Selasa, 09 Juni 2009

[Update] 40 weeks

Fiuuhhhh... akhirnya sampai juga hari ini.
Pas 9 June 2009 masuk 40 weeks.

Barusan kontrol ke dr. Sutikno. Hmmmm... aku udah nyiapin mental apapun keputusannya. Paginya sempet chat sama Sisil. Sisil saranin aku berafirmasi positif.. tekankan di pikiran bahwa si Ole 02 akan masuk jalan lahir sore ini. Hmm.. ok deh..

Sepanjang hari berpikiran positif, ditambah RIffat yang hari ini tumben-tumbenan selalu ngajak ngomong si dede pakai corong bekas tempat kok baminton diarahin ke perut bagian bawah. Emang sih si Ole 02 emang nurut, kepalanya emang dibawah, padahal pagi aku ajak jalan-jalan keliling komplek sempet melintang lagi.

Tapi ternyata even posisi kepala udah dibawah, si dia belum masuk jalan lahir. Dari hasil periksa sama dr. Sutikno tadi, blio juga bertanya-tanya kenapa nih bebi muter akrobat mulu. Normalnya umur 37 harusnya udah masuk jalan lahir. Umur 40 apalagi, diraba fisik harusnya kepala udah ngga keraba. Nah ini, posisi masih jauh dari jalan lahir. Kemungkinannya adalah tali pusat yang pendek, jadi si Ole mau turun gak bisa-bisa. Ketuban masih bagus. Tapi dengan kondisi begini, yang paling dikhawatirkan adalah saat kontraksi dan ketuban pecah duluan, trus plasenta duluan yang keluar. Bisa hitungan detik sangat berbahaya. Jika plasenta mlolor keluar duluan keluar, bebi bisa kekurangan oksigen dan berakibat fatal. Itu adalah kemungkinan terburuk. Hmm si dokter bener-bener ngejelasin secara gamblang. Ok dok, lalu apa saran dokter??

Dokter akhirnya jadwalin untuk dirangsang dulu alias diinduksi. Blio gak bisa memutuskan sekarang apakah harus cesar atau tidak. Akan dicoba diinduksi dulu hari Kamis pagi. Kenapa pagi? Pertimbangannya, setelah induksi akan diobservasi selama 4jam, jika dengan induksi kepala bayi bisa turun dan bisa bukaan, ok lanjut usaha melahirkan normalnya. Jika kemungkinan terburuk yang diatas terjadi, hari masih siang dan personil dari dokter kandungan sampai anestesi ada. Jadi jika kemungkinan kedua yang terjadi, cesar dilakukan dengan dokter yang ada ngga harus si dr sutikno karena memang kondisi urgent. Ok, setuju dok..

Fiuuuhhh...

Sekarang tinggal siapin mental aja. Insya Allah aku udah siap apapun jalannya. Yang penting sehat semua, lancar semua..
Besok insya Allah jadwal CTG untuk ngecek jantung bayi..

Doain ya temanss..

15 komentar:

  1. Mom...aku doakan semoga di kasih kemudahan ya.. :-)

    Kalau aku malah yg merengek2 minta di cesar secara perut nggak mules2 padahal duedatenya sudah tinggal berapa hari, itu tandanya aku harus di induksi *aku trauma di induksi* tapi... DSOG ku bertahan kalau aku bisa lahiran normal... ya udah pasrah, nurut saran DSOG dan alhamdulillah tepat TGL yang ia prediksikan waktu pertama kali periksa, ketuban langsung pecah :)

    Weks malah curhat hehehehe....

    BalasHapus
  2. Wuiiiih, ikut deg2an Da. Semoga lancar ya lahirannya. Apapun jalannya, yang penting Ole 2 lahir sehat & selamat. Sehat bayinya, sehat ibunya juga. Amiiiiin.

    BalasHapus
  3. mudah2an diberi jln yg tbaik & lahirannya lancar ya Da. Yg pntg lo & baby selamat & sehat..

    BalasHapus
  4. mudah2an diberi jalan terbaik. Amin..

    BalasHapus
  5. lancar ya mba buat lahirannya.. mo normal or sesar, yg terbaik aja buat ibu dan anak...

    BalasHapus
  6. gue bantu berpikiran positif ya da..... pasti lancar.... ditunggu kabar bahagia lanjutannya...met berjuang ya da....

    BalasHapus
  7. gw doain yang terbaik aja ya Da..........buat elo ma ole 02, semoga lancar dan sehat semuanya

    BalasHapus
  8. Amin amin... semoga lancar ya...

    BalasHapus
  9. sama sih sebenernya trauma juga diinduksi, tapi demi si bebi.. apapun kulakukan deh buat yang terbaik

    BalasHapus
  10. tengkyu sil..
    nomer lu ganti ya? gw sms lu kok gak nyampe

    BalasHapus
  11. Moga semua sehat & lancar, Da. Walopun musti sc jg gpp deh, yg penting kamu 'n ole02 sehat semua.

    BalasHapus
  12. aduuuhh.. kok nggak keluar2 sih Ole ver.02 inih? nggak sabar pengen liaaatttt.....

    BalasHapus
  13. semoga lancar ya daaaaa......apapun jalannya yg penting akhirnya happy ending, sehat semua! amiiiiiin

    BalasHapus