Senin, 15 September 2008

Impetigo

Yak!! Si Ole kena impetigo!!

Awalnya hari Jumat, aku cuti karna si mbak sakit. Di pipi sebelah kiri deket telinga, ada melentung merah muda kek habis digigit nyamuk. Kirain cuma gigitan nyamuk aja. Trus digaruk, pecah trus berlanjut jadi koreng yang lumayan besar (diameter 2cm) dalam waktu 2 hari saja. Dasar gubluk maknya ini, bener-bener ngga ngeh ini penyakit apa. Mikirnya waktu itu.. besok pasti sembuh.. besok pasti sembuh.

Senin pagi, muncul di sekitarnya terpisah 2 biji bintik-bintik kecil isinya air. Waduh baru ngeh.. ini keknya gak sembarangan nih. Trus langsung kepikiran!! Impetigo nih keknya.
Si Papa langsung ngajak ke dokter. Hmmm aku udah lumayan panik juga.. paniknya karna parno si bintik-bintik itu akan jadi koreng juga yang bikin bopeng muka putih mulus siole. Ya udah deh akhirnya si Papa berangkat kantor dulu baru trus bilang nanti akan ijin buat nganterin Ole ke dokter. Sementara aku juga berangkat dulu ke kantor. Nyampai kantor, langsung buka web sehat en mayo caritahu soal impetigo. Yak bener, impetigo nih kalo dilihat ciri-cirinya. Dan treatmentnya ya pakai salep AB. Trus ngebuzz Mba Ria karna Nat dan Ntan pernah kena impetigo. Kata Ria kalau ringan gak harus pakai salep AB.

Cuma karna si Papa ternyata udah sampai depan kantor buat sama-sama bawa Ole ke dokter akhirnya ya sudah lah ke dokter buat mastiin kalo itu bener impetigo. Dari kantor ke rumah cuma 5 menit. Trus disambut teriakan bahagia siole mama papanya pulang bareng jam 9 pagi. Hihihihi. Setelah gantiin baju siole, segera ke RS HK yang jaraknya cuma selemparan batu sama rumah hehehe.. langsung daftar untuk ketemu dokter kulit.

Si Ole excited diajak ke dokter, karna dia emang jarang ke dokter, jadi hayuk aja diajak ke dokter. DIkiranya mau jalan-jalan wehehehe.
Sampai sana jam 9.30 pagi. Sebelumnya udah telpon dan katanya dokter sudah buka dan datang sejak 08.30. Ternyataaa.. saat kita nyampai sana dokternya belum praktek :(. Si Ole dapet urutan nomer 10. Untung pas ngantri ada cewek cantik umur 4 tahunan dan mau main bareng sama Ole. Jai Olenya gak bosen.

Akhirnya jam 11.00 dipanggillah nama Riffat. Dan terjadilah percakapan ini

Dokter: (langsung tu de poin.. cuma ngeliat borok Ole sekilas) Jadi Bu.. anak ibu ini kena cacar api, atau cacar monyet

Aku: oohh impetigo ya dok??

Dokter: Iya impetigo. Jadi penyakit ini nular sekali bu, seprei harus bersih, jangan campur sama anak lain, handuk sekali pakai aja, mainan dicuci semua. oke bu?? Lalu karena ini penyebabnya bakteri, maka harus pakai AB.

Aku: Ooh harus AB ya dok?? Salep aja kan dok?? Kan punya RIffat keknya masih ringan

Dokter: Iya Bu, nanti kalo gak ada perkembangan ya terpaksa harus AB oral. Bu, kita sepakat ya kalo itu impetigo ringan. sepakat ya Bu?? (berkali-kali ngulang kata ini di percakapan)

Aku: (sepakat gimana maksut lo dok, lah ini termasuk ringan atau berat??) Yang dimaksud gak ada perkembangan itu batasnya gimana? Berapa hari? atau kalau gimana?

Dokter: Ya kalau nanti makin banyak keluar bercak dan boroknya makin membesar. Jadi nanti saya kasih obat kompres. Dipakai setelah mandi, habis kompres baru dioles salepnya.

Aku: Kompresnya caranya gimana dok??

Dokter: Nanti diajari susternya ya Bu.
(
trus tiba-tiba nyolot) Ibu ini banyak tanya saya jadi kepending mau tanya-tanya ibu

Aku: Loh, saya pasien pengen tau masalah sakit anak saya masak gak boleh tanya

Dokter: Iya pada dasarnya saya seneng ada pasien yang tanya dan akan saya jawab karna pada dasarnya saya adalah dokter yang senang menjelaskan. Karena saya lihat ibu reject sekali sama AB. Ini kan bukan anak saya saya asumsinya Ibu nanti merawatnya dengan benar makanya saya gak langsung kasih AB oral.

