraktekkan. Ini dulu juga dapet dari member milis yang dengan senang hati mengirimkan via email pada saat aku frustasi dengan susah makannya thole jaman bayi dulu.
Diambil dari file-file di www.sehatgroup.web.id






Attachment: MPASI.pdf

39 komentar:

  1. iya da, aku jg termasuk yg gemes2 geregetan sama ibu2 yang kadung salah persepsi ttg penanganan GTM.. yang makannya diganti makanan cair pe***sure lah, yang susunya dibanyakin lah, yg ambil jalan pintas kasih instan lah..
    untungnya jaman naura gtm aku dpt banyak masukan ttg ini.. jdnya ya lempeng aja saat naura GTM.. ga mau nasi + sayur + lauk dlm bentuk lengkap kaya table food? bikinin ajah kroket nasi, ada parutan wortelnya, ada kejunya, susunya, telornya..
    cuma mau makan nasi thok seharian? besokannya kasih aja buah yang banyak..
    satu lagi yang bikin aku kalem, ngitung asupan kalori itu ngga perlu harian, krn bisa aja anak tuh dari hari kehari maunya beda.. hari ini mau nasi thok, besok mau buah thok, besoknya lagi cuma nggadoin lauk thok.. tinggal itung aja total asupan dalam seminggu, ternyata ya komplit jg kok..
    enak, ga mumet.. hehehehehe

    BalasHapus
  2. halah..
    gue mah juga gak pernah ngitungin kalori.. bisa sutris kalo misal sehari kalori gak cukup..
    yang penting liat kondisi anak gak lemes mau makan wis cukup hehehe

    BalasHapus
  3. heheheh gw jg gak setelaten itu ampe ngitung berapa kalorinya
    yg penting dlm seminggu itu ada masuk karbo, vitamin-mineral, protein dll.. jumlahnya berapa wis ra urus! hihihihi

    BalasHapus
  4. Itu ada lho pelanggan toko susu adan, sebulan beli susu sampe 10 kaleng, yang platinum pula, pdh gue aja sbg penjual bilang "buuuu, merk yg murah2 aja buuu", kata dia "abis anaknya cuman suka susu ini doang, nasi gak mau, buah gak mau, susu aja". Laaah pdh emaknya aja aygn gak kreatif bin males

    BalasHapus
  5. Terus berjuang kasih pencerahan jangan nyerah ya hehehehe....
    Aku punya 2 anak, beda pola makan sejak bayi hasilnya juga sekarang baru terlihat nyata. It's not only a theory, it's a TRUTH!!

    BalasHapus
  6. *benci iklan pediasure*

    gw kalo anak lagi GTM, cuekin aja...
    tar laper2 sendiri ...hihihi

    BalasHapus
  7. tu dia mba dew.. susah ngebilangin kalo teori itu benar!!

    BalasHapus
  8. yoi Kir..

    *benci juga sama iklan pediasure

    BalasHapus
  9. Di kantor temen2 tuh pada saingan pake susu yg bermerek buat anaknya. Yg harganya rata 150rban/kaleng. Pusing deh klo ngitung duitnya, hehehehe...Penting ga sih susu bermerek?

    BalasHapus
  10. ya jelas engga dunk mba vie..
    susu mahal karna biaya iklannya yang mahal.. semua dibebankan di konsumen..
    susu mah mau murah mau mahal sama aja..
    intinya minum susu itu untuk kecukupan kalsium.. udah itu ajah
    ngga minum susu juga ngga papa kok.. kan masih banyak sumber kalsium dari makanan lain

    BalasHapus
  11. Salam kenal...
    Aku dulu juga termasuk yg panik karena anak nggak mau makan dari hari pertama MPASI. Hasil browsing membawaku jadi member SEHAT. Semua teori yg ada di milis aku praktekin dan Alhamdulillah beberapa hari menjelang umurnya 1 thn anakku mau makan, dan sampai sekarang umurnya 2thn 9 bln belom pernah mogok makan

    BalasHapus
  12. skrg mah si marty malah ga mau brenti makan ya vin? hihihihihihihi

    BalasHapus
  13. tull bgt tuh...zian termasuk yg irit makan nasi...tp gw ga pernah maksa dia makan nasi banyak2...tkt nya malah bosen...jd kasih sereal bwt sarapan...ato ga makan malem pk kentang...
    anak GTM emang gmn mak nya aja..kalo males ya di cekokin susu doang...hehehe...

