Minggu, 28 Juni 2009

Testimoni: Melahirkan di RSAB Harapan Kita

Hmmm.. cuma mau share, kasih testimoni setelah melahirkan di RSAB HK.

Mulai dari sini yaaa...
@Ruang Bersalin
Untuk kelas 2, kelas yang aku ambil, 1 ruangan untuk 1 orang. Bedanya sama kelas VIP cuma ada tambahan TV dan sofa aja. Di ruang ini harus ada keluarga yang nungguin, beda dengan ruang perawatan yang gak boleh ditungguin sama sekali kecuali kelas VIP. Tim bidannya banyak, mostly udah berumur 40an keatas. Ada 1 bidan yang udah berumur dan super gualak!!? Doh tu bidan kapan pensiun yaaa.. 1 doang sih yang rese yang lain mah ok helpfull banget dan support lahiran normal.


@Ruang Operasi
Letaknya gak jauh dari Ruang Bersalin. Bangunan dan alat2nya terlihat tua dengan luas ruangan yang super lebar.. Ngga sempet ngira2 berapa lebarnya soalnya pas masuk lagi kelojotan ngeden2 jadi sebodo sama ruangan mau luas lebar mau baru kuno yang penting nih bebi cepet kluar hehhehe. Bidan dan suster di ruangan operasi juga helpfull. Pas minta IMD juga gampang, bebi dikasih untuk IMD tapi gak lama karna akunya udah teler beraaatt..


@Ruang Perawatan kelas 2
Kenapa ambil kelas 2? Disini, kalo mau melahirkan dengan 'milih' dokter, artinya dengan dokter yang kita tunjuk, minimal kelas yang bisa diambil adalah kelas 2. Kalo kelas 3, bisa pakai bidan atau pakai dsog siapapun yang lagi jaga saat itu. Jadi gak bisa milih dokter. Pengennya sih ambil VIP :p, tapi apa daya plafon kantor aja ngga nutup biarpun ambil kelas 2 hihihi..
Back to kondisi ruangan, kesan pertama hmmm serem..!! Rada sempit, trus 1 ruangan diisi 3 beds, mana waktu itu pas masuk sendirian alias 2 bed lainnya kosong. Apalagi aku nempatin ruangan paling ujung, paling jauh dari posko jaga susternya. Susternya aja sampai bilang, 'Bu disini dulu ya nanti kalo disana ada yang kosong ibu dipindah'. Hhhhh iya aja deh. Waktu itu masuk ruang perawatan jam 3 pagi. Suami boleh nungguin sampe jam 4 pagi.
Ruangannya juga banyak nyamuk hihihi... Asli bikin bete yang ini.


@Soal lainnya
RS ini.... Yup PRO ASI banget!! Beda banget jaman nglairin di hermina dulu. Hari 1 belum kluar asi aja udah ditakut2in bayinya kuning kalo gak dikasih sufor. Nah kalo di HK, semua dokter, mau dokter anak dan dsog se bidan dan suster2nya, semuanya support asi. Kalopun si ibu mau ngasih sufor, harus tanda tangan pernyataan kemauan si ibu ngasih sufor ke bayinya. Dan pastinya bayinya juga rooming in.
Karena di kelas ini gak boleh ditungguin keluarga, otomatis begitu badan udah sehat, hal ngurus bayi dari gantiin popok sampe nenenin kecuali mandiin harus sendiri. Udah disediain popok, bedong dan alat lainnya di ruangan. Bisa sih minta ke suster, tapi kadang keburu anak nangis jadi akhirnya urus sendiri. Kalo buat aku sih hal ngurus bebi sendiri gak masalah, malah bikin aku memaksa buat gerak karna sesuai titah Ibu Kircul di Smg sana, katanya after operasi setelah boleh turun kasur kudu rajin turun kasur buat gerak2 supaya pemulihannya cepet. Baiklah ibu Kircul.. :p
Menjelang pulang, ada penyuluhan perihal perawatan bayi baru lahir, soal asi eksklusif, manajemen asi walo cuma sekilas. Dijelasin juga kenapa gak boleh pakai gurita buat baby, kenapa gak boleh pakai bedak dsb. Cukup informatif kalo menurutku.

