Selasa, 16 Februari 2010

[Riffat] First Time Visiting the Dentist

Waktu kecil, di keluarga gue cuma ada kebiasaan sikat gigi waktu mandi ajah, ngga ada tuh kebiasaan sikat gigi sebelum tidur --hiiiyyyy!!! Ditambah, dulu gue waktu kecil emang malesss yang namanya sikat gigi -- nyalahin siapa kalo gini ya xixixi.  Jadilah, gigi gue dari kecil, SMP kalo gak salah, pernah dicabut 4 kali! 2 karna bolong, 2 karna gingsul, gingsul tuh giginya numbuh bukan di tempat semestinya, diatas gigi depan! jelek banget kan! Dulu sih manut-manut aja dicabut-cabut gitu. Entah gigi itu emang udah saking parah bolongnya sampai kudu dicabut, atau ahh I dont know lah.. nyabutnya aja di Puskesmas. Hehe..
Walaupun 2 gigi yang bolong udah dicabut pun, masih ada 1 yang bolong, dan cukup ditambal saja..

Setelah kuliah, baru deh gue nyadar kalo kebiasaan sikat gigi CUMA pada saat mandi itu salah. Yang benar adalah, setelah makan dan sebelum tidur. Maka ritual pun berubah, jadi pada saat mandi -- karna udah kebiasaan -- dan sebelum tidur.

Pengalaman waktu kecil itulah maka gue gak mau itu terjadi pada anak-anak gue. Cukup ibunya aja yang giginya jelek! hikshiks.

Sejak kecil, sejak Riffat numbuh gigi, gue udah biasain sikat gigi, at least setelah makan dan sebelum tidur. Tapi makin kesini kebiasaannya jadi kayak kebiasaan gue, sikat gigi pas mandi dan WAJIB sebelum tidur. Demi menerapkan aturan ini yah macem-macem aja triknya. Ritual dan aturan ini bisa dibilang sukses gue terapkan ke Riffat, sampai sekarang tidak ada keluhan soal giginya, ngga ada karies apalagi bolong, ngga kebayang kalo sampai bolong, yang dewasa aja berasa ngiluuuu sampai ke ubun-ubun *serius!!. Aturan no PERMEN juga gue terapkan buat Riffat, cuma semakin besar, semakin banyak godaan untuk tidak makan PERMEN. Dan aturan ini dilanggar total kalo lagi ada di tempat Eyang di Semarang, secara Eyang punya warung, which is jualan permen juga, akhirnya Riffat tergoda juga. Kalo dulu masih manut-manut ditawarin permen dia langsung nolak "ngga mau! entar giginya bolong!", dan sekarang "iya mauuu, tapi jangan bilang Mama yaa aku makan permen". Hehehe

Nah, kemarin hari Selasa 16 Feb 2010, berhubung tambalan gigi gue udah rada ancur, gue berniat mau ngebetulin si tambalan ke dokter gigi di poliklinik kantor Papa. Poliklinik kantornya si Papa, klinik giginya keren pisan! alat-alatnya sudah uptodate dan yang penting gretongan pula, yasud brangkaat daaah biar jauh pun sambil gotong-gotong Ipan en si Riffat. Nah sekalian nih si Riffat belum pernah dicek giginya ke dokter gigi sekalipun, sebelum pergi udah bilang ke Riffat, "Nanti Riffat dilihat giginya yaa diliatin ke Bu Dokter giginya ada kuman jahat engga". Riffat pun senang karena belakangan dia berhasil gue doktrin konsep kuman jahat vs kuman baik. Hehehe.

