Minggu, 03 Mei 2009

Merubah Rencana

Hari Sabtu kemarin, tanggal 2 Mei 2009, jatahnya kontrol dua mingguan si ole.02. Pas kontrol dua minggu sebelumnya, si dsog emang nyuruh cek HB karena aku emang ada riwayat HB rendah pas usia kandungan 4 bulanan. Udah dikasih suplemen dan bandelnya aku gak minum tiap hari. Jadilah 3 hari sebelum periksa kemarin, aku cek HB lagi dan ternyata emang masih rendah. 7,9 (normal 12) pfuuuhhhh...

Langsung aja aku summary kontrol kemarin yak.
Usia kehamilan 34weeks.. jadi still 6weeks to go..
BB bayi 2400 gram
Posisi bayi masih melintang dengan plasenta agak kebawah tapi ngga menutupi jalan lahir.
HB 3 hari sebelumnya 7,9

Nah dengan kondisi HB yang seperti itu, si dsog mengintruksikan untuk aku segera dirawat inap saja untuk infus zat besi. Kata beliau, ngga akan keburu kalo digenjot dengan suplemen dan makanan. SI dsog ini ngga ngecek fisik aku. Jadi asal percaya aja sama hasil laboratorium.
Trus dengan kondisi posisi bayi, kata beliau juga, 75% bakal operasi SC karena dengan usia segini si bebi gak bakalan bisa muter-muter. Dijadwalkan, operasi 2 minggu lagi dari sekarang.

Doeng.. doeennggg...

Aku udah speechless aja denger keterangan dokter. Begitu pula suamiku. Mana belum ngajuin cuti hamil. Bener-bener diluar ekspektasi!!! Bahkan si dokter menyalahkan aku gara-gara HB rendah ini BB bayi kurang.. (padahal kurangnya cuma 100gram aja). Katanya, kalo HBnya ngga rendah, kemungkinan BB bayi sekarang bisa 3kg. Doh aku dah ngga bisa mendebat apa-apa soal itu. Kaget, shock!!!!

Begitu keluar ruangan dokter, si Papa bayar administrasi, aku sama Ole ke mobil. DI mobil, air mata udah ngga terbendung lagi. AKu menangis sejadi-jadinya di mobil. Rasanya nyeseeeeellll banget. Kenapa ngga rutin makan suplemen, kenapa harus cesar kenapa begini kenapa begitu. Merasa bersalaaaaahhh banget. Tinggal si Ole yang bingung lihat emaknya nangis.

"Mama kenapa nangis? Ngga apa-apa kok diperiksa Pak Dokter, ngga sakit kok Ma.. Cup-cup jangan nangis ya Maaa.. maafin Riffat yaaaaa"

Huhuhuhuuuuuu nangisku tambah kenceeeennnggg...

Setelah agak reda tangisku. Si Papa punya ide untuk cari 2nd opinion ke dsog yang buat kontrol Riffat dulu. Prakteknya di RSIA Muhammadiyah Taman Puring. Ya sudah kita akhirnya kesana setelah sebelumnya telepon dulu ke sana buat mastiin beliau praktek engga. Ternyata memang hari itu beliau praktek!!.. Alhamdulillah.

Sampai sana, ngga sampai lama nunggu karena jam praktek beliau hampir berakhir. Langsung dicek, dipegang-pegang perutku, trus USG. Subhanallah.. pas diusg, kepala di ole.02 udah dibawah, dan letak plasenta juga diatas!!!! Subhanallah aku ucapkan berkali-kali dalam hati. Gimana bisa sejam sebelumnya masih melintang dan posisi plasenta dibawah, trus tiba-tiba bisa muter. Terima kasih Allah.

Kata dokter, memang posisi kepala dibawah cuma belum masuk jalan lahir. Tapi kemungkinan untuk lahir normal bisa bangeet. Aku tanya BBnya, yup BBnya sama persis kek pas diperiksa dokter sebelumnya 2400gram. Dan beliau bilang normal, memang segitu rata-rata. Lalu aku jelaskan lagi kalo HBku 7,9. Beliau kaget. "Masak sih?? Coba lihat tangannya.." kata beliau. Setelah melihat tangan dan lidahku dsog ngga percaya kalo HB 7,9. "Ngga ah Bu.. ngga mungkin 7, coba periksa lagi aja HBnya". Oke dok. Kalo bener 7 emang harus diinfus zat besi sekitar 2 hari biar cepet naik

Akhirnya aku cek lagi HB di lab RSIA. Dan hasilnya.... 9,6!!! Alhamdulillah lagi.

Setelah cek, temui dokter lagi. Alhamdulillah dokter bilang aku ngga perlu rawat inap buat infus zat besi dan memastikan bahwa aku bisa melahirkan normal!!..

