Senin, 09 Februari 2009

Mimisan

Semalem, baru pertama kali seumur hidup, aku MIMISAN!!!!

Hwahwaaa....

Kirain keluar darah biasa gara-gara sering ngupil !! *sungguh memalukan!

Tapi ternyataaa.. kenapa darahnya makin banyak ngaliiirrr?? Awalnya cuma dikit, trus berhenti. Habis tu masak tuna balado, numis-numis sambel balado.. weh kok ada yang meler.. kirain ingus yang keluar gara-gara kepedesan. Eh kok ngalirnya lancaar bangeeet..
Pas ngaca... hwaaaa darah ngalir lagiiii kali ini lebih banyaaakkk!!

Adududuhh rada panik. Si Papa aku suruh brosing. Dari hasil brosing, ternyata itu wajar pada wanita hamil karena pada orang hamil pembuluh darah melebar sehingga mudah sekali luka dan pendarahan. Selain itu, pada wanita hamil volume darah yang mengalir lebih banyak agar mudah memberikan supply yang cukup ke janin.

Tapi melihat riwayat kehamilan yang dulu, ngga sampai begini. Trus satu bulan yang lalu juga cek darah ternyata HBku rendah. Belum aku treatment apa-apa selain makan makanan sehat dan banyak mengandung protein. Ada hubungannya gak ya anemia (HB rendah) sama mimisan??

Iaaaaannnnnn help me doooonnnggg...

41 komentar:

  1. hmmm gw jg suka berdarah tuh da, pas masa2 hamil ini.. apalagi klo pas lagi sisi' *buang ingus* pas mandi pagi.. pasti suka ada sedikit percikan darah gitu..tp ga smp meler sih
    nah klo naura tuh yg sering banget mimisan.. capek dikit, pasti lgs mimisan.. suhu yg terlalu ekstrem (terlalu panas/dingin), jg bisa bikin lgs mimisan..
    naura emang hbnya rendah, krn dia kan carrier thalassemia
    hmmm gw mestinya bawa dia kontrol lagi nih, sekalian ngecek ada anemianya jg ato gak.. blm sempet cek lab lagi euy..
    iaaaan temenin ke rscm lagiiiiiiii...
    *lah jd nodong ian jg gini..hehehe*

    BalasHapus
  2. hb berapa????

    kalau mimisan kronis iya emang bisa bikin hb rendah
    ibu hamil rentan hb rendah soalnya peningkatan penggunaan zat besi

    coba di cek ya hb berapa, mcv, mch, mchc berapa... tk yuuuu

    BalasHapus
  3. HB 8 Ian..
    mcv, mch, mchc halah gak apal.. entar gue cek hasil lab dulu ya Ian..
    Gue sms deh ntar ya..
    Ian gue perlu minum suplemen penambah darah gak?
    Dokternya ngeresepin itu.. udah sebulan ini belum gue tebus hehehe

    BalasHapus
  4. iyo Nik.. sama kalo itu
    Suka keluar darah kalo sikat gigi.
    Cuma gak nyangka sampe mimisan..
    Moga Nau sehat selalu yaaa..

    Ian anterin Menik tuuhh

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah gw blm pernah mimisan...
    Mudah2an gpp ya say

    BalasHapus
  6. iye say... sulfas ferrosus tuh yang generik murmer...

    BalasHapus
  7. tengkyu ya Iaaann..
    Ai wap yu daahhhhh

    BalasHapus
  8. eh Ian minumnya berapa kali sehari?

    BalasHapus
  9. dulu ayah juga suka mimisan
    berarti hbnya rendah ya?

    BalasHapus
  10. pantesan kakak iparku pas hamil juga suka mimisan...Moga cepet sembuh ya da...*bayangin paniknya liat darah ngalir dari hidung*

    BalasHapus
  11. baru tau:D makasih ya...jd tau deh...paas ada bu dokter yg jelasin, uhuy...:))

    BalasHapus
  12. gak mesti karna Hb rendah Ka.
    Tapi sering mimisan membuat HB rendah iya bisa jadi.