    BalasHapus
  14. salam kenal :)

    ternyata pada benci iklan pediasure ya, sama dong kek Haura, klo ada iklan itu dia langsung bilang, "Haura gak suka, matiin", ditanya kenapa gak suka, jawabnya, "soalnya dia (bintang iklan.red) gak mau makan siiih" hihihi

    BalasHapus
  15. Iyak mbak, kadang gemes kalo liat ortu yg www.instant.com alias nggak mao susah or suka sok sibuk karena kerja. Kebetulan aku gagal kaseh asix ke karell jadi aku jor2in di makanan pokoknya nggak boleh instant apapun yg terjadi kecuali kepepet kayak misalnya ke luar kota, itu juga biasanya aku bela2in masak dulu buat karell sebelum brkt. walopun kebetulan susternya karell lagi mudik kayak lebaran kemaren, aku bela2in deh yukkk mareee saring menyaring...hihihihihi.... hhhmm.... sukur deh, walopun nggak asix, tapi badannya karell kenceng, nggak loyo, udah gitu juga nggak gampang sakit kayak bat pil gituh... sering seh dia bosen sama makanannya di lepeh, tapi yaaa... akunya yg giat2 browsing cari menu laen di internet (thx God for the technology...hihihihi...), apalagi karell tuw banyak alergi nya, ya namanya juga udah punya anak, ya harus kreatip hehehehe....

    BalasHapus
  16. anakku sejak bayi memang g bisa makanan instant begitu aku kasih pasti langsung mencret....dan itu berlaku hingga sekarang setelah berumur 6 tahun dan 5 tahun...anakku g bisa makan yang namanya ber msg (chiki dan lain 2x g akan laku dirumahku...benerannnnn...) mie instan, sosis.....aku sih pernah beli nyoba supaya anakku juga pernah ngerasain, tapi anakku bilang, "Mi...nggak enak....." al hasil aku seneng aja.....mungkin karena g biasa jadi kalau lidahnya ngerasa aneh...dia pasti g mau.....temenku bilang itu sih namanya menyusahkan......???!!!!!!

    BalasHapus
  17. hwaaa... banyak jg yak..
    gue baru tau pengeluaran utk sufor bisa sampe segitu sebulannya..

    Pdhal kali dibeliin buah, sayur (bhkn yg organik), daging & ayam (bhkn dgg yg plg empuk & ayamnya ayam kampung), & kalo dikhususin utk anaknya doang, bisa jd jatah makan bbrp bln kali ya.. Dan itu dgn jenis menu yg bisa buanyaak banget dgn gizi yg lengkap..

    BalasHapus
  18. emang bener ya Mba, MPASI itu ga boleh main2 dan harus serius soalnya efeknya bisa jangka panjang bgt. Beruntunglah buat para ibu yg doyan baca dan share kaya gini jadi ilmunya terus nambah... :)

    nice story..

    BalasHapus
  19. salam kenal...

    susu formula?
    gak penting samsek...hihihi
    abisnya susu palsu sih...bayangin aja dari aslinya susu sapi cair, sampe jadi bubuk aja udah pasti rusak tuh, udah bukan susu lagi...
    udah abis zat2 gizi pentingnya...makanya trus ditambah lagi zat yg harusnya ada, plus zat2 tambahan yg aneh2 itu dan malah memicu alergi =P. katanya dibahas kok ini sama dr OZ yg di oprah itu...

    gue sih susu UHT aja dah...