@Soal imunisasi
Riffan berhasil dapet imunisasi hep B sebelum 12 jam usianya. Tapiii, itu harus kita sendiri yang minta lhooo.. Untungnya waktu itu dokter anak ngijinin.. Jadi gak perlu debat panjang lebar, tapi tetep.. Tanda tangan pernyataan bahwa tindakan atas kemauan sendiri. Sayangnya Riffan gak bisa dapetin BCG en polio sebelum pulang. Udah ngotot sama dokternya tapi gak berhasil. Dsa sanggup ngasih pada saat kontrol pertama pas usia bebi 7hari. Sempet kepikiran mo ke polinya aja tapi gak jaminan juga dapet, males debat sama dsa lagi. Akhirnya sms si dokter cantik dan blio bilang, gak papa ditunda asal masih 0 bulan. Ok d.
Akhirnya bcg en polio dapetnya di umur Riffan 7 hari. Alhamdulillahnya lagi dapet dsa yang sesuai sama keinginan kita. Dah ngga perlu ndebat2 lagi deh hehehe...

Semoga sharing ini berguna yaaa...


30 komentar:

  1. Masalah ners yg jutex... Amat sangat setujuh...

    BalasHapus
  2. Infonya sangat bergunaa.. Kl aku d jakarta mau deh tu melahirkan di situ. Hehe

    Tfs mba..

    BalasHapus
  3. kenapa kok burur2 banget kasih imunisasi yah ?
    apa bukannya kudu nunggu bayi mulai adapt dengan dunia baru bagus dikash imunisasi ?
    *maaf neh punya bayi soale udah puluhan tahun lalu*

    BalasHapus
  4. Krn beberapa kekebalan tdk diturunkan dari ibu. Seperti hep b, polio, dan bcg. Kenapa buru2 ya masalah risiko terinfeksi saja. Krn tdk ada kekebalan jd risiko terinfeksi lbh tinggi. Masalah adaptasi bayi lahir nangis itu bagian dr proses adaptasi kok.

    BalasHapus
  5. wah dah masalah IMD , ASIX dan hep B dah kemajuan nih, waktu fadhl kmrn debat surebat deh gw. Ruang operasinya gede banget, tp dingiiinnnn pisan.... Kalo proses normal, dilakukan di tempat bersalin di kamar itu juga , jd enak, kita ga dipindah2 lagi.

    BalasHapus
  6. hihi bener bgt klo dah bukaan lengkap kagak mikir ruangan mau gimana hehe...

    BalasHapus
  7. bu ida,dirimyu hebat abis operasi bisa naik turun ranjang.. Dirikyu yang 10 hari setelah operasi baru boleh turun ranjang,mesti belajar berdiri lagi... Sebulan baru aktifitas mulai biasa lagi... Bu Ida tob banget deh!

    BalasHapus
  8. Dafa juga dulu BCG & Polio-nya dapet pas kontrol 7 hari. Tapi kalo hep B sih langsung dikasih sama Dsa-nya. Ga perlu debat2 juga. Laen2 emang dokter sekarang yak, kikikik. Mana mah dulu masih bego banget lagi, ga kenal elu2 pada. Mudah2an ntar anak kedua & ketiga udah banyak pasukan buat ditanya2, amiiin :P

    Ika, masa sih Ka? 10 hari baru turun ranjang? Gue lahir sore, besok siangnya udah jalan2 ke ruang bayi. Mayan deh. Tapi emang jadi lebih cepet pulih kalo dibawa gerak dibanding diem aja di ranjang, hehehe.

    BalasHapus
  9. @bunda esther
    Dah dijawab yaa sama si dokter cantik ituhh
    *wink2 lirik ian

    @Ika
    Buset ka trus 10 hari lu baring aja gitu Ka?

    @Uwi
    Iya wi makin cepet dipakai aktivitas makin cepet pulih alias gak nyeri. Emg nyeri hebat justru di hari kedua pasca operasi, tapi tetep kudu dipakai gerak..

