Senin, 18 Desember 2006

ASI, anugerah terindah

Baru saja baca postingan salah satu smart parent di Sehat yang berhasil kasih ASI eksklusif ke anak kembarnya (baca disini).. wuahhh terharu banget rasanya.. two tumbs up untuknya..


Jadi teringat perjuanganku tuk kasih ASI eksklusif ke Riffat.


Memang kalo kita udah niat, walopun tidak didukung lingkungan.. tetep aja terlaksana dengan baik.. Kadang aku masih ngga habis pikir juga ibu2 yang ngga mau nyusui anaknya.. yang ngga pede ASInya cukup.. padahal kalo kita kuatkan hati .. baca bismillah.. insya Allah bisa kan..

 

Pengalamanku juga gitu..

Begitu Riffat lahir langsung dikasih formula.. PDku flat nipple jadi Riffat susah banget miknya.. akhirnya ibuku sendiri maksain tuk kasih formula.. suami yang tadinya mendukung juga jadi hopeless akhirnya menyarankan ke formula juga.. stress?? iya banged!! Waktu itu belum tahu cara meres.. PD bengkak sampai mastitis.. fuh.. sangat-sangat melelahkan waktu itu... pikirku.. kenapa punya anak berat sekali perjuangannyaaa... Akhirnya setelah masuk kantor lagi, iseng-iseng gabung milis sehat.. eh ternyata ngga salah deh gabung disini.. Benar2 terjebak dalam kebenaran.. hehehe.. dapat dukungan dari semua SPs.. akhirnya memantapkan diri buang formulanya dan mulai belajar merah pakai tangan.. pertama cuma 60ml.. 100ml.. sampai 150ml sekali merah.. Akhirnya keluarga pun mendukung sepenuhnya..

 

Di kantor, banyak teman2 yang memandang 'aneh'.. Tinggal saya yang masih setia jadi penghuni toilet tiap jam 11 n jam 17 untuk merah ASI. Yang lainnya udah give up (mereka emang dari awal ngga ASI eks) .. ada juga yang pilih ngga meres karna pernah katanya dia diikuti hantu penunggu toilet sampai rumah.. yang membuat anaknya ketakutan setengah mati kalo melihat bundanya dan ngga mau nenen lagi..  ga tau benar atau engga.. Walopun saya berkeyakinan bahwa anaknya ngga mau nenen karna memang saat itu dia lagi panas, batpil jadi mau nenen pasti hidungnya mampet.. otomatis ngga mau nenen.. atau kemungkinan bingung puting..

Waktu itu berita itu membuat saya agak ragu juga sedikit keder untuk merah di toilet.. yang ada meres jadi ngga konsen.. hasil perahan jadi dikit.. di pikiran jangan2 bener nih..Tapi akhirnya saya kuatkan hati baca Bismillah.. akhirnya sayapun masih bisa meres sampai sekarang.

Teman2 juga masih nanya.. "loh anaknya udah 6 bulan kaan? koq masih meres??" Paling saya jawab.. sayang ASInya kalo ngga diperes.. Kalau aku jawab ASI kan nutrisi paling bagus.. takut akan menyinggung perasaan mereka.. walopun sebenernya mereka tahu itu..

 

Alhamdulillah berkat ASI, Riffat tumbuh sehat. Jarang sakit, paling banter batpil. Pileknya juga karna alergi debu yang kalau dihindari pasti ngga akan terjadi lagi.

Di usianya sekarang 7bulan, 1minggu, 5hari, Riffat dah lancar banget merangkak, bahkan udah mau rambatan, hobinya sekarang berdiri sendiri.. kalo udah lihat tembok atau rak TV langsung deh dipanjat.. hebatnya dia itu pantang menyerah.. walopun seringkali kepalanya kejedot, jatuh bangun.. teteeup berusaha sampai dia bisa ngelakuinnya sendiri. Bayi memang cepat sekali belajar.

 

Sampai sekarang, aku masih berusaha beri ASI dan MPASI ke Riffat.. niatku semoga bisa sampai 2 tahun.. Perah memerah ASI insya Allah akan tetap aku lakukan sampai usia 1tahun.. Doakan yaaa...

2 komentar:

  1. salut mba...
    toilet dikantorku juga katanya sereeem
    tapi dengan bismillah dan juga baca doa masuk km..sukses tuh..acara memerahnya..
    dianggap aneh? cuek ajaah, toh ga ngerugiin orang kan dan toh itu yg terbaik buat buah hati kita.
    memerah sampai 1 tahun?? sama doonk...mari kita berjuaang mba..
    doaku moga mba berhasil memerah sampai 1 thn. itu punya nilai kebanggaan looh.
    salam ASI !!! hehe

    BalasHapus
  2. siiip dah mama kreshna.. kita teman seperjuangan.. iya aku sih sekarang cuek beibeh dibilang aneh.. demi anak berjuang sampai tetes ASI penghabisan hehehe

    BalasHapus