Rabu, 04 Januari 2012

[Riffan] Weaning with Love

Terhitung sejak 16 Desember 2011 lalu, Ipan resmiii GAK NENEN!!
Gak pakai boong-boongan kalo nenen mama sakit, ato nenen gak enak ato apalah, tapi murniiii karena proses weaning yang sudah betul-betul kami berdua sadari.

Nenen itu kan proses yang melibatkan kedua belah pihak, baik ibu maupun anak. Jadi ya, harus nunggu sampai dua-duanya siap. Ipan saat weaning atau sapih umurnya 2.5tahun. Gak sounding apa-apa sih sejak 2 tahun, karena emaknya masih menikmati banget proses nenenin, elus-elus, disedot-sedot sampe bunyi ditelan mak gluk gluk hehehe. Sampai menginjak bulan November nenennya udah berkurang banget, nenen cuma buat kenyamanan aja bukan kebutuhan akan asi. Karena aku masih butuh Ipan tidur sekitar jam 9-10an di pagi hari jadi di jam tersebut aku tawarin nenen supaya dia segera tidur dan aku bisa ngerjain kerjaan rumah+tokoultah, aku bikin kesepakatan sama Ipan, "dek, nenen pagi aja yaa malam engga", Ipan diam, mikir, belum jawab, lalu aku bilang lagi "gak nenen malam tapi kalo adek mau bobo gantinya dikelonin sama dipukpuk", Ipan pun jawab "yaa, oke deee", gak lupa kamipun toss hehehe ^_^.

Malam hari dia minta nenen, aku ingetin lagi kesepakatan yang udah pernah aku bikin, "kan tadi kita udah sepakat dek kalo adek malem ga nenen", Ipan agak kecewa tapi gak nangis, tangannya melingkar di leherku minta dikeloni. Tangan kirikupun mempuk-puk pantatnya, suksessss tidur tanpa nenen :D. Hal ini berlangsung semingguan sampai akhirnya dia ngerti dan gak minta-minta nenen lagi malem hari.
Nenen sekali sehari berlangsung sekitar 2mingguan sambil aku iklan kalo adek dah 2tahun ga usah nenen, ga nenen tu keren banget looohh berarti adek dah ga bayi lagi dsb dsb. Walopun dia kliatan gak dengerin tapi aku yakin iklannya bakal nyampe juga ke dia.

Nah sampai akhirnya tanggal 16 Des itu, kami pergi seharian dari pagi alhasil Ipan tidur pagi di car seat tanpa nenen. Sejak 1.5tahunan kalo di mobil emang gak pernah nenen dan aku disiplin kalo masuk mobil harus duduk di carseat, jadi duduk sampe tertidur di car sear emang udah biasa banget buat Ipan. 16.. 17.. 18 Des.. 3hari gak nenen blas si Ipan. Hmmm kayaknya bikin kesepakatan baru aja sekalian deh... "dek sekarang ga usah nenen lagi ya? kan adek dah 2.5 tahun, udah gak bayi, ga usah nenen ya?"... seperti biasa kalo lagi gitu dia diem dulu... trus aku yakinin sekali lagi bahwa dengan gak nenen adek dapet ganti nenen, boleh minum susu pakai gelas, bobo dikeloni dsb. Akhirnya keluar juga kata-kata "Yaa, oke deeee" hihihi..

Udah.. so simple as that! Sejak itu sampai sekarang udah ga inget nenen lagi. Eeeeeh pernah deng sekali dia minta nenen, tapi balik lagi aku ingetin kesepakatan dan alhamdulillaaaaahhh Ipan bisa terima tanpa tantrum tanpa nangiss...

Udah gede kamu ya Leee... kalo kata @intamardwityo di twitter, Ipan udah bujang!! Glek!! Jangan secepat itu doooongggg.... Akyu masih pengen peluk-peluk uyel uyel diaaaaaa :((

At the end.. seneng banget melalui proses yang sangat menyenangkan ini, gak ada yang tersakiti, gak ada yang gak rela... Alhamdulillah..





7 komentar:

  1. wah...jempol buat Ipan.
    Fia gak sampe 2th, Da. 23M wis mandeg dewe, pdhl gak diniatin nyapih :(

    BalasHapus
  2. gpp ya Fiaa, yg penting atas kemauan dia sendiri :)

    BalasHapus
  3. kereen Ipan, cium dari Budhe.. eh masih ada oleh2 gak ahahaha

    BalasHapus
  4. hahaha kesini aja Budeee entar dipesenin gado2 juaraaa hehehe

    BalasHapus
  5. Kerennn ah...bener dah bujang masa masih nenennn...hehehehehe

    BalasHapus