Selasa, 31 Juli 2007

Hari ASI Sedunia dari masa ke masa

Hari ini dimulai dengan semangat Hari ASI Sedunia (World Breasfeeding Week). Saat yang tepat untuk kampanye ASI disaat melambungnya harga susu sapi. Saatnya bayi-bayi di seluruh dunia khususnya di Indonesia untuk mendapatkan haknya. Yaitu minimal mendapat ASI di awal 6 bulan pertama kehidupannya.

Dibawah aku kutip dari SELASI kegiatan Hari ASI dari tahun ke tahun. Hmmm.... tahun ini apa ya?? Yang jelas makin banyak pihak yang terlibat. Denger-denger sih dari AIMI, YOP, Mercy dan mungkin ada yang lainnya akan melakukan gerakan dalam rangka hari ASI ini. Semoga juga lebih banyak lagi dari pihak pemerintah yang ikut terlibat. Bu Menteri Kesehatan semoga ikut terjun juga trus bisa mengubah kebijakannya atas naiknya harga susu sapi. Semoga RUU Pemasaran Susu Formula segera disahkan menjadi UU. Yang jelas semoga juga isinya berpihak kepada masyarakat.. bukan ke industri per-susu-an. Hmm... berharap niih bisa terlibat di kegiatannya.. at least jadi penggembira hehehehhh.. Tapi misalnya gak terlibat pun.. kita bisa kok kampanye di lingkungan sekitar kita.. Seperti yang aku pernah sharing di sini, kita jadi role model aja dan jadi bukti kalo KITA BISA kok memberi hak buat anak kita asal kita mau BELAJAR dan BERUSAHA.

At the end... aku mau mengucapkan SELAMAT buat bayi-bayi yang sudah mendapatkan haknya.. dan IBU-IBU yang sudah berjuang untuk memberi yang terbaik untuk anaknya.. demi menjaga kualitas anak-anak Indonesia menjadi generasi penerus bangsa (cieeehhh...!!!)

HIDUP ASI!!!!

http://selasi.org/index.php?option=com_content&task=view&id=26&Itemid=41

KEGIATAN HARI ASI SEDUNIA DARI MASA KE MASA 

1. Tahunkegiatan 1994 TEMA: "Breastfeeding Making The Code Work"  Seminar Sehari untuk Kader – Kader Binaan St. Carolus. Memperkenalkan ASI khususnya ASI Eksklusif di Hotel Borobudur. Secara cuma- Cuma dan dijemput 

2. 1995  Tema : "Breastfeeding  :  Empowering Women" Seminar sehari dengan  mendengarkan pendapat Lima Pemuka Agama tentang ASI  ditinjau dari Kitab Suci  masing- masing Agama Islam , Katolik, Kristen, Budha dan Hindu.

3. 1996 Tema : "Breastfeeding : a Community Responsibility" bersama Kowani pidato dr Utami roeslimenyelenggarakan Lomba Bayi Sehat ASI Eksklusif dan Seminar sehari Pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja.

4. 1997 Tema : "Breastfeeding : Nature’s Way" bersama Kowani dan Pemda DKI menyelenggarakan Lomba Mewarnai gambar ASI dan Poster ASI.

5. 1998  Tema : "Breastfeeding : Best Investment" Seminar Eksklusif dan Pijat Bayi Investasi terbaik Serta Pelatihan Pijat Bayi.

6. 1999 Tema : "Breastfeeding : Education for Life" Pemberian Piagam Bayi ASI Eksklusif oleh Presiden RI  Prof Ir Habibie di Istana Negara.

7. 2000 Tema : "Breastfeeding: It’s Your Right" Demonstrasi Bayi ASI menuntut Haknya di Bundaran HI.

8. 2001 Tema : "Breastfeeding in The Information Age" Menyelenggarakan Pelatihan Volunter Conselor menggunakan Module 40 jam  WHO/ UNICEF.

PARTICIPANT of  COUNSELLOR
Health workers who care for mother and babies : Midwives, Community health nurses, 
Pediatric nurses, nutritionist,  medical doctors, pediatrician.
Non health care  profession : psychologist, engineer, journalist, NGOs, house wife, student, a male Air Force Captain.
PEER EDUCATORS
Nursing mothers
Nursing mothers to be.