    BalasHapus
  13. katanya sih ada bu.. kebetulan HB dan tekanan darah saya rendah.. ditambah lagi pembuluh darah hidung saya juga tipis.. jadiiii.. ga hamil aja sering mimisan.. palagi pas hamil.. langganan boooo...

    BalasHapus
  14. moga2 gue engga deh =P
    udah cukup repot ama sikon =D

    BalasHapus
  15. haduh.. itu klo mimisan pas apa mba ena?
    pas tekanan udara berubah ato tau-tau ga ada angin ga da ujan langsung mimisan gitu?

    BalasHapus
  16. moga-moga Kir..
    mayan bikin panik..

    BalasHapus
  17. kalau ngupil pake kelingking makanya jangan pake jempol kaki

    hahahhaaaa

    BalasHapus
  18. gue kemarin ngupil pakai ulekan Ian.. kikikikkk..

    BalasHapus
  19. pernah baca ada temen jg yg mimisan pas hamil...sukurlah sy nda mba..sehat2 ya mba...

    BalasHapus
  20. Gw gak tahu da... gak pernah ngupil sih :-)
    * baru tahu kalo wanita hamil bisa mimisan juga ya.. tfs ya.. ilmu buat kalo hamil lagi hehehe

    BalasHapus
  21. sumpe lo teh gak pernah ngupil?? kikikikk..
    iyaa.. bekel buat bikin adeknya Della yak hehehe

    BalasHapus
  22. waduuh ga mengalami sampe begituu jugaa,,se,oga sehat2 selalu yah da......

    BalasHapus
  23. kl hubungannya dengan hamil ga tayu, tapi kalo lagi ga hamil tiba2 mimisan coba cek tensi, si om pernah mimisan 3hr ternyata tensinya tinggiiii

    BalasHapus
  24. Da, nek bumil HB rendah ki bikin pusing2 gak?

    BalasHapus
  25. biasanya sih pas kedinginan... tapi, pas hamil begini, suka aja ga ada apa2 tau meler.. ga pernah banyak sih.. cuma bikin bete..

    BalasHapus
  26. hmmm.. masuk akal sih.. tekanan darah tinggi brati aliran darah cepet yak.. trus pembuluh darah di hidung pecah.. jadilah mimisan..
    bener gitu gak ya?

    BalasHapus
  27. gak kroso opo-opo Yah..
    makanya aku juga kaget pas tau Hb rendah

    BalasHapus
  28. ic.. yep emg bete kalo keseringan mah

    BalasHapus
  29. ono sing kroso ono sing ngga Yah...
    sepupuku kroso jarene...HB 6 lek ga salah

    BalasHapus
  30. boong! gue saksinya!
    pake garu dia mah!

    BalasHapus
  31. benuuullll 100!! nanti dapet pasta yah dari uwi hihihi *uwiiii niy gw cariin markeeet*

    BalasHapus
  32. oh iyo deng Kir.. lali aku
    habis tu pakai pacul!!
    *makin ngaco

    BalasHapus
  33. asssiiikkkk dibeliin pasta sama ochie!! uhuuuyyyy

    BalasHapus
  34. ngarti gw kir...sangat mengerti........hihihihiihi

    BalasHapus
  35. lu habis ketemu kircul jadi bisa komen begini ya muw? :p
    emang tampang kircul kenapa Mu? kliatan kucel, lecek, capek ya muw? kekekekkk...

    BalasHapus
  36. wah sampe mimisan... mudah2an ga sampe kurang darah banget ya mba....

    aku palingan kalo buang ingus aja ada darahnya dikit.. musti ati2 ya ibu hamil... diminum suplemen penambah darahnya... :)

    BalasHapus
  37. oala HB loe sama gue sama tapi kok gue nga sampe mimisan ya da? mana tekanan darah gue juga rendah, haiyaaa gue mesti beli suplemen buat jaga-jaga dong...

    tfs y da..

    BalasHapus