Kamis, 05 Agustus 2010

Gelar, kapan dipakai?

Postingan yang sangat gak penting! Lagi pengen iseng hehehehe..
Sesuai judul, yg dimaksud adalah gelar kesarjanaan macam SE, ST, dr, drg, akt, apt, what u name it! Buanyaak!! Aku inget-inget, aku cuma pakai gelar sarjana itu pas nglamar kerjaan doang. Jadi diakhir surat lamaran, tertulis Rgds, nama lengkap, gelar. Ya namanya surat lamaran, kan judulnya narsis sama kemampuan diri sendiri and menunjukkan kita ni lulusan apa sih? Hehehe.. Jadi gelar dipakai hanya untuk urusan formal menyangkut kerjaan dan karir. Cuma satu yang bikin aku gak pede, di KTPku tercantum nama gelar, yang berimbas pada nama di rekening bank2 tempat nabung. Hiks! Entah kenapa kelurahan iseng banget nempelin gelar di belakang nama KTP. Lah kok bisa?? Jadi critanya kelurahan minta fotokopi ijazah terakhir waktu aku ajuin KK baru, pindah dari KK semarang ke KK Jakarta, gak tau juga kenapa langsung dicantumin. Apa memang begitukah? Tapi karena itu juga ada temen yang ngakak sengakak2nya pas tau KTPku ada gelarnya. Hiks2...

Nah uraian diatas itu menurutku yah. Ketika aku melihat ada temen di FB yang nick namenya nama plus gelar aku jadi geli sendiri. Hehe.. So what gitu loh kalo loe dokter, so what kalo loe akuntan! Hehe,, wong status yang ditulis juga biasa aja soal keseharian dia hehe. Kenapa gue sirik banget yak! Wakaka

Trus, senyum2 sendiri juga waktu pertemuan orangtua di skul Riffat. Di buku tamu, orangtua murid yang duduk di sebelahku nulis nama and tambahan 'drg' di belakangnya. Jujur, aku langsung mengkeret.. Siyal! Rasanya udah paling jelek sendiri karna aku cuma FTM *lebay klo yg ini, FTM yg lagi sensiii. Pas aku critain ke suami, dia bilang.. 'Halaaaah pamer banget sih! Trus kenapa kalo dia dokter gigi?' Hehe..

Sedangkan kalo aku lihat nickname orang-orang yang aku follow di twitter, orang-orang yang ahli marketing, pengusaha sukses, bahkan seorang Hermawan Kertajaya pun gak nulis gelar atau keahliannya di nickname twitternya. Hehe..

Aku malah seneng sama orang hang nambahin nicknamenya dengan yang lucu-lucu walau kadang suka lebay karna namanya jadi panjang. Misalnya 'anang bukan duda KD', 'Mbah Bayu', 'Agus terlahir kembali' ini ga tau apa artinya deh.. Mungkin karna emang dia lama ngilang trus tiba-tiba muncul! Hehe..

Kalo aku sendiri, cukup nama asli aja yang aku tulis di FB, karna biar temen-temen lama yang lamaa gak ketemu langsung ngeh ini siapa. Jujur aja, aku gak ada panggilan khusus waktu sekolah sampe sekarang karna memang aku orang biasa *halaaah emang siapa loe Da*. Palingan di signature email yang kadang pakai kata "ida emaktole" hehe..

Udahan ahh postingan gak penting ini...

selamat bekerja buat yang kerja, eke mau mandi dulu hehehe


54 komentar:

  1. hahahaha.. minta apus ajaaa norak tauuuu....

    BalasHapus
  2. Buat prestige da..tapi gue inget pas month nikah nga mau nulis gelar di undangan eeeh ortu ama camer protes soale kata mereka gelar di anak itu kebanggaan buat ortu jadilah gelar pun dipake buat di undangan wkwkwkw

    BalasHapus
  3. hehehhehe....
    baru tau di ktp ada pencantuman gelar
    kalo bapakku pernah nyantumin gelar sarjanaku pas ngirim surat dialamatkan kantor pulak. aduh malu nya aku temen2 pada ngetawain aku.
    mgkn bapakku bangga ya punya anak wedok lulus sarjana hihihihi. biasa aja lagi pak..