    BalasHapus
  10. iye bu ida dan bu uwi...10 hari kagak boleh turun ranjang. Thanks to the pre-eclampsia,hehehe... Tekanan darah gue masih manteng di tingkat tinggi terus... Yang nyebelin itu bawahnya gak turun-turun,berkisar di angka ratusan seinget gue. Selama nifas juga si Ayah wajib periksa tensi gue. Kaga enak dah pokoknya kalo ada pre-eklampsi.
    Mana belom kenal loe-loe pade... Jadi kagak ada nyang nyawer,hueheehehehe...

    BalasHapus
  11. Dari berbagai sharing, kenapa sih kok susah banget dapetin imun hep B <12 jam.

    BalasHapus
  12. Yah Ka, kalo pre-eklamp ya laen atuh ceritanya. Bukan karena elu ga bisa atau ga mau gerak, tapi ya emang ga boleh, wkwkwk...

    BalasHapus
  13. wah, ceritambak ida dari lama inspire me mau lahiran di HK ajah nanti kalau hamil kedua.. (padahal sekarnaga ja belum hamil)... gpp. coz dulu lahiran di yk..

    BalasHapus
  14. makasih da sharingnyaa... sekarang gimana? dah pulih kan?

    BalasHapus
  15. yah Ika.. itu mah beda cerita.. :p

    BalasHapus
  16. hihihi.. tanya noh sama pengelola RS, sama dsa hehehhe..
    lebih karna kebiasaan yang berlaku umum sih Yah kalo gw liat. Masih belum umum penerapan imunisasi hep B sebelum 12 jam setelah lahir di Indo inih..

    BalasHapus
  17. mo dimanapun yang penting kitanya kok mba..
    awal2 di HK kek mo marah karna ruangan panas lah.. banyak nyamuk lah.. tapi akhirnya ya ambil the good side from this hospital hehehe... daripada anak kena sufor dll..

    BalasHapus
  18. alhamdulillah udah lumayan sil

    BalasHapus
  19. DSOG dan DSA siapa mbak?
    dulu aku melahirkan di melati..waktu di ruang melahirkan keluarga bebas keluar masuk. bahkan yg nungguin aku melahirkan boleh ber-2 yaitu suami dan mertua. sayangnya..sama seperti pengalaman mbak, setelah perjuangan 36 jam dan sampai di bukaan 10 akhirnya aku menyerah di-caesar juga. trus kamar tidurnya luas, ada sofa bed. jadi yg nungguin bisa ber2.nurse di melati juga lumayan baik2..

    BalasHapus
  20. wah..waktu aku melahirkan (di harkit juga), dalam 24 jam sdh harus turun dan latihan jalan. katanya spy pemulihan bisa cepat. dan alhamdulilah memang pas pulang aku sdh bisa jalan dgn bebas

    BalasHapus
  21. te o pe.. udah langsung full aktivity... sehat semuanya yahhh

    BalasHapus
  22. Kira2 anak ke 3 nanti masih mau disitu gk Da ?

    BalasHapus
  23. @Rani
    Buset lebih parah dari gue yak.. 36jam!! Huhuhuuu.. Kenapa kok akhirnya cesar Ran?

    @Irma
    Amien

    @Arin
    ahhh ariiiinnn *blushing

    @Ilna
    Doh anak ke 3 Na?? Hihihi.. Gue insya Allah 2 aja deh Na hehehe..
    Tapi kalo iya ada ke3 ya why not kesana lagi. Deket soalna dari rumah :d

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah RS itu udah ada perubahan atuh....
    trus kapan yg ke 3 hihihi?

    BalasHapus
  25. laaah ngapa aye baru liat halaman nyang inih?........hwaaaa...bidan galak, enggak banget tuh, secara mules aja udah bikin pengen garok orang, pake ada bidan galak pula

    BalasHapus
  26. Mbak nanya dong waktu lahiran dsognya siapa?ak jg mau lahiran di harkit ak pakai dokter hadi s.
    Harus kelas 2 jg gag ya?
    Apa bs pilih?
    Thank u

    BalasHapus
  27. Hai mba aku pakai dr sutikno. Iya kalo milih dokter minimal kelas 2. Due date kapan mba?

    BalasHapus
  28. gt ya mbak...
    thank u infonya, due date tanggal 20 desember mbak

    BalasHapus