Senin, 03 September 2007

Sedih.. oh bangsaku..

Tadi siang seperti biasa aku pulang ke rumah untuk setor ASI perah dan tentunya  ketemu thole.. Begitu keluar dari gerbang belakan kantor, terlihat ada keramaian Ibu-ibu. Ada apakah gerangan?? Selidik punya selidik.. ternyata mereka antri minyak tanah!!! Tampak jerigen-jerigen disusun berderetan sampai 10 meteran panjangnya. Lalu di depan agen minyak tanah sedang ada truk tanki yang sedang menurunkan muatannya. Terlihat juga ibu-ibu yang sudah keluar dari antrian dengan membawa jerigen yang sudah terisi setengah jerigen minyak berwarna hijau. Tentu saja mereka mereka membawanya sambil tersenyum puas.. Iseng aku berhenti di warung sate sambil beli sate tuk dibawa pulang.. Sembari nunggu aku ngobrol sama penjual sate..
Aku :"Gila ya bu antriannya panjang banget.. "
Penjual sate : "Iya Mba udah gitu dapetnya cuma 2 liter"
AKu : "apa mereka ga dapat subsidi gas sama kompornya bu?? Ibu pakai apa?"
Penjual sate : "saya sudah dapat mba kompor sama gasnya.. tapi balik lagi ke minyak.. habis udah ditakut2i orang gasnya.."
Aku : " Emang kenapa buk?"
Penjual sate : "Pernah ada orang datang dan bilang kalau knop penutup gasnya berbahaya.. nah si orangnya praktekin betapa ngga amannya knop penutup itu.. Jadi knop dibuka jadi otomatis gas keluar dari selang trus disulut sama korek ya langsung mak wushh gitu mba.. Ya saya takut.."
Aku : "Loh itu orang dari mana Buk?"
Penjual sate : "Dari petugas gasnya mba.. dia bawa barang knop yang bagus harganya 175ribu.. nah kalo pakai knop yang itu biar kompor dimatiin otomatis gasnya ngga keluar.. lah harga segitu kita ya ga kuat beli lah.."
Aku : " Yang bagus itu yg gimana buk?"
Penjual sate : "Yang ada pengatur suhunya mba"
Aku : Buk, saya ngga pakai yang itu juga aman kok.. Ngga apa2 asal nutupnya benar dan kencang.. "
Penjual sate : "Iya mba di toko2 harganya juga mahal lebih dari 200ribu.. ya udah akhirnya kita balik lagi ke minyak"
(dalam hati.. ni pasti orang iseng yang memanfaatkan situasi dengan berjualan knop penghubung selang dan gas nih..)
Aku : " Buk, itu paling orang iseng Buk.. yang penting pas mau makai pastiin aja ngga ada gas yang bocor.. tandanya kalo ada gas bocor baunya kayak durian gitu Buk.."
Penjual sate : " Wah saya udah ngga berani mba.. kalo njeblug lah rumah saya ikut kebakar gimana.."

Yah.. akhirnya sate matang, setelah bayar aku menstater mioku yang udah kepanasan..
Hmm.. dalam hati rasanya ngga karu-karuan.. Indonesia makin tua bukannya makin makmur malah tambah miskin.. Ngenes juga kalo lihat di jalanan berbagai mobil berbagai merk ada di jalanan Jakarta.. tapi di balik itu.. hmmm rakyat masih banyak yang sengsara.. Beli gas aja ngga bisa. Cara gunakan kompor gas aja ngga tau.. Duhh.. SALAH SIAPA NIHHH??

Langkanya minyak juga bisa dibaca di sini http://www.beritajakarta.com/V_Ind/berita_detail.asp?nNewsId=25563

How lucky I am..




11 komentar:

  1. iya aku merasa beruntung kalo liat antrian itu huhuhuhuhu
    sedih liatnya... dan sedih juga tiap ada yg ngeluh masalah gas, takut kebakaran lah huhuhuhuhu

    BalasHapus
  2. iya ada orang yg ambil ke untung an,tapi nggak mikir akibatnya yg penting dpt untung.....aih...soal tiru meniru orang indonesia ahlinya
    susu buat bayi di palsu,obat obat an,dan skarang knop buat gas
    pemerintah harus turun tangan,kalaupun mau bantu jangan setengah
    tengah,kasih juga donk knop yg aman dgn harga ter jangkau,

    BalasHapus
  3. Iya bener banget mba.. di deket rumahku juga banyak orang ngantri minyak tanah, ampe jalanan macet. Udah gitu pake gas pun gas mau naik juga kan harganya.., ngga tau nih mau jadi apa ya negara kita..? Makin tua umurnya bukan makin makmur malah rakyat banyak yang tambah sengsara.., prihatin..prihatin..:-(

    BalasHapus
  4. ada yang nyebelin soal ini.. ternyata ada juga segelintir orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesusahan.. itu lhoo.. orang yang ngaku2 dari gas nakut2in eh ternyata mau jualan penutup selang.. jahat banget sihh

    BalasHapus
  5. Ngga tau juga ya knop yang dari pemerintah itu aman atau ngga.. Selama ini aku pakai yang biasa juga udah cukup aman..

    BalasHapus
  6. bangsa yg besar ini makin tidak berdaya melihat ulah para oknum2 nakal ini.. juga bangsa yg besar ini makin tdk berdaya terhadap tetangga nya.. ironisssss.. tp tetap ini bangsaku.. Indonesia Raya..

    BalasHapus
  7. mau membudayakan pk gas, tapi harga gas & kompor melambung jg. Btw, bukannya pk gas itu lbh ramah lingkungan dr pd minyak tanah. Pk gas berarti jg membantu mengurangi pemanasan global kan?

    BalasHapus
  8. Untuk orang-orang dengan kondisi begitu.. apa mereka peduli sama pemanasan global.. lah wong mikir cari duit buat makan apalagi beli gas aja ngga punya..

    BalasHapus
  9. Hiks..hiks..hiks... Sedih banget baca tulisan diatas. Cuma bisa turut prihatin tanpa bisa membantu banyak. Makin banyak aja ya, orang2 yang menari-nari diatas penderitaan orang lain... Parrrah. Mungkin yang ada di otak mereka, hidup untuk di dunia saja...

    BalasHapus