9. 2002 Tema : "Breastfeeding : Healthy Mothers and Healthy Babies" Bersama MENEGPP seminar sehari : Peran Ayah dalam Keberhasilan Menyusui Eksklusif.

10. 2003 Tema : "Breatfeeding in Globalised  World" Membidani LSM ASI baru :
SENTRA LAKTASI INDONESIA ( INDONESIAN BREASTFEEDING CENTER) yang diresmikan oleh 
Menteri Kesehatan dan Menteri Peranan Wanita.

11. 2004 Tema :  “Exclusif Breastfeeding: the Gold Standard” Seminar sehari  Safe, Sound, Sustainable.
A. Pemberian Penghargaan pada "celeberetis  laki-laki yang berhasil anakanya diberi ASI Eksklusif sebagai “ Breastfeeding Father celebrities” Dilanjutkan dilanjutkan dengan panel diskusi dg bapak ASI celebrities ini dipandu oleh Pemusik/komposer terkenal alm Hary Roesli

B. Menandatangani kerja sama dengan IDAI dan Indonesian Medical Nutrisionist Association  untuk mempromosikan, melindungi dan mendukung ASI.

suasana latihan12. 2005   Tema : "Breastfeeding and Family Food : Loving & Healthy" Bersama dengan MenegPP, menyelenggarakan :
Perlombaan gerak jalan membawa poster ASI diikuti oleh kelompok Rumah2 Sakit, Profesi, Kesatuan tentara, Kantor dan Perusahaan , Kelompok Keluarga dan masyarakat. Diperlombakan adalah Poster-Poster ASI ini yang untuk ½ hari boleh dipajang di Monas
Dibuka oleh Mentri Pemberdayaan Perempuan dan ditutup oleh Ulama terkenal Aa Gym
Mengundang 100 anak anak jalanan untuk menyanyikan lagu-lagu ASI.

13. 2006 Tema : Bersama US AIDS mengadakan Seminar sehari di DPR RI

“ ASI dalam Legeslasi”

Untuk memberi masukan pada anggota DPR RI  memasukan ASI Eksklusif dalam amandemen UUD Kesehatan RI
 

15 komentar:

  1. ASI tiada tiga-nya (soalnya kan payudara ibu ada dua, kiri-kanan) hehehehe,,,, eh katanya ada acara menyusui serentak nih? jadi gak sih.. waah.. enak banget tuh mengeluarkan aurat bersama-sama tanpa dicela orang :-D

    BalasHapus
  2. kekeke... semoga aja ga dikira pornoaksi berjamaah hehehe...

    BalasHapus
  3. Salam ASI juga mbak....bocoran yang aku dapat tema Pekan ASI tahun 2007 ini adalah Menyusu di 1 jam pertama kehidupan, menyelamatkan lebih dari 1 juta jiwa bayi....so, senangnya buat ibu-ibu yang melahirkan di era sekarang bisa kesempatan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) atau ELO (Early Latch On)....dulu aku ndak tahu apa itu IMD or ELO, jadi punya anak 3 bablas ndak ELO/IMD....jadi mbak, kalo ada baby lagi seneng banget deh usahain ELO/IMD....

    Salam ASI...

    Dari sesama Ibu menyusui...
    Mama Goku, Sukma dan Ryuki

    BalasHapus
  4. Iya mba Putu, nyesel juga nih dulu ngga sempet IMD. Anak kedua deh mba.. fight for this.. thanks infonya.

    BalasHapus
  5. Hai salam ASI juga niy !!! Alhamdulillah gak berasa masih nyusuin sampe Anya 18mos skarang :))) smoga masyarakat trutama pemerintah kita semakin melek pentingnya ASI !!!

    BalasHapus

  6. Nuansa World Breastfeeding Week niiiy ...

    Bravo ASI ... congratulation yaah ....

    BalasHapus
  7. semoga bisa memberikan yg terbaik buat anak2ku.. :)

    BalasHapus
  8. ya nih ular ku juga butuh asi eksklusif he he...

    BalasHapus