Selasa, 07 April 2009

90days TDA challenge

Hari Minggu tanggal 5 April kemarin, aku nyoba ikut kegiatan offline TDA untuk pertama kalinya. Judulnya sih kumpul-kumpul sama member TDA yang masih kerja di perusahaan tapi udah pengen punya usaha sendiri. Hmm ngga salah kan kalo aku ikutan hehehe.

Acara ini dihadiri juga oleh petinggi-petinggi TDA yang pastinya udah punya usaha yang mapan dan entah omsetnya mungkin udah belasan digit. Wuiiii bikin ngiri!!. Acara dimulai jam 10 pagi. Satu demi satu para petinggi TDA kasih pencerahan ke sekitar 60 orang peserta. Ada Pak Iim Rusyamsi yang berhasil dengan dokterkomputer nya, ada Bang Jay yang sukses dengan usaha penerbitan dan bikin bukunya. Ada Pak Rujiyanto yang udah sukses juga dengan produksi kaos muslim untuk remaja berlabel Oasis. Ada juga founder TDA Pak Roni Yuzirman yang sukses sama usaha Manet busana muslim.

Pertama yang kasih speech adalah Pak Iim. Beliu sih gak banyak cerita soal usahanya, lebih banyak cerita soal TDA dimana beliau menjadi Presidennya saat ini. Lalu dilanjutkan oleh Bang Jay aka Zainal Abidin. Bang Jay ini orangnya kocak dan omongannya sedikit nylekit hehehe. Tapi beliau begitu karna memang ada tujuan baiknya. Beliau memberikan gambaran kurva orang bekerja di perusahaan selama 20tahun dengan orang yang mempunyai usaha selama 20tahun. Orang bekerja kantoran, kurvanya akan naik linear (jumlah gaji) seiring dengan laju inflasi. Tapi kemudian akan menurun drastis pada saat pensiun. Nah sedangkan pengusaha, pada awal usaha pasti kurvanya turun tajam karena awal usaha pasti harus mengeluarkan banyak uang dulu untuk investasi, tapi kemudian, jika dia ulet, kurvanya akan naik tajam pula. Beliau menggambarkan dirinya sendiri yang di tahun 90-an resign dari tempat kerja yang memberinya gaji sekiar 20juta saat itu. Bayangin!!! Cuma orang gila kali yak yang berani resign dengan gaji 20juta pada tahun 90-an dengan kondisi setelah resign belum punya usaha apa-apa. Setelah itu berbagai usaha pernah beliau jalani. Dari buka foto studio sampai buka bengkel Ahass, dan pernah menderita kerugian sampai 16juta sebulan. Tapi ternyata kuncinya, untuk berusaha itu harus fokus. Misalnya kita ada ketertarikan dengan usaha baju muslim, fokus disitu sampai tahu detailnya hingga sukses atau sampai gagal, baru melirik usaha lainnya. Jadilah beliau sekarang usaha penerbitan dan menulis buku. Salah satu judul bukunya (buku ke 90 sekian) "Monyet aja bisa cari duit".

Buku itu dibawanya ke pertemuan kemarin, dan beliau coba menantang peserta yang hadir dengan melelang buku tersebut. Awalnya 20ribu, semua mau, 30ribu.. sampai merangkak ke 500ribu padahal buku tersebut di toko buku hanya Rp 40.000. Akhirnya deal terakhir buku tersebut laku 600ribu dibeli oleh salah seorang peserta. Pemenang lelang tersebut yang dianggap beliau punya jiwa enterpreneur karena berani ambil resiko hehehe.. Kalau aku disuruh beli buku itu 600ribu mah pasti pikir-pikir dulu hahaha lah wong di Gramedia ada cuma 40ribu hehehe.. dasar bukan enterpreneur sejati hehehe. Akhirnya hasil penjualan buku disumbangkan ke TDA Peduli.

Bang Jay ini juga bercerita mengenai Sekolah Monyet yang ada di Thailand. Disana, monyet di'sekolahin' untuk belajar cara metik kelapa. Misal 1 term ada 10 monyet yang masuk, 10 monyet itu pulalah yang lulus dengan kualifikasi yang sama. Tidak ada persyaratan monyet apapun! Nah beliau menantang peserta untuk mengikuti sekolah monyet untuk 10 orang. Jadi sistemnya, peserta harus mau cuti selama 7 hari berturut-turut , lalu bersedia mengikuti semua guidance yang diberikan. Materi akan disampaikan oleh pengusaha Bob Sadino dan pengusaha sekelas Bob Sadino lainnya. Investasinya cuma 2,5juta rupiah. Harapannya setelah mengikuti sekolah tersebut akan jadi orang yang siap untuk jadi pengusaha sukses.

Hmmm ikut gak yaaa...

Berikutnya ada Pak Rujiyanto, beliau ini ngga banyak cerita mengenai usahanya. Beliau cuma menekankan perlunya kelompok bisnis untuk masing-masing wilayah (di TDA namanya Mastermind) untuk saling tukar informasi, saling curhat dan saling bersinergi. Ini penting banget!! Jadi dengan begitu, kita ngga berjalan sendirian, ada teman-teman seperjuangan yang akan membantu jika ada kesulitan.

Nah terakhir adalah founder TDA Pak Roni Yuzirman yang bicara. Beliau cuma menekankan, jangan takut untuk segera action walaupun sekecil apapun. Jadi pengusaha ngga perlu modal besar. Uang 500ribu aja udah bisa dijadikan modal usaha.


to be continued yah..
Udah ditungguin si Ole hehehehe



9 komentar:

  1. hdup memilih, mau jd pegawai ato pengusaha ya monggo,ga ada yg salah, asal ikhtiar maksimal jgn tkt krn hdup kta dijamin Allah,bukan dijamin aset ato deposito,bgtu si pndpt sy.

    BalasHapus
  2. TDA = Tangan Di Atas? Bagus itu. Maju terussss!

    BalasHapus
  3. kayaknya emang kudu ikutan offline nya TDA ya, bagus banget, slm ini aku msh pasif da....

    BalasHapus
  4. yak betul sekali. Asal semuanya dijalani dengan ikhlas..

    BalasHapus
  5. sepppp...
    ayo ikutan da... biar tambah mantep

    BalasHapus
  6. Halo Da, btw, Iim Rusyamsi itu temanku lho hehe.. Pantesan kulihat di fesbuk koq dia skrg kaya "orang penting" gitu, oh rupanya petinggi TDA.

    BalasHapus
  7. hehehe emang dia orang sibuk sekarang.
    Bisnisnya dokterkomputer.com juga maju pesat keknya

    BalasHapus