Aku: Justru karena bukan anak dokter, Riffat anak saya makanya saya tanya-tanya dok!! (dah emosi nih.. sambil nahan biar gak meledak)

Aku: Ya udah dokter mau tanya apa?

Dokter: Ada alergi antibiotik gak??

Aku: Ngga dok, ngga tau wong belum pernah makan AB

Dokter: (mukanya terlihat kaget) wah hebat dong ngga pernah sakit ya?

Aku: Ya jarang dok

Dokter: Jarang berarti pernah kan?

Aku: Ya paling batpil dok dan home treatment aja udah cukup kan dok? ngga perlu AB

Dokter: Nah ini tahun 2006 ada resep cefspan (sambil lihat medical record Riffat)

Aku: Itu dulu dok masih 2 bulan.. demamnya udah turun ya gak saya kasih dok (mau bilang "oooiii itu lihat dunk umurnya baru 2 bulan dikasih cefat!!!.."  nanti ribut lagi)

Dokter: Ibu, anaknya ada riwayat alergi apa? asma? bersin-bersin pada saat bangun pagi atau alergi lainnya?

Aku: Ngga ada dok. Ngga ada alergi.

Dokter: Oh ya sudah kalo ibu bilang begitu, ngga apa-apa. Coba dicari lagi, soalnya saya lihat dari kulit anak ibu ada bakat alergi tapi kalo ibu bilang gitu ya gak apa-apa. Anak alergi itu rentan terhadap penyakit. Alerginya karena menurun dari orang tuanya bleh..bleh.. bleh...

Aku: (dah males mendebat deh diagnosanya gak masuk akal.. kayak paranormal aja ngeliat kulit RIffat yang putih bersih dibilang alergian!! )

Akhirnya si dokter nulisin resep dan menjelaskan satu-satu. 1 resep obat kompres--racikan dan 1 resep salep--racikan juga. Dan 1 resep racikan AB dan CTM (kalo salepnya ngga mempan --- katanya kalo minum AB jadi ada pertahanan dari dalam.. padahal kalo aku baca di web sehat, oral dan salep sama efektifnya). Setelah nulis resep, aku make sure lagi soal salep.

Aku: Dok ini salepnya isinya apa?

Dokter: Isinya cuma mupirocin kok cuma 1 macam saja

Aku: (padahal tadi ngomongnya racikan) ooh 1 macam ya dok?

Setelah itu keluar ruangan trus diajari susternya cara kompres. Dan ternyata ngajari kompres itu bayar sodara-sodaraaahh... DIcharge ganti perban 44ribu!!

Keluar dengan ati yang super dongkol.. si Papa juga udah marah-marah.. Di dalam dia diem aja karna takut ngga terkontrol emosinya. Lalu lanjut ke apotik dulu buat nanyain resepnya apa-apa aja. Dan ternyata mas apotik bilang.. semua resepnya racikan!!!! Jadilah gak ditebus!!

Sampai rumah, telpon Mba Ria lagi, Mba Ria nyaranin coba pakai salep antiseptik dulu aja dan nyaranin sms tante dokter ajah. Akhirnya sms ke tante dokter, dan jawabannya sama kek Ria.. coba pakai salep antiseptik dulu en korengnya dikompress air hangat atau cairan antiseptik. Hhhh... lega sudah... Sempet telpon bundanya si eneng tanya waktu si eneng kena dulu gimana. Thanks ya Bun.. Thanks ya Mba Ria.. Thanks ya Tante dokter

Pagi ini setelah 2 kali pengompresan, impetigo Riffat udah mendingan. Semoga ngga muncul lagi. Peringatan nih supaya lebih menjaga kebersihan terutama tangan. Soale si Ole akhir-akhir ini suka main tanah dan habis tu lupa ngga bersihin pakai sabun.

Ahh jangan ditiru yah sodara-sodarah tindakanku yang dah gak RUM ini.. padahal sebenernya si Ole belum perlu ke dokter. Jadinya begini nih..Susah amat yaaa cari dokter yang bener..

Lain kali bakal ati-ati en bakal tanya-tanya dulu deh.. ngga langsung tembak ke dokter

31 komentar:

  1. umur segituan sampe SD kan jamannya korengan

    dulu aku inget kok pas SD sempet korengan

    tapi pas kelas 5 udah gak suka korengan lagi

    BalasHapus
  2. Iye-iye...Jaman dulu seumur thole, ak juga korengan mulu, ampe rambut digundul segala karena ada koreng di kepala...btw, TFS ya mom

    BalasHapus
  3. ya ya.. sowalnya dulu aku kalo korengan gara-gara jatuh lecet.. belum pernah keknya kena impetigo hehehe..

    thanks ya tan udah mau digangguin kemarin

    BalasHapus
  4. udah mulai dandan soalnyaa.. *kaburrr aaah..*

    BalasHapus
  5. aiih.. ini mah emak babe nya tolee pengen jalan2...

