Minggu, 13 Maret 2011

[Riffan] Anemia Defisiensi Zat Besi

Mau cerita soal Ipan yang ternyata diketahui anemia kekurangan zat besi yaah. Udah lama banget nih gak cerita soal perkembangan Ipan.

Sejak awal-awal bulan November, di milis sehat lagi rame diomongin soal rekomendasi terbaru dari AAP, yang bisa dibawa artikelnya disini, bahwa anak asi eksklusif cenderung rendah kandungan besi dalam darahnya karena asi diatas 4 bulan miskin zat besi. Ditambah lagi jika si Ibu waktu hamil anemia ditandai dengan hb rendah, maka akan semakin curiga bayinya juga ikutan anemia. Naaahhh dari situ mulai worry nih, jaman hamil Riffan, hbku rendah banget, bandel gak konsumsi suplemen penambah darah pulaa, jadi makin parno RIffan anemia juga. Kalo baca-baca di link aap itu, kekurangan zat besi akan menimbulkan gangguan perkembangan dan hal ini sangat sulit dideteksi, karena sifatnya jangka panjang. Dan dari rekomendasi AAP, bayi asix disarankan untuk mendapatkan tambahan suplemen zat besi sejak umur 4bulan. Di umur 6bulan, disaat mulai mpasi, menu mpasi sudah boleh langsung pakai kaldu daging merah yang kaya akan zat besi.

Nah, back to kecurigaanku pada Riffan, bulan Desember saat Riffan jadwal imunisasi umur 18bulan, aku konsultasikan sekalian perihal adb ini ke dr. Endah. Pada saat periksa, BB RIffan malah turun dibanding saat 15bulan, kecurigaan lebih ke arah ISK karena RIffan phimosis, tetapi karena emang seumur Riffan emang kudu discreening darahnya, yasudah aku ambil semua opsi, urin kultur untuk memastikan Riffan isk atau tidak, screening zat besi untuk memastikan RIffan anemia atau tidak.

Biaya kultur urin sekitar 160ribuan, begitu pula cek darah untuk tau Hb, ht, serum iron dan feritin. Daaaan jeng jennngggg hasilnyaaaaaa..... Yak!! RIffan positif anemia, hbnya rendah banget begitu pula feritinnya jauuuuuh dari normal... hikshikss bener terbukti kecurigaanku. Pantesan Riffan lesu, gak bersemangat, banyak tidur.. ternyata, dia anemia!! Rasanya makin bersalah aja, Riffan udah 18bulan!! dari kapan dia anemia?? huaaaa :'(.
Seminggu kemudian keluar hasil kultur urin dan ternyata gak ISK, legaaaa...

Nah sehubungan dengan anemianya Riffan jadilah diterapi minum ferriz drop sehari 2kali untuk penyembuhan, selama 2bulan. Bulan ini udah lewat 2bulan dan kudunya Riffan tes darah lagi tapi belum dilakukan, ferriz masih aku berikan 1kali 1 hari. Tapiiii alhamdulillah sejak diterapi zat besi, maju pesaaaat perkembangannya. Dia makin bersemangat, gak loyo, gak bisa diem. Lari-larian juga gak males kayak dulu, dan karena staminanya makin bagus, perkembangan bicaranya juga makin oke!! Alhamdulillah.. smoga RIffan bisa segera mengejar ketinggalannya kemarin. BBnya sepertinya juga sudah naik, nafsu makan juga makin bagus.

Alhamdulillaaaaaahh banget!!



10 komentar:

  1. mb Idaaa....itu fimosis-nya Riffan ada tindakan lanjutan gak ?
    gak harus disunat dalam waktu dekat ?

    BalasHapus
  2. harus tambah zat besi ya ?
    Riffan makan sayurnya oke gak mbak ?
    *haduh komenku kok nada tanya semuwa*

    BalasHapus
  3. @mbak shanty, kalo rekomen dokter markas sehat sih lebih baik sunat mba, cumaaa akunya yg belum berani krn kudu bius total :(. Tapi krn hsl kmrn gak isk jd aku pending dulu sunatnya mba. Biar hb-nya normal dulu

    BalasHapus
  4. tfs da, gw juga lagi persiapan (jaga2 maksudnya). waktu hamil ica hb gw juga rendah, minum vit juga kadang2, tapi mudah2an ica ga kena sih. ntar gw baca2 deh soalnya ica uda 4bln jadi uda mulai gw liat2 ya harusnya

    BalasHapus
  5. @mba shant, iya tambah zat besi mba. Ipan awal mpasi susah mba. Kalo skrg sih dah oke

    @Berna, dikasih aja Bern dosis pencegahan, 10gr sekali sehari

    BalasHapus
  6. thanks sharingnya ya mba ida. baru tauuu

    BalasHapus
  7. TFS Da. Pernah denger, tp terlupakan.
    Gw jd kepikiran hana. Tp hana cenderung ga pernah diem sih..

    BalasHapus
  8. @mba esti, eka, yeep sama2 ☺
    @Ken, coba baca2 link yg gw cantumin diatas Ken. Screening biasanya dilakukan umur 6,9,12,18 bulan.

    BalasHapus
  9. kalo dah 4th perlu di screening jg ga ya mba? krn ga aku screening kadang aku kasih feriz drop aja, tp ga tiap hari. aku liat kelopak matanya kalo dah merah seger ga aku kasih lg.tp kalo mulai pucat aku kasih.. pengen jg screening zat besi.. sakit ga mba? dan lama ga proses pengambilan darahnya ?

    semoga rifat cepet sembuh dr anemia ya.. dan kembali lincah dan ceria..

    BalasHapus