Hmmm.. alhamdulillah Ya Allah. 2 minggu lagi bakal dievaluasi lagi. Sekarang aku harus menggenjot kekurangan HB ini dengan makan yang banyak mengandung protein dan zat besi. Plus minum supplemen.

Akhirnya rencana tadinya mau melahirkan di RSAB Harapan Kita dengan dokter yang pertama aku urungkan. Memang dari awal sudah ragu-ragu banget. Mengingat beberapa kali pengalaman buruk periksain RIffat disana. Plus rada ngga sreg sama si dokter yang kurang komunikatif walaupun sebelumnya udah dapat referensi dari beberapa temen dan hasil browsing kalo ni dokter bagus dan pro normal. Makanya shock banget waktu beliau bilang harus cesar, padahal katanya beliau ini pro normal banget. Mana ngga nunggu 40minggu mo langsung cesar pas 37minggu. Dari sini aja udah ngga sreg. Kenapa dipercepat? Kenapa ngga dievaluasi dulu 2 minggu lagi barangkali aja masih bisa muter. Hmm.. positive thinking aa deh. Dia udah berpengalaman dan mungkin pengalaman dia umur 34 minggu itu udah ngga bisa muter-muter lagi.
Aku milih di RSAB HK karena pertimbangan deket dari rumah saja. Walaupun nantinya palingan ambil kelas 2 yang ngga bisa ditungguin sama sekali. Disana cuma kelas VIP yang bisa ditungguin.

Sekarang mantep.. insya Allah, aku akan melahirkan di RSIA Muhammadiyah Taman Puring saja. Kemarin udah tanya-tanya. Disana semua kelas bisa ditungguin oleh 1 orang keluarga, kecuali VIP bisa ditungguin bebas berapa orang (tapi ngga sekampung nungguin yaa hehehe). Trus disana udah menerapkan IMD dan ASIX. Yess..
Harga ngga beda jauh dari RSAB HK. Kekurangannya cuma rada jauh dari rumah. Ahh ngga papalah palingan juga cuma 3-5hari di RS. Insya Allah urusan Riffat bisa dihandel Papa dan Eyangnya nanti.

Hmm.. doain ya temans.. mudah-mudahan semuanya lancar sesuai dengan yang aku harapkan





36 komentar:

  1. Sesar atau normal, yang penting semuanya sehat ya buuu. Insya Allah semua lancar2 aja, amin.

    BalasHapus
  2. duh ikutan shock juga Da.....alhamdulillah ahirnya baik lagi...
    apapun hasilnya yang penting semua sehat ya Da....amiinn

    BalasHapus
  3. hiks,jadi inget waktu kejadian sasha... Gue juga dapet info gak enak,nangis semaleman... Pas ke 2nd opinion,langsung gak boleh pulang... Wis,sekarang ditenangin aja. Semoga semua berjalan baik ya, Da...

    BalasHapus
  4. aminnnnn..... lancar semuanya ya mbaaa.. bayi dan ibu sehat...

    BalasHapus
  5. taman puring ddeket kantor gue, perlu ikut nungguin? hihihi... protes ntar papanya Riffat good luckya da...mduah2an lancar

    BalasHapus
  6. Kabar kabari ya Da.. kira2 kapan lahirannya. Smoga lancar
    RSIA TP mah cuma sekali doang naek 74 dari rumahku

    BalasHapus
  7. iya Ka, sekarang gue nyoba tenang dan berpikir positif.. banyak doa..
    mudah2an lancar semua

    BalasHapus
  8. boleeh siiiill.. sambil bawain ciskek yaaa hhihihihi

    BalasHapus
  9. iyaa pasti teh icho..
    heleeeh teteeupp trayek angkot hihihhi

    BalasHapus
  10. duhh..mba untungnya dikau cari second opinion ya. aku jg nih lg binun ma DSOG ku tp pasrah aja lah ma Allah. smoga qt lahirannya sm2 dimudahkan ya sm Allah. lancar, sehat, selamat ibu dan bayinya. amien

    BalasHapus
  11. aduuh da.. kaget bacanya..
    gw 34 minggu mah 2600 gram..yaelah cuma beda 2 ons doang kali ama elooo..segitu aja gw dibilang over dikit.. berarti dokter lo sebelumnya lebay tuh pas bilang klo BB janin kurang..

    gw jg kadung infus zat besi da.. pdhl HB gw 11 koma, tapi feritinnya yg rendah banget, mendekati ambang batas bawah..

    huhu mudah2an lancar semua ya daaaaa....
    di deket2 sana tuh jg ada RS yg bagus, pro normal dan IMD, RS Gandaria.. tau gak?
    temen gw sukses normal dan IMD di sana da..