    BalasHapus
  20. hiks, andai anin makannya segampang ole, ....

    walau semua teori dan saran udah dipraktekan, tapi wis gawan bayi anin susah makan :(
    ada saran untuk mengatasi masalah makan anak yg terlahir SGA/KMK?

    BalasHapus
  21. aku nambahin link mama aja ya tante... http://smartnwise.wordpress.com

    yuk ole, kita makan lagi...

    BalasHapus
  22. salam kenal juga..
    woww sukses juga kan manut teori hehehh

    BalasHapus
  23. halo mba Nana hehehe kita baru kenal yak kekekekk..
    hihih Haura lucuuu...

    BalasHapus
  24. wah jadi ngebayangin karell sekarang kayak apa..
    soalna dulu pas ketemu dia masih bayiii hihih

    BalasHapus
  25. waks menyusahkan??? pernyataan yang aneh!!!
    Kalo buat aku justru melegakan hahaahaha..

    BalasHapus
  26. tu dia.. 2 juta habis buat susu dowang..
    kalo gue sih 2 juta udah bisa buat beli susu, belanja sayur, ikan, dll sebulan hehehehe..
    prihatin yak..

    BalasHapus
  27. yoii... UHT aja deh..
    murmer dan sehat!!
    gue sebulan buat susu cuma 150ribu.. itu udah sama emaknya yang minum

    BalasHapus
  28. jangan gentar bun..
    sayangnya aku gak tau soal SGA hiks.. hikss...

    BalasHapus
  29. makasih ya Mai..

    yuk makan lagi!! hehehe

    BalasHapus
  30. ya itu jadi tugas elo ngasih pencerahan ke tetangga or dsa, anggep aja jadi salah satu ladang amal heheheheheh

    BalasHapus
  31. ke tetangga sih oke, ke dsa??? si ole aja ga pernah ke dsa kok hiihihih

    BalasHapus
  32. ada tetangga ku ya mba yg tiap hari klo si mbak nyuapin nawra dia ikut nyicipin dan abis itu bilang gw tega ngasih makanan gak ada rasanya ke anak...palagi pas naw gi males makan dia bilang itu karna gw kasi makanan tawar kek gitu..tp gw cuekkk buebek lah...wong anak..anak gw. tp skrg walo tanpa gargul pengolahannya mesti istimewa karna naw dah mulai selektif.

    BalasHapus
  33. hiks.....korban susu kayanya banyak deh di deket-deket gw,
    soalnya selain masih beranggapan gendut itu lucu, iya sih...tapi kalo obes malah kasian anaknya yah...
    Darrell mah badannya segitu-gitu aja, kalo lagi banyak makan gw seneng, kalo gi dikit yo wis laah.....tapi nyemilnya jalan teruss.....hihihihi

    BalasHapus
  34. Huhuhu....
    Saya mah dah puassss banget deh dengan yang namanya GTM. Kinan (16 bulan) dah berbulan2 GTM, bener2 ogah makan. Apalagi sekarang, tiap diajak "makan yuk..." jawabnya "ga mau...". Hiks...faseh banget pula jawabnya...

    Bingung mo ngakalin pake apa lagi...

    BalasHapus
  35. sama, mbak.
    Sampe2, kemaren malah aq yg dikatain ama temen,"ntar bakalan nyesel karna gak ngasih Fayyaz susu".
    Wuaks, sempet bete banget. Tapi setelah adem, malah jadi mikir kok mereka kasian ya. Sebegitunya mendewakan susu. Anak gak mau makan cuek, tapi k'lo gak mau minum susu bingungnya minta ampun.

    BalasHapus
  36. GTM sungguh momok yg mengerikan buat banyak ibu2, sampe irasional deh reaksinya. Untuuuung g mah pemales, kikikikik....males ngeributin, males nyari2 vit, apalagi ke dokter buat minta obat, males bayarnya euy! ;p

    BalasHapus