    BalasHapus
  4. hihihihihi...
    besok kalo ada pertemuan ortu, tulislah Ida, FTM...
    biar keren...
    :D

    BalasHapus
  5. kl oang berlomba2 memasang gelar di undangan nikah, gue n ortu malah ogaaahh n soal gelar jg gue paling males pasang dimana2, cukup PD dengan nama lengkap sajah

    BalasHapus
  6. Mandinya jangan lama-lama, ditungguin lanjutan ceritanya tuh ama orang sekampung empe.

    Gelar 'kan mahal dapetnye, jadi jelas ada yang gak rela kalau gak ditempel di depan atawa di belakang name-nye. Takut jadi DRS - DiReken Sepi - gak dianggep sih, jeh!

    Kalau dipasang gelarnya, setidaknya dia masuk MP diceritain ama anda gitu toh? ;D)

    BalasHapus
  7. jaman gue kerja di Ma***chi.. kalok terima CV.. orang yg nyantumin gelar, gue liat univ nya dulu.. kalok cuma univ kelas dua or tiga, gue skip hahahahaha.. *jahat mode on*.. kalok kelas satu, gue liat dulu lah profil nya, mesti kata [mantan] bos gue bilang: orang yg nyantumin gelar di CV pasti orangnya SNOB.. and.. yess.. he's right..

    BalasHapus
  8. Baru habis mandi nih Pung.. walah Pung.. Ini tulisan cuma iseng yah hahaha.. Nah kayak Opung, di MP kan juga sama kek FBnya. Eh twitternya apaan Pung? Seru tuh follow @PakBondan twitnya soal kuliner, kan Opung kek beliau tuh suka kuliner kemana mana hehehe

    BalasHapus
  9. hehehe..kejadian sama, aku dan suami keukeuh ga mau nulis gelar di undangan, ortu komplen, tapi emang kita berdua kompak ga mau pake, jadilah undangan tanpa gelar dan ortu geleng2 kepala liat ke-keukeuhan anaknya, hehe

    BalasHapus
  10. Arie
    Siaaaal luh! Wkwkwk emang norak sih! Hahaha tip ex aja kale yak :D males bener ngapus gelar doang ke klurahan :(
    Rie, gw nulisnya di surat lamaran doang.. Di CV mah kagak *inget2 pernah nglamar di kantor arie gak ya? :(

    Rita
    Kalo di undangan gw tulis Ta atas permintaan ortu, walopun jadi aneh karna laki gw pas nikah blom ada gelar wkwkwkw.. Gelar S.. nya baruuuu aja diraihnya wakakaka

    Esti
    Laaah mbaaak, hahaha untung bapakku rak ngono palingan kalo kirim2 tambahannya 'ananda' ida hehehe

    Febbie
    Iyaaaa kaget bener gw knp dicantumin huaaaaa

    Ika
    Wkwkwk mendingan gw tulis wahm *cieeeee

    Nia
    Te o pe dah lu ma bonyok lu :p

    BalasHapus
  11. mba ida, di tempatku kerja FTM itu keren loh kepanjangannya Field Training Manager...hehe

    BalasHapus
  12. Laki gw jg ga tau gmn, gelarnya masuk ke KTP, susah bener ngilanginnya..
    Gw pernha liat org yg nulis lgkp gelar2nya, even gelar sertifikasi, haduuuh cape deh ...
    Kenalin, nama saya Eva maknya PGMF FTM N WOHM ... Keren ga...

    BalasHapus
  13. dian prima S.Sos dan calon M.Kom.. WAHAHHAHAHHAHAHA.. puasssss puasssss.... sakjane ra penting sih, kecuali kalok kerja jadi PNS. wah penting itu.. palagi kalok sekolahnya dibiayain kantor... wahhhh soyo penting ben ra disangka korupsi uang kuliyah :-D

    aku sakjane pengene gelar'e Dian Prima, CAS. Calon Ahli Surga *ditendang*

    BalasHapus
  14. Tapi sik.. You better see this and LAUGH your bottoms off!!! (sumber: email dari temen)

    BalasHapus
  15. Dizna,
    Waaaaaa kereeeen!! Field training manager bagian dapur alias ngetraining babu wkwkkwk

    Mba Eva
    Tuh kan susah ya mbaaaa huahuahuaaa.. Bakal makin banyak yg ngetawain :(
    Wooowww keren tuh mbaa, skolah dimana tuh? Hahaha

    Depe
    Cieeeee MKOM ni yeeeeee
    Sing trakhir amiiiiiinnn :p

    BalasHapus
  16. depeee.. iyaah.. kocak banget itu notaris.. pasti beli itu *nuduh*

    BalasHapus
  17. surat lamaran gue juga kagak cyyyn.... orang mah kagak liat gelar, tapi liat pengalaman..