    BalasHapus
  12. iyaa..
    soalnya dari awal emang udah rada ngga sreg sama nich dokter..
    iya sama-sama doa yaa

    BalasHapus
  13. sehat dan lancaarr yaaah daaaa....uhuuuyyy punya keponakan lageeee

    BalasHapus
  14. iya Nik si dokter lebay banget. Ktnya kalo HB gue normal BBbayi pasti udah 3kg.. Booo still 6weeks to gooo.. brati nanti bisa 4kg dong lahir :(

    Iya tau Nik RS Gandaria. Tp gue udah sreg di RSIA Muh..

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah. Bacanya sampe deg2an .. Soale dulu ngalamin yang tiba2 diminta utk rawat inap malam itu juga .. Ck.

    BalasHapus
  16. iya aku jg 34w BB bayi 2,7 kg ajah...itu aja dah diwanti2 jgn kegedean..huhu dokternya lebay mba ida

    BalasHapus
  17. jangan bandel dong... khan ini juga untuk calon Tole... hayo kalo masih bandel, ntar dijewer nih..... masih ada waktu 6week untuk mengejar ketinggalan, DILARANG KERAS BANDEL...........
    Didoakan lancar dan sehat ya jeng! Amin

    BalasHapus
  18. jadi intinyaaaa.....cari 2nd opinion, n kalau dipeliksa doktel jangan nangisssss...iya kan mas Riffat?! :p

    tmen g mlahirkan di Muhammadiyah taman puring juga, di sana malahan kalau mau ngasih anak sufor bakal disuruh ttd bahwa itu adalah pilihan ibunya, mantaafff! tebulak ya bo sama RS2 penjual sufor ;p

    BalasHapus
  19. amiiinn... mudah2an elo cepet ketularan ya boooo

    BalasHapus
  20. doh ampuuunnn jangan dijewer dooongg..
    Kirim fruit cake aja deehh mba ef biar HBnya cepet nambah :p

    BalasHapus
  21. iih tante diniii.. salaaahhh.. diperiksa pak dokteerrr..
    Riffat kan udah bisa ngomong es krim!!! =p

    BalasHapus
  22. iya din.. gue lega pas lihat ada banner besar IMD dan asix disonoh.. trus mantepin lagi tanya ke susternya..
    trus clingak clinguk juga ternyata ngga ada tempelan2 dari produsen sufor hehehe

    BalasHapus
  23. Wiiihh...mantaf tuh RS...jarang2 kan ya...
    Mudah2an sgala nya lancar ya Da...

    BalasHapus
  24. tp sodara gue disuggest chilkid platinum sama salah satu dokternya :) jd kudu keukeuh bener. Ngg..dimana2 kudu gitu sih...kitanya yg lebih teguh dan aktif. Mudah2an elu lancar jg nik

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah banget ya.. Rejeki nomplok namanya pas nemu RS dan dokter yang enak banget
    trus kondisi dedek bayi bagus banget..
    Mudah2an lancar ya mbaa.. amin

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah banget ya.. Rejeki nomplok namanya pas nemu RS dan dokter yang enak banget
    trus kondisi dedek bayi bagus banget..
    Mudah2an lancar ya mbaa.. amin

    BalasHapus
  27. aminnn..thanks ya sil..
    waaah pas gw nengokin temen gw sktr hampir 2 thn yg lalu mah kagak ada tanda2 yg mengarah ke materi promo sufor tuh sil..
    ternyata pro IMD pun gak jaminan dsa nya bebas doktrin sufor yah..hiks..

    BalasHapus
  28. Ayo2, suplemen zat besinya jgn kelupaan. Biar hb nya cepet normal. Moga lancar n baik2 aja yo, da.

    BalasHapus
  29. mudah2an lancar semua..
    Ikut deg2an

    BalasHapus
  30. pasrahin ama yg diatas da, biar l juga nga stres. tcare

    BalasHapus
  31. Ya Allah da...kaget juga baca postinganmu...Memang itulah pentingnya second opinion yah...gutlak yah...moga semua baik-baik saja...

    BalasHapus
  32. alhamdulillah... mudah2an lancar dan bisa lahiran natural ya mba :)

    btw gede atuh 2400 gr mah.. bayiku tadi perkiraan 2.2kg saja :) tapi ya itulah, namanya juga perkiraan, belom tentu bener.. ada plus minus nya....

    BalasHapus
  33. Kalau boleh tau dr.spog nya siapa ya mba? Saya tertarik juga melahirkan di rsia muhammadiah tampur krn deket dari rumah. Lg bingung nyari dr.spog nya ini.. yg pro normal.. tks

    BalasHapus