Kamis, 22 Januari 2009

Kena batunya

Jadi orang tua yang konsisten itu emang susaaaahhh.

Aku en Papa emang ngga ngelarang Thole nonton TV, tapi membatasi. Selama aku tinggal kerja memang aku cuma berpesan sama si Nuri kalo nonton TV ngga boleh lama-lama dan bolehnya cuma space toon atau nyetel DVD aja. DVD juga ngga banyak punyanya. Cuma ada lagu-lagu berbahasa Inggris, Tasya, Diego, Doa anak muslim. Perbanyak aktivitas bermain baik di dalam ataupun di luar rumah. Untungnya si Nuri juga ngga gitu seneng nonton TV. Jadi so far masih terkontrol lah.

Nah aturannya, kalau malam itu ngga boleh nyetel TV sama sekali. Cuma kadang kalo pas pulang kantor, si Papa pengen nonton berita atau acara debat partai atau sejenisnya lah. Nah biasanya si Thole bakal ngingetin.. "Paah udah malem.. matikan!! Hayoooo??" Dan biasanya si Papa jawab "Oh iyaa.. Papa lupaaa.. matikan yaaa". Nah kejadian ini seriiingg bangeeett.

Akhirnya suatu hari Papa malah coba nego pas jaman agresi militer Israel.. ini salah kita berdua nihhh jangan dicontoh yaaa..
Begini Papa bilang "Mas Riffat Papa nonton berita sebentar yaaa". Si Riffat pun mengiyakan.. "Iyaa...". Dan biasanya juga ikut nonton. Dan sambil nonton itu aku jelasin apa yang ditayangkan di TV.

Nah semalem nih, pas mau bed time alias bobo, si Ole tiba-tiba ambil remote TV. "Aku mau nonton berita sebentar.." katanya. "Mau nonton berita?? Ya udah 1 menit yaaa" Jawabku. "Iya maah nonton berita di spes tun yaaa??" jawab Riffat. Seketika itu juga aku en Papa ketawaa... hahaha dasar ni anak.. addaaaa ajaa akalnya. "Pencet nomer satu ya maaaahhh" katanya lagi. Hihihih... chanel space toon emang ada di nomer 1.
"Emang di space toon ada berita mas??" tanyaku. "Iya maah tuh ada Ollie Pollie" jawab Riffat sambil senyum-senyum nonton Ollie Pollie. Hmm....

Setelah sekitar satu-dua menit..

"Udah ya maaass nontonnyaa.. kan mau bobooo, tadi bilangnya kan cuma satu menit" kataku.
Si Ole akhirnya matiin TV dengan sukarela dan siap-siap bobo. Baca doa mau tidur, doa buat orang tua sama artinya, trus meluk guling sambil minta dikeloni.
Ngga lama udah pulessss....

Hehehe.. konsisten itu memang butuh komitmen yang kuat dari orang tua!!
Ahh musti banyak fight lagi niihhh.. buat menjaga komitmen agar tetap konsisten!!! Kalo nggak ya kayak gini nich.. kena batunya!!


21 komentar:

  1. He eh, Da. Aku juga lagi belajar buat masalah TV ini hehehe.
    **heran ama tetangga yg pada naroh TV di kamar**

    BalasHapus
  2. gw juga susah nih biar darrell ga mantengin tivi mulu.....yang dirumah pada gitu siihh....padahal kalo gw dah dirumah pasti gw ajak main bukan nonton tivi

    BalasHapus
  3. hahaha.. nonton beritaaaa di spacetoon..

    BalasHapus
  4. Kalo Celyn susah deh untuk ngga nonton, dia sih nontonnya DVD. Soalnya orang2 dirumah (opa, oma & papanya) pada hobbynya nonton TV sih.. jadi susah mau bilang kalo Celyn ngga boleh nonton.

    BalasHapus
  5. hehehe.... bener da, kek waktu gue di jogja kemarin makan mie jawa itu, damai tanya, ma yang bolehitu beli ya, kalo jajan nggak, hhehehe..tapi sembil cengir2. Dia kayaknya tau di tas gue ada spagetti buat dia, tapi kan kami sama eyang romonya dan diajak gitu ke situ, mana ujan dan ribet kalo harus ngambil ke mobil, gak enak sama eyang romo. ya sudah, abis itu menjelaskan panjagn lebar dan masuk akal hahaha....

    BalasHapus
  6. TV nih buat gw tantangan terbesar. soale asisten baru sukaa banget nonton. sy dan swami jg suka ya nonton berita ato nonton yg ringan2 buat melepas lelah sepulang kantor. sy pengennya nawra gak doyan tv tapii...skrg ajah dah seneng bgt liat iklan...gimana ya ??

    BalasHapus
  7. ntar muww klo di semarang baru elo bebas merdekaaa hihihi

    BalasHapus
  8. iyak.. harusnya aturan diterapkan ke semua orang rumah hehehe..
    tapi so far, DVD edukatif juga membantu kok

    BalasHapus
  9. Sil, ngaku dosa nich.. gue kalok jajan udah bebas sil hahaha...
    Cuma sebisa mungkin pesen no MSG..
    Gimana yah.. soale aku en Papa suka jajan kekekkk

    BalasHapus
  10. hehehee.. konsistennya ga susyehhhh

    BalasHapus
  11. hehehe... aku jg mash susah tuh

    BalasHapus
  12. hihihi konsistensi memang susah banget ya buat kita para orang tua....

    BalasHapus
  13. rasanya malu dan bangga sih kalo anak bisa balik'in aturan kita hehee..
    thole makin pintar euy...

    BalasHapus
  14. konsisten emang kuncinya tapi susah bgt...

    BalasHapus
  15. Kalo disini Fadlan justru gue kenalin banget sama TV dan disuruh nonton segala macem DVD edukasi/film anak yg dibeli papanya. Tapi justru anak semakin dibebasin (asal dikendalikan) malah gak bablas. Kebetulan kita semua nonton TV kalo lagi pengen aja, dan untungnya jarang pengen

    BalasHapus
  16. ole dewasa sekali kamu nak...hug tante:D

    BalasHapus
  17. bagus da...kalo mbok larang dia malah mikir kenapa orang gede boleh anak kecil ngga...belakangan malah repot ntar...

    BalasHapus
  18. emang ada berita apa di spacetoon...hehehe...susah ya jd konsisten itu...

    BalasHapus
  19. hmmm...ollie pollie emang britanya apdet2 tuh mas...

    BalasHapus
  20. wah pinter banget ya....





    koyo aku :).......*kabur ah

    BalasHapus