    BalasHapus
  18. Arie
    Wakakakakk.. Biasa Rie, penyakit baru lulus! Bangga boo soale gelar gw langsung 2 wkwkwkwk

    BalasHapus
  19. huahahahahaaa...kaga pernah dipakeeee..malah suka malu gw kl cantumin gelar kl nulis nama..

    BalasHapus
  20. Tapi Da, bukane saiki gelar ki sakjane wis gak keren ya wkwkwk. Da
    Dadi kelingan ono sing daftar pesat, trus le ngomong ngene "catat ya mbak nama saya dra .....". Ya ampun ibu, cuman daftar seminar ngapain juga sih pake gelar.Emang trus dapet diskon apa :-))

    BalasHapus
  21. gue sampe bikin undangan 2 versi, satu utk sodara2 gue & suami, pake gelar. yg utk temen2 gue & suami ga pake gelar..
    Kalo mnrt kakak gue ya gitu juga, gelar itu masih penting/jadi kebanggaan ortu/keluarga, terutama utk keluarga2 di daerah, ya kel suami ya kel gue. Buat mereka malah aneh kalo kita ga ada gelarnya. Ntar mereka malah ngiranya kita ga disekolahin.. :-P

    BalasHapus
  22. Untung emak babe bukan tipikal gt. Und.kawin kagak pake gelar. Malah dibilang, emang mamah kasih nama pas brojol ada gelar akademik apah? Gelar akademik mah usaha keliyan"

    BalasHapus
  23. Ochie
    Mbweeeerrr maluuu

    Ken
    Iya betul2. Buat ortu emang kebanggaan. Di daerah masih tuh pakek gelar *termasuk gw wkwkwkwk

    Dyah
    Laaaah wong jadul iku Dy, gpplah sing penting gelem melu pesat hehehe

    Arie
    Lucky you Rie!

    BalasHapus
  24. Dipake pas bikin proposal kegiatan..... Semua panitianya dijejerin gelarnya.

    BalasHapus
  25. huahahhaa.. sama Da. gw jua geli liat gelar kesarjanaan temen gw mentereng di FB muncul.
    alamaak..

    BalasHapus
  26. Gw di npwp karyawan doooong gag pake gelar!

    BalasHapus
  27. Ira
    Hahaha kegiatan partai, biar kliatan 'wah, pengurusnya org pinter2' hehehe

    Teh Icho
    Hahaha iyaaa sumpee geleng2 kepala

    Ian
    Waduh, kalo elo mah dimana2 kepakek tuh gelar hahaha

    BalasHapus
  28. Iiihhh... Bukan. Kalo itu kagak usah... Justru acara sosial... Rt, rt, kelurahan

    BalasHapus
  29. Ooooohhh sorry Ra asal tebak hihihi.. Lah kalo acara rt, rw , klurahan, ngapa coba musti pakai gelar?

    BalasHapus
  30. Buat cari duit...sponsor... Panitia maulid aja, gelar gw dipake... Sepet ngeliatnya. Gw suruh apus, kagak dikasih...

    BalasHapus
  31. Kalok cari sponsor pake gelar, dapetnya gede gitu Ra? Masi lom ngerti gw :D

    BalasHapus
  32. Gak ngerti juga gw... Yang gw inget, gw pernah ribut sama panitia maulid gara2 masang nama gw pake gelar di proposal. Udah gitu salah, dibilang Drs. Harusnya kan S.Hum hahahahahhahahaa

    BalasHapus
  33. Ini panitia maulid lokal di kampung gw ya bu.... Yang laen juga pasang bderet gelarnya. Di proposal. Gw inget, ada gelar BA Ya...? Amd.... Pusing daaaah....

    BalasHapus
  34. Wakakakakakkk drs boooo!! Pantesan lu marah, kudunya MHum.. Cie cieee..

    Jadi inget, pernah dapet undangan nikah sepupu gw, lakinya bergelar AMd Pt. Bertanya2lah gw Ptnya apaan sih? Ternyata lulusan D3 peternakan. Jadi Pt means peternakan *penting ya bo?!. Nah diplesetin ma bokap gw. Oooo AMd Pitik! Wakakaka ngakak guling2. Bener juga, soale die kerja di peternakan ayam wkwkwk

    BalasHapus
  35. Oh iya... Gw pakai gelar saat konsul, beli obat, dan cek lab... Lumayan ada diskon hehehehheee

    BalasHapus
  36. idem nih mba, aku n suami n ortu masing2 jg ga mau masang2 gelar... cuman sekali nulis gelar lengkap banget.. pas ngirim imel ke milis temen2 n kebetulan waktu itu abis wisuda :)

    BalasHapus
  37. gw mah gak pernah nulis gelar mo dimana jua
    di cv biasanya gw tulis : profesional qualification : CCNP, CCIP

    BalasHapus
  38. ya itu gelar khusus, yg didapat bukan di sekolah

    emang elo tau itu apa *taunya gugling dulu pasteh :)*

    BalasHapus
  39. Ya kagak lah.. Males juga gugling :p. Ya sama aja kan lu jembreng gelar dimari hahaha

    BalasHapus
  40. tak kandani da, kuwi sertipikat cisco2 server2 ngono. awak dewe gak butuh kok da wakakaka...awak dewe bakul, gak perlu duwe server dewe :D

    undangan gue, gue pake gelar. gue berniat baik menunjukkan bahwa ortu udah nyekolahin sampe begini.
    dan taugasihlooo...babe eke gak trima cuman anak2 aja yg pake gelar *tepok jidat*. kekeh sekekeh2nya.
    akhirnya ngalah, sibabeh jembreng semua gelar dari haji sampe s3, sementara mertua haji doang.
    *gue yg tengsin*

    BalasHapus
  41. Kir, oooooowwwhhh lha yo makane gak penting nggo aku ngopo gugling hehehehhh

    Hahaha bapakmu ra gelem kalah, pomaneh nggo wong tuwo Kir gelar itu penting menunjukkan kedudukan *menurut wong tuwo :D

    Lha lucu meneh ono dulurku, di undangan anaknya ada tulisan, nama beliau, dibawahnya Mantan Kadinas pendidikan kab XXX
    Kekekekekk

    BalasHapus
  42. sesuk2 aku nek mantu iyo ah
    tak tulis 'moderator mommiesdaily' bwakakakak

    BalasHapus
  43. Gue berhasil menghapus s sos dr ktp gue dooong :)... Nggak ngerti jg kenapa dulu ada tlsn itu

    BalasHapus
  44. Kir
    Gelar membanggakan yo Kui Kir wakakaka
    Sisil
    Gmn caranya Sil? Males bener gw ke klurahan :D

    BalasHapus
  45. Gue juga ngga pernah pake gelar apa2 dimana2. Kecuali pas undangan nikahan doang, tapi gue liat sih banyak kok yg nulis gelar pas di undangan nikahan, gpp lah sekali seumur hidup kan Insya Allah.

    Gue juga kalo mo dijembrengin banyak gelar gue. Chef *ngaku2 chef padahal tidak ada yang mengakui* Dwi Sugiarti, S. Sos (Sarjana Sok Sosial), MM (Master of Makan), FTM (Full Time Mom) *ngga perlu gugling Da, gelar ngga penting semua, wakakak*

    BalasHapus
  46. Wiii, lo kan emang chef, yg ngakuin Dafa. Daripada gw, diakui sbg Bi Iyem sama Riffat huahuahuaaaaaa

    BalasHapus
  47. gara-gara gelar di undangan gw, kemaren jadi banyak yang tanya, MKn apaan sih? Gw jawab singkat aja: Makan... Kan gue suka makan... Wkwkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  48. @Ika
    Huahahahhh emang gelar opo kui Ka? Penting yaa? Wkwkwk

    BalasHapus
  49. cuma bisa geleng-geleng kepala. Orang memang beda-beda ya? ada yg suka gelar, ada yg tidak. Kalau saya suka sama gelaran sogo jongkok, murmer abiez:)

    BalasHapus
  50. cuma bisa geleng-geleng kepala. Orang memang beda-beda ya? ada yg suka gelar, ada yg tidak. Kalau saya suka sama gelaran sogo jongkok, murmer abiez:)

    BalasHapus
  51. Huahaha gelaran sojong mah siapa yg ga demen :p

    BalasHapus