Senin, 17 Mei 2010

I love you my Mother

Banyak hikmah yang bisa aku petik dari BADAI yang menyerangku 2 minggu lalu. Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik, baik sebagai anak dan sebagai Ibu sekaligus. Benar-benar aku diuji dua-duanya.

Ibu sakit, gejala awal penyempitan pembuluh jantung, kalo kata dokternya ngga ada sesuatu yang mengkhawatirkan. Tapi, selepas dari rumah sakit pun Ibu terlihat seperti masih sakit banget, terlihat lemas, dan super duper sensitif. Mau apa-apa jadi takut, takut ntar jadi deg-degan, ntar jadi lemes, ntar kenapa lah.. ntar begini lah begitu lah. Sigh! Jujur, dalam hati sempat mengeluh. Oh Ibu, Ibu itu ngga apa-apa, Ibu itu sehat, dimana Ibuku yang dulu lincah, dimana Ibuku yang dulu selalu menjadi Eyang Uti yang paling disenangi cucu-cucunya? Please don't too sensitive.. . Orang datang menjenguk, ngomongin yang engga pengen didengar Ibu, jadi lemes, nonton kekerasan di TV, lemes.. deg-degan. Duh rasanya aku sampai putus asa gimana cara mengembalikan luka psikisnya.

Sampai akhirnya Riffat demam, kejang 2 kali, duh Gusti... serasa ditampar! Astaghfirullah, aku gak boleh berfikir seperti itu. Segera aku introspeksi diri, lalu, berusaha memahami Ibu, melayani beliau sebaik-baiknya, TANPA MENGELUH. Tiap malam aku tidur memeluk beliau sambil mensugesti positif kalau Ibu tidak apa-apa, aku cium Ibu, elus-elus kepalanya, aku cuma ngebayangin dulu saat aku kecil pasti dibelai-belai seperti ini. Nah saat itulah rasanya aku berkeinginan membalas semua kasih sayang Ibu, walaupun sampai saat ini yakin deh gak bakal bisa terbalaskan semuanya. Berangsur-angsur, pelan-pelan, Ibu mulai bersemangat. Tampaknya memang beliau butuh support, buth perhatian dari orang-orang terdekatnya.

Ya, memang sedang ada masalah di keluarga kami, dan tampaknya itulah yang menjadi beban pikiran Ibu. Mau gak dipikirin ya susah, gak bakal bisa. Aku juga seorang Ibu, aku bisa merasakan apa yang dirasakannya.

Siapa yang mengira disaat Ibu sakit, tiba-tiba anakku Riffat juga harus masuk RS. Kami dengan terpaksa extend di Smg yang tadinya cuma seminggu jadi hampir 2 minggu, rasanya seperti ada yang ngatur bahwa kami memang harus disana selama itu. Di hari terakhir aku di Semarang, aku dan kakak berbicara intens dengan Ibu dan akhirnya meledaklah tangis Ibu, seperti mengeluarkan beban yang beraat bangeet. Aku memeluknya, mengusap air matanya, dan gak terbendung juga air mataku.. rasanya ngga rela Ibu jadi tersiksa seperti ini.

Dear my Mom..
we're here..
right beside you..
Be strong..

Semua ini adalah rencana-Nya
Semua ini adalah berkat hidayahnya

You have to be strong for us
And you can strong because we all always with you

We love you my mother..


Saat itu, rasanya aku sedang melalui satu tahap kehidupan dimana aku harus menganggap (dan memang) diriku sendiri sudah dewasa dan engga lagi orang tua yang support anak-anaknya namun sudah saatnya anak-anak mensupport Ibu Bapaknya. Support secara mental, secara batin!

Sekarang insya Allah Ibu sudah membaik, tapi tetap kami berpesan supaya pelan-pelan aja memulihkan keadaan mendekati dulu, gimanapun Ibu memang masih merasakan sakit jika terlalu capek dan jika terlalu emosi.

Dear friends.. jika orangtua kalian ada di dekat kalian, segera lah cium dan katakan kalau kalian SAYANG mereka. SUERR!! Ngga rugi ngucapin itu! Kekuatan ungkapan cinta itu bisa menyembuhkan penyakit yang di deritanya. Kalau secara mental senang, maka akan mensugesti positif untuk keinginan sembuh. Kalau batinnya aja seneng, otaknya akan menstimulate organ-organ lain ke arah yang normal. Betul kan??



16 komentar:

  1. kalo yang tinggal berjauhan emang seperti itu rasanya. tp kalo yg tinggal bersama ortu dan tiap hari ketemu jd makin banyak stok sabar dan tarikan napasnya hrs sering2 tarik napas buang. buang napas dan buang pikiran yg aneh2 ttg ortu... yg penting sayangi dan hormati orangtua gimana pun caranya.

    BalasHapus
  2. ya, emang begitu biasanya. Ya ini sbg pengingat ingat aja yang deket.. jaga mereka baik-baik yah.. even harus ngalah yg penting tetep ingat kodrat sebagai anak :-)

    BalasHapus
  3. Meski nggak pernah bilang sayang, tapi mereka tau kalo aku sayang. Aku jg tau mereka sayang. Alhamdulillah, belum dipisahkan (masih tinggal serumah), jd bisa ketemu tiap hari..

    BalasHapus
  4. ungkapan cinta yang mendalam ... smoga ibunda terus membaik kondisinya ya say , begitu juga riffat dan smua nya

    BalasHapus
  5. huhuhuu ida..jd berkaca kaca..been there done that...

    BalasHapus
  6. hiksss.. Ida. gw jadi inget nyokap. Minggu kemaren belom nelpon nyokap .TFS ya Da

    BalasHapus
  7. podo da..sama ibu mertuaku..sempet sakit dan butuh pemulihan mayan lama,. setelah diusut ternyata banyak banget beban yg di pikirnya. semoga uti cepet sehat seperti sedia kala...amin

    BalasHapus
  8. huhuhu..bener banget da
    saat bapakku sakitdan lihat ibuku so hopeless melihat belahan jiwanya, betapa aku tersadarkan bahwa kami 'lupa' mencintai orang tua :(
    thanks ya da..
    semoga uti cepat sehat..

    BalasHapus
  9. huaaa jd kangen nyokap...walopun gue ama nyokap sering beda pendapat tapi tetep aja bliau nyokap gue, neneknya 2i...tfs yaa da..

    BalasHapus
  10. TFS Da
    Semoga ibunda sehat selalu. Amin

    BalasHapus