    BalasHapus
  6. waaaatttttt????
    aturan bisa buat beli korma brp kilo tuh Le....

    BalasHapus
  7. hmmm buru-buru gak??

    *kabur ke tanah abang dolooo :p

    BalasHapus
  8. yang pasti kalo buat bikin kolak ubi se RT kebagian :p

    *tanah abang macet

    BalasHapus
  9. idiiih...ida korengaaaaaaaaaaan :p

    BalasHapus
  10. si ole!! baca intronya dunk.. :p

    BalasHapus
  11. thanks buat info nya
    Lega Riffat sudah sembuhan

    BalasHapus
  12. ohhh cacar api = impetigo toh, dan msh blm perlu macem2 kalo blom parah ..
    bebrp bln lalu temanku anaknya kena cacar api, dan whuiii obatnya banyak pisan euy ....
    TFS ya, jd aku ngerti bila ada yg kena kaya gnian

    BalasHapus
  13. ooo.. impetigo ki cacar api = korengan to? serem amat judule...

    tapi kamu harusnya nggak nyolot ama dokter laah... dokter pan pake sekolah lha kita baca milis doang .... huahahaha dokter langganan Da? kok ra ngerti med-rec bocahe?

    BalasHapus
  14. oh, impetigo tuh kek gitu ya...hi..hi.., rodo kuper soal sakit penyakit sih :-).. Mugo2, fayyazku gak kena sakit sing macem2 ah. Wong batpil wae yo jarang...Alhamdulillah

    BalasHapus
  15. hihihi.....pasien yang galak.....

    * TFS ya .... dika dulu gak pernah kena impetigo......

    BalasHapus
  16. Korengan tuh kek gimana ya ?
    Belum pernah korengan (mulusssss) najoong deh ah

    BalasHapus
  17. kirain ke dukun beneran taunya emang dukun lulusan FK ya mba ;))
    mba ida terlihat lebih smart daripada bu dukunnya. hihihihi...

    tfs mba

    BalasHapus
  18. gak nyolot dep.. cuma tanya doang.. namanya aja belum pernah ngalami samsek.. wajar dunk kalo tanya-tanya hehehe
    bukan dokter langganan.. pan dokter kulit.. dan gak punya dokter langganan huahahahaha

    BalasHapus
  19. kek gitu dibilang galak ya?? hihihih.. padahal keknya biasa aja.. kek ngajak ngobrol aja.. itu aja udah sambil meredam emosi hehehe

    BalasHapus
  20. say masuk ke www.sehatgroup.web.id trus search impetigo.. disono ada tuh gambar-gambarnya..
    hehehe

    BalasHapus
  21. sssttt blh usul yaaa
    takut menyinggung profesi nih

    jangan tulis dukun yaaaa

    to be honest aku dan dr wati waktu itu aja gak suka yang mbak heny posting about dukun juga di milis, ya takutnya dibaca sama orang orang yang gak berkenan

    maaf yaaaa

    BalasHapus
  22. tanpa mengurangi rasa hormat saya pada profesi dokter.. maafkan daku ya dok..
    karna kesel aja bukannya alergi itu melalui tes?? nah ini cuma melihat aja dibilang ada bakat alergi.. padahal pas ditanya riwayat alergi dah dijawab sejujur jujurnya..
    maaf yah tan..

    Udah aku edit yaa hehehe.. pisss..
    thanks udah ngingetin..

    BalasHapus
  23. sip
    soalnya bukan apa apa nehh
    kebaca sama yang gak sreg kasihan yang diteror si bunda

    okeyyy

    thanks a lot yaaa

    BalasHapus
  24. sip-sip..
    thanks lot yah dok..

    we're so lucky having u and bunda

    BalasHapus
  25. TFS..jadi tau soal impetigo...buat jaga2 kalo nawra kena tp semoga gak. amien...Alhamdulillah ole dah baikan..sehat2 terus ya Le

    BalasHapus
  26. hehehehe.. si ole seneng aja yah dibawa ke dokter .. :D lucunya..
    semoga ga kapok yah .. :D

    BalasHapus
  27. gue malahan baru tahu impetigo itu cacar api da hhihihihi TFS yah neng

    BalasHapus
  28. Cairan buat kompresnya pakai apa ya Mom ?

    BalasHapus