Sampai disana Riffat yang kebagian jatah diperiksa duluan. Gue udah deg-degan jangan sampai Riffat trauma disini karna si dokter bukan dokter gigi anak. Eh ternyata, Ibu Dokter baik pisan! Dia bisa membujuk Riffat untuk duduk di kursi periksa, dimain-mainin dulu kursinya bisa keatas bisa kebawah bisa posisi duduk bisa posisi tidur dengan tombol ajah! Dan setelah akrobat kursi dimulailah diperiksa giginya, Riffat pun dengan sukarela mangap ngliatin giginya hehehe. Dicek satu-satu dan ternyata ada satu gigi geraham yang kurang bersih, kliatan ada titik-titik item-item. Kata Bu Dokter cuma perlu lebih lama sikatnya di bagian itu. Overall bagus!!. Treatment terakhir, gigi Riffat 'dimandiin', disemprot pakai alat dan disedot kotorannya. Hmmm... good boy! Riffat sangat kooperatif! Pesan Bu Dokter: ngga boleh makan permen dan coklat ya! asiiiikkk ada alesan lagi buat ngelarang permen.. Kalau es krim? Boleh asal habis makan es krim langsung sikat gigi. Untuk hadiahnya karna RIffat mau diperiksa langsung minta dibeliin es krim! Hehe.. Boleh Leee habis itu sikat gigi yaaa ..
Semalam dia pun ngga usah dibujuk rayu udah minta sikat gigi sebelum tidur!

Gue pun udah ganti tambalan gigi dengan sukses, udah siap-siap sakit.. eh ternyata engga loh! hihihi


29 komentar:

  1. da, dimana tuh? bisa buat umum nga? mau dong...
    trus nama dr gigi nya saha say?

    BalasHapus
  2. emang susah kalo udah namanya permen... tapi kok si azka makan permen di kunyah ya.. cara makan permen yang aneh :P

    BalasHapus
  3. Hahaha sama da, jaman gw kecil sikat gigi itu pas mandi ajah :p
    Klo soal permen sama coklat gw ga gitu khawatir lg soalnya krn ga pernah gw kenalin, skrg ini klo dikasihpun dia ga mau. Jadi ga doyan ternyata, huehehe. Tapi gw blm berhasil nih ngajak dia ke dokter gigi. Klo pas ikut gw periksa gigi 6 bulanan, veril tetep milih nunggu di luar, huhuhu.. :(

    BalasHapus
  4. Riffat hebaaaaat..... isya nih masih ketunda2 mulu deh mau cek giginya, soalnya udah kliatan ada spot di gigi depannya, apa numpang di klinik papahnya mas riffat aja yaaaah....hmmmmmm...

    BalasHapus
  5. di kantor si laki gue Ta. khusus buat pegawai hehe maap yeee :p

    BalasHapus
  6. gak jauh emang dari emaknya haghaghag

    BalasHapus
  7. sama Ka! makanya 5 permen cepet banget habisnya.. ngakunya cum makan 1! hihihi

    BalasHapus
  8. kmrn gw suruh tunggu diluar malah Dy, takut dia liat gue dikorek2 jadi trauma. eh malah minta nunggu di dalam. sebelahan ma Bu Dokter ikut megangin pala gw :p

    BalasHapus
  9. boleeehhh.. syaratnya Isya berstatus anak laki gw Din hahaha..

    BalasHapus
  10. aah...dari kapan tau kan si eneng dah dibilang anak laki kan...klinik tempat lo juga ga kecele juga nantinya hehehehe.....

    BalasHapus
  11. riffat pinteeerrrr...........darrell lom ke dr gigi lagi euy, yang pertama ga terlalu sukses soalnya....

    BalasHapus
  12. ntar klo eyang nawarin permen tolak aja yah
    biar kinclong terus giginya..
    **iri deh secara Gav dah di cekokin omanya coklat yang manis2 (ketika mamanya kerja) jadi dah banyak yg coklat gigi atas depannya :(

    BalasHapus
  13. Riffat pinter deh, gak nangis2 diajak ke dokter gigi. Kursinya asyik ya mas??
    Dikau memberiku ide buat ke dokter gigi di poli kantor deh, Da. Mayan kan, ngirit duit hihihi.

