Senin, 21 April 2008

Thole en his weaning

As posted in milis SEHAT

Selamat pagi semuaaa..

Mau sharing nih...
Setelah saya dulu pernah sharing soal tumor yang ada di PD saya.. akhirnya Senin kemarin saya ke RS Dharmais cek PD. Setelah ketemu dokter dan di USG.. hasilnya memang tumor jinak, seperti dugaan dokter bedah yang pertama. Jadi step selanjutnya memang sebaiknya menyelesaikan proses menyusui dulu.. baru operasi.

Nah sorenya setelah pulang kantor.. seperti biasa si Thole begitu lihat emaknya pasti langsung minta nenen. Nah sore kemarin juga.. langsung 'serang'. Baru sekian detik.. langsung dilepas lagi.. "BAUK!!" katanya. Wah ini pasti karena gel bekas USG memang cuma baru dibersihin pakai tisu doang.. belum dibasuh. Akhirnya saya mandi, habis mandi saya tawarin lagi.. Sama aja... baru sekian detik bilang bau lagi..

Wahh.. tuing!! Kebetulan nih.. Sapih aja sekalian deh..
Akhirnya dari sore sampe malam dia gak nenen. Pas mau bobok.. sempet minta nenen tapi begitu dibilang bau ngga jadi.. akhirnya dia bisa bobok sendiri tanpa nenen... Horeeee... pertama kali dalam sejarah bobok sama emaknya tanpa nenen.. PD udah penuh akhirnya diperes

Malam jam 12 malam nangis gulung2 minta nenen.. ditawarin air putih gak mau.. Akhirnya di sela2 nangisnya saya bilang .. "Riffat kan udah besar.. anak mama hebat nih ga nenen lagi.. Mama sayang Riffat kok.. Yuk bobok lagi.."
Akhirnya dia kembali tidur lagi.. tanpa nenen dooongggg...

Pagi ini si RIffat sempet minta nenen tapi begitu dibilang nenennya bau dia urung..

Alhamdulillah.. proses weaning Thole gak seseram yang dibayangkan. Di benak saya waduh pasti lama lagi nih sampe si Thole bisa menyapih dirinya sendiri.. Ternyataa... anakku udah siap disapih.. Dia lebih dewasa daripada yang saya duga. Justru emaknya nih lebih ngga siap nyapih daripada si thole sendiri..

Dalam hati nih masih ga rela kalo RIffat udah ga nenen lagi. Saya benar-benar menikmati waktu-waktu nenen-in thole dengan segala macam gaya nenennya.. Huhuhuuuuuuuu.. I'll miss that moment..

Jadi tepat 23 bulan 2 minggu.. atau 2 weeks to his 2nd birthday... RIffat udah ga nenen lagiiiii... yippie...

Sekarang PD dua-duanya kenceng nih.. ada saran gak gimana biar ni ASI kering?? Dikasih apa?? Saya takut niy karena mandeg ga dikluarin malah jadi mastitis lagi..

Pls sharingnya yah

Thanks
Ida

20 komentar:

  1. selamat buat Thole!!!!
    Da, klo ASInyatetep dikluarin dikit gimana biar ga mastitits..
    klo dikit2 dikluarin kan artinya perlahan ngurangi produksi...

    didoakan yg terbaik yaaaa

    BalasHapus
  2. sip mba..
    Semalem udah aku peres siy.. klo gak wah sekarang bisa meledak hehehe

    BalasHapus
  3. akhirnya... mo operasi to mbak...

    BalasHapus
  4. Duh Thole pinteeeerrrr. Dafa malah udah 26 bulan nih Mba, dan masih doyan banget nenen. Slow weaning sudah dicoba, tapi sepertinya akan lama :D

    BalasHapus
  5. duh mba... kasian amat sih weaningnya dipaksakan... kalo Riffat masih mau nenen biarkan aza jangan dibilang2 bau... kasian! Andra saja menyusu ASI hingga 2.5th dan dia sendiri memutuskan untuk berhenti. Berakhir dengan indahnya..... Aku ga punya saran soal memberhentikan asi secara tempo dulu, sempat kenceng dan menghasilkan 2 btl asi perah yang aku sumbangkan, alhamdulillah habis itu asiku perlahan mengering tanpa sakit.
    Semoga gpp yach mba!

    BalasHapus
  6. selamat ya da...dah ngambil keputusan itu...mudah2an semua lancar...

    BalasHapus
  7. Mba.. keputusan nyapih adalah karena aku lihat si Riffat nenennya tuh kebanyakan ngempengnya.. plus.. aku mau operasi tumor which is harus dilakukan jika ngga dalam keadaan menyusui.
    Jujur nih mbaa.. aku masih pengen menyusui Riffat..
    Nah aku lihat ni RIffat sebenernya udah siap untuk disapih.. nah pas momennya tepat.
    Thats why..

    BalasHapus
  8. mba ida...aku juga suka ngerasa ada benjolan2 gitu de di PD cmn mo USG gak berani karna klo ternyata ada apa2 nawra bis gagal asix nya kasihan jd mungkin 2 bulan lg baru aku USG.
    btw, senengnya ya weaning with love nya berhasil hehehe...pastinya ya mba belum rela kehilangan moment brestfeeding dan bonding yg timbul dlm proses itu..selamat sekali lagi

    BalasHapus
  9. Mba Dian.. jangan takut untuk periksa. Kemungkinan saluran asi yang mampet. Biasa itu kalo produksi asi lagi kenceng2nya memang sering berasa ada benjolan gitu. Observasi aja kalo tambah besar ato sakit ya USG aja. Insya Allah ngga ada apa-apa..

    BalasHapus
  10. mbak..lebih baik di peres aja...karena kalo di tahan.makin pengaruhin sel tumor nya...krn aku dulu juga pernah..tp pas blm nikah...n dokter nya juga ngomong gt...di dharmais juga sama dr.Cipto..
    semoga sukses ya mbak

    BalasHapus
  11. kalo dibikin setres aja piye Da? kan setres ampuh nggaringke ASI.. *halah.. teman macam apa aku ini?*

    yaaa.. diperes aja kali da... *aku ya belom pernah ngerasain*

    Tapi kalo ngangkat tumor jinak di PD aku wis tau, pas SMA kelas 2... Sekarang aku kayak preman... di PDnya ada bekas jaitan pendek.. huahahahahahah.... Don't worry, everything goinna b OK !

    BalasHapus
  12. Emang kalo niatnya baik, pasti dikasih jalan ya da.
    Duh Thole....gak nyangka, udah makin pinter aja, udah siap jadi Mas Kecil ya cayang

    BalasHapus
  13. gitu ya mba..
    thanks inponya yah

    BalasHapus
  14. semoga operasinya nanti lancar.... Riffat pinter ya udah ngerti :)

    BalasHapus
  15. wahh untung ya gampang nyapihnya... ebat deh... ngak sampe sakau berat hehee.... btw, seumuran dong ya thole ama si kenneth

    BalasHapus
  16. Da selamat ya udah bisa nyapih thole.....mudah2an operasinya nanti semuanya berjalan dengan lancar dan selamat ya Da...kita2 semua di bppn turut mendoakan...

    BalasHapus
  17. Selamat ya mbak dah berhasil menyapih si Thole..., mudah2an semuanya berjalan lancar..

    BalasHapus
  18. udah mo dua tahun ya mba...
    selamat ya... berhasil menyapih dengan damai

    BalasHapus