Kamis, 13 September 2007

Siapa yang bener?? Pos atau Kurir??

Bener-bener deh hari ini beteeeeeeeee banget!! Bete banget deh sama kantor pos..!! Bener-bener dikerjain kantor pos sampe 3kali!!! (apa sama kurir ya??) Kemarin aku mau kirim barang ke Kediri ke tempat kaka iparku. Nah pengennya sih cari yang murah. Si kakak iparku rekomendasiin lewat pos aja karena rumahnya jauh dari kota Kediri. Ya sudah akhirnya aku hari  Rabu jam 14.00 ke kantor pos kecil dekat rumah.. Eehh taunya sampai sana tutup.. Aku tanya orang2 yang lagi nongkorong dekat situ.. katanya tutup jam 13.00. Trus aku tanya dong bukanya jam berapa.. Buka jam 10.00 mba.. katanya. Gubrakkks deh nita ga sih ni kantor buka.. Gile cuma 3 jam mau dapet apa coba?? [Dikerjain pasrt 1].

Trus hari berikutnya which is hari I puasa.. jam 11.00 aku ke kantor pos seberang kantor. Mana harus nyebrang lewat jembatan.. panas pulak.. dalam hati udah ga enak aja nihh.. Eh bener.. kantor pos TUTUP!!! [Dikerjain part 2]

Akhirnya aku pulang ke kantor dengan hari yang kuesel bin dongkol... (mana puasa lagi..) trus aku coba browsing tarif pos di www.posindonesia.co.id seberapa murah sih.. Ehmm murah juga sih untuk 3 kilo cuma kena 15ribu.. (Ngga tau ni tarif apdet engga.. asumsiku pasti lebih murah dari tiki karna di TIKI kena 50ribu)

Akhirnya aku coba minta tolong kurir kantor yang mau jalan.. Sambil iming2in dikasih upah dia mau dititipin..
Sorenya si kurir ngga nongol.. Akhirnya baru pagi tadi dia nongol dengan cerita mengagetkan!! Katanya tuh barang jatuhnya lebih dari 3kg n kalo lebih dari 3kg ngga bisa pakai jasa yang biasa harus pakai jasa kilat. Padahal di resinya jelas-jelas tertulis beratnya cuma 2,3kg.. Dan guess what.. kenanya malah 59ribu!!! Aku udah males berdebat sama si kurir.. mungkin kalo aku sendiri yang ke kantor pos aku berani medebat petugasnya.. Ga tega aja udah nyuruh masak mau ngomel-ngomelin dia.. Hrrrggggghhh gemes dehhh.. Dan ditambah ongkos nyuruhnya 10ribu.. SO total costnya jadi 69ribu!! Hu.. hu.. huuu... [DIkerjain part 3 nihh]

Ngga tau apa si kurir bener ngga dengan alasan yang kenanya 3kg.. yah aku ikhlasin aja lah itu hehee.. daripada puasaku hari ini ga dapat pahala.. habis mau gimana lagi lah wong udah terjadi..

Lesson learn-nya adalahhhh... JANGAN PAKAI POS LAGI DEHH MENDING TIKI OR JASA KURIR LAINNYA AJAH.. Trus lesson learn yang kedua.. JANGAN NYURUH KURIRKU LAGI DEHHH HAHAHA.. (ini suudzon ga yah namanya.. habis emang track recordnya udah jelek sih.. aku aja yang bodo masih percaya sama dia)

Ceritanya nih aku mulai usaha kecil-kecilan. Aku jualan bros-bros, kalung, gelang imitasi n dari batu-batuan. Sebagian udah aku upload di blogku yang ini yaa.. http://broscantik.multiply.com. Nah aku mencoba memperluas jaringan selain aku jual sendiri ke kantor dan lingkungan rumah. Pertama aku minta kakakku yang di Semarang untuk jualin.. Udah 2 minggu ini sejak barang dikirim barang udah laku lebih dari 50%.. hmmm mayan.. Trus aku coba tawarin temanku.. eh dia mau.. Baru kemarin barang nyampai ke dia.. Moga sukses ya Yun!!.. Trus yang ketiga aku coba tawarin ke kaka iparku di Kediri.. Nah kejadiannya malah kayak gini.. Mau untung malah buntung.. Mau ngebebanin ongkir ke pembeli lah kok ga tega.. Sekarang aku targetnya cari pasaran dulu.. melihat ke selera konsumen.. Yah untuk awal ngga papa lah rugi dikit.. Toh bisa ditutup dengan penjualan yang lain..

Sekarang ini aku lagi semangat-semangatnya coba usaha sendiri. Dari jualan beberapa produk, dari kosmetik sampai mukena.. aku lebih seneng jualan asesoris ini. Modalnya ngga besar, tapi keuntungan lumayan.. Dan lagi nawarin ke konsumen juga gampang.. karna harganya relatif murah dan ngga harus nunggu mereka gajian dulu baru terima duitnya haha.. Biasa kan gitu kalo barang-barang mahal kita modalin dulu jadi dapat untungnya pas gajian.. hehe..

Hmm.. buat yang lain.. yang mau usaha juga.. bisa loh kalian jadi resellernya.. dijamin pasti laku dan reseller bisa menjual dengan keuntungan sampai 50%. Dengan untung segitupun tetep terlihat murah karena di pasaran harganya jauh lebih mahal..

Sebagian koleksi bros sudah diupload di http://broscantik.multiply.com. Tersedia juga produk kalung, gelang, anting dan asesoris lainnya..

Hahaha.. numpang iklan ga papa kan yaa...



11 komentar:

  1. Wah ntar aku mampir ke broscantik yaa....

    BalasHapus
  2. ok mbak aku coba meluncur ke sana :) ,salam kenal

    BalasHapus
  3. hihihi... sesama pemain baru kecil2an, memang kantorpos kebangeten mbak hehehe.... saya kirim ke aceh, sampai pelanggan sendiri ambil kantor pos. tapi ke LN malah cepet, heran memang (yg cepet kantor pos sana hehe)

    BalasHapus
  4. He..he mau irit malah jadi rugi ya tante.., itung-itung buat pengalaman deh.. Ntar aku bilangin mamaku untuk mampir di bros cantik ah.., siapa tau ada yang cocok..

    BalasHapus
  5. Da, klo aku sih mendingan pake pos express sehari nyampe..harganya gak jauh beda ama jasa2 pengiriman swasta..

    met bisnis yaaa

    BalasHapus
  6. Thanks inputnya mba Uci.. Tapi aku udah parno nih sama pos.. Lah wong buka kantor aja ga niat gitu hehehe

    BalasHapus
  7. lagi puasa2 dikasih cobaan itu namanya...
    bisa gak kita menahan diri utk tdk marah & suuzon ama org..hihihi

    BalasHapus
  8. iya-iya bener.. makasih ya udah diingatkan

    BalasHapus