    BalasHapus
  14. mb Riffat skrg umur berapa ?hebat mau disemprot segala :)

    BalasHapus
  15. Mumuw, ah elo mah pinteerrr nerjemahin maksud guee. Betul Din! Pan Riffat ga ada potonya tuh di data.. Jadi Eneng bisa nyamar jadi Riffat hahaha.. *kabur ahhh takut disambit Dincul

    Fen, kudu rajin gosok gigi si Gav.. Kasian kalo ampe keropos :(

    Dyah, ya iyalah secara udah pengangguran ada yg gretong ya samber aje hehehe

    Mba Shanty, Riffat hampir 4th mbak. Dokternya pinter ngebujukin

    BalasHapus
  16. hmm bentar lagi si adan nampaknya akan ke dokter gigi juga .. gue yang ngilu kira2 dia tahan apa gak ya .. kooperatif apa nggakya .. tapi ada Riffat yang sudah membuktikan .. tar tingagl bilang "ihhhs ama loh kayak Riffat, seumuran Adan (anggep aja begitu :D) juag pengalaman ke dokter gigi .. keren loooh" kekekeek ..

    BalasHapus
  17. Ilna, yang penting ciptakan suasana kalo ke dokter gigi tuh menyenangkan, bukan nyeremin. Konsepnya harus 'kena' dulu. Hehehe

    BalasHapus
  18. damai doyan ke dentist, hihihi... riffat pasti ketagihan deh

    BalasHapus
  19. Riffat hebat euy..
    Kalo kata drg-nya J, gpp makan permen/coklat asal dibatasi & jgn lupa sikat gigi. Kata dia, percuma ngelarang, ntar kalo udah sekolah, temen2nya pd makan permen, yg ada dia kemimpi2 & malah sembunyi2.
    Tp gw tetep prefer ga kasih permen sih.. Ya sambil gw jelasin jg knp, & syukurnya smp skrg sih J blm tgoda permen.

    BalasHapus
  20. Sisil, wah Damai mah top abesss!!

    Ken, sama ma elu, toh misalnya dia nanti pas gede makan permen, dia udah tau dan sadar akan kewajiban memelihara giginya. Gue milih ngga mengenalkan dulu seelama mungkin. Walopun akhirnya dia sekarang udah kenal, tetep bukan jadi cemilan sehari-hari kan? Selama masih bisa dikontrol ya dibatasi dulu.

    BalasHapus
  21. udah aja diketemuin sama drg Alya di Smile center, udah pasti nurut deh, pinter banget mb alya tuh ngadepin anak2 *heran aku*
    salah satu hal yg dirindukan karena meninggalkan jkt adalah harus ninggalin drg anak yg mumpuni, di sini belum ketemu gantinya ..huu

    BalasHapus
  22. selain karena keahlian dokternya, Riffatnya juga keren niy :)
    anakku dulu mau 6thn udah pasang crown gigi segala mbak, gara2 giginya gupis2 karena ngedot. kalau yg itu beneran pinter dokternya njelasin dan melakukan perawatan tanpa memaksa anak. tiap konsultasi dikasih waktu sejam sendiri, jadi kalo' misalnya anaknya mau bikin cetakan gigi belum mau ya ditunggu dulu.

    BalasHapus
  23. damai siy, kecil2 udah pake' dental floss, kalah deh tante ...hihihi

    BalasHapus
  24. mba ida gw sampai skrg msh trauma sm dokter gigi...denger bunyi bornya aja udh ngilu duluan..huhuhu...

    BalasHapus
  25. izan belum pernah ke dr gigi nih tan soalnya tiap bunda ajakin pasti izan tolak hehehe..

    BalasHapus
  26. Riffat hebat, ga nangis sama sekali. Two thumbs up:) saya lagi cari dokter gigi juga buat anak tapi yg ga terlalu mahal&ngejebol kantong, maklum di kantor saya tunjangan kesehatan cukup minim.

    BalasHapus
  27. Banyak temen ke smilecenter Tebet mba. Coba aja

    BalasHapus
  28. Terimakasih banyak Mba Ida atas infonya:)